Pengiriman Sepeda Motor Via Kapal Laut

Cargo laut merupakan pengiriman barang yang dilakukan dengan menggunakan armada laut seperti kapal laut dan jenis kapal lainnya baik untuk pengiriman yang dilakukan antar provinsi, antar pulau, atau bahkan antar negara (internasional).

Pengiriman melalui jalur laut saat ini banyak diminati oleh konsumen. Apalagi jika melihat barang yang akan dikirim memiliki ukuran atau kapasitas yang besar dengan jarak pengiriman yang lumayan jauh. Seperti pengiriman kendaraan bermotor.

Mengapa pengiriman kendaraan bermotor lebih baik memilih jalur laut? Karena pengiriman melalui jalur laut dirasa lebih efektif dan efisien. Kapal laut bisa menampung beban yang cukup besar sehingga bisa mengangkut lebih banyak kendaraan.

Selain itu, pendistribusian kendaraan bermotor dengan menggunakan kapal laut keseluruh wilayah di Indonesia lebih mudah dilakukan karena wilayah di Indonesia lebih banyak lautan dibandingkan daratan-nya.

Salah satu kendaraan bermotor yang sering menggunakan jalur laut dalam proses pengirimannya adalah sepeda motor. Biasanya pengiriman sepeda motor dengan menggunakan kapal laut banyak dilakukan saat menjelang lebaran.

Tips Pengiriman Sepeda Motor Melalui Jalur Laut

Untuk Anda yang akan mengirimkan sepeda motor dengan menggunakan jalur laut, Kami memiliki beberapa tips agar sepeda motor yang Anda kirimkan dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Tips-tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada sepeda motor Anda. Berikut beberapa tips untuk melakukan pengiriman kendaraan bermotor khususnya sepeda motor, diantaranya sebagai berikut:

Tips pertama. Pastikan packing sepeda motor dilakukan dengan sempurna. Hal ini perlu adanya perhatian khusus karena mau tidak mau pengiriman yang dilakukan dengan menggunakan jalur laut pasti menimbulkan benturan dan guncangan untuk kendaraan yang sedang dikirim.

Untuk itu, sebaiknya urusan packing diserahkan kepada petugas packing jasa pengiriman barang yang memang sudah ahli dibidangnya. Untuk biaya packing, Anda harus memastikan bahwa biaya pengiriman sudah meng-cover biaya packing sehingga Anda tidak dikenakan biaya dua kali.

Tips kedua. Jangan mengisi full bahan bakar sepeda motor yang akan dikirimkan. Hal ini berkaitan dengan prosedur pengiriman kendaraan bermotor yang mengharuskan mengkosongkan bahan bakar yang ada di dalam kendaraan bermotor.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pada saat proses pengiriman sepeda motor seperti kebakaran yang disebabkan oleh kendaraan yang dikirim. Untuk itu, sebaiknya Anda mengisi secukupnya saja bahan bakar sepeda motor yang Anda kirimkan.

Tips ketiga. Lakukan pengecekan keadaan sepeda motor bersama dengan petugas pengirim saat kendaraan tiba di tempat tujuan. Pengecekan ini sebaiknya dilakukan sebelum Anda menandatangani form serah terima barang yang dibawa oleh petugas.

Tips keempat. Perkirakan waktu tiba sepeda motor dengan baik. Hal-hal yang berkaitan dengan jangka waktu pengiriman perlu Anda pikirkan dengan baik seperti pengiriman membludak atau bongkar muatan di pelabuhan. Sehingga kendaraan yang Anda kirimkan dapat sampai tepat waktu.

Untuk pengiriman kendaraan bermotor khususnya sepeda motor pada hari besar nasional seperti lebaran dan tahun baru sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Karena hal ini berkaitan dengan pengiriman kendaraan yang membludak.

Nah, tips-tips diatas dapat Anda gunakan saat Anda akan mengirimkan sepeda motor sehingga sepeda motor yang Anda kirimkan akan tiba dengan selamat dan tepat waktu.

Demikian ulasan singkat mengenai pengiriman sepeda motor melalui kapal laut dan tips-tips mengirimkan sepeda motor agar sampai ke tempat tujuan dengan aman. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.