Tarif Kargo Pesawat dari Jogja

Kargo pesawat merupakan pengiriman barang yang dilakukan melalui jalur udara baik itu dengan menggunakan pesawat untuk penumpang ataupun pesawat pengangkut barang atau yang dikenal dengan pesawat kargo.

Saat ini pengiriman barang dengan menggunakan kargo pesawat sudah banyak dilakukan. Majunya teknologi informasi yang berdampak pada pesatnya perkembangan alat trasnportasi menjadi penyebab pengiriman dengan pesawat terbang banyak dipilih oleh konsumen.

Penyebab lain dipilihnya kargo pesawat dibandingkan dengan jenis kargo lainnya adalah cepatnya proses pengiriman. Namun kecepatan pengiriman ini juga dibarengi dengan tarif pengiriman yang lebih besar dibandingkan tarif pengiriman jenis kargo lainnya

Biasanya untuk kargo pesawat dimiliki oleh kota-kota besar di Indonesaia yang memiliki Bandara Internasional. Salah satunya yaitu kargo pesawat yang ada di Jogja dengan menggunakan Bandara internasional Adisutjipto untuk fasilitas bandara-nya.

Perusahaan jasa pengiriman di Jogja sangat banyak, untuk itu jenis tarif kargo pesawat yang ada di Jogja juga bermacam-macam. Tiap perusahaan memiliki penentuan tarif tersendiri sehingga tarif yang dikenakan berbeda dengan perusahaan lainnya.

Proses Penentuan Tarif untuk Kargo Pesawat

Penentuan tarif untuk kargo pesawat dilakukan dengan beberapa proses. Ini berkaitan dengan cara pengiriman barang yang dilakukan melalui jalur udara.

Proses pertama. Proses ini berkaitan dengan pick up barang yang akan dikirimkan atau tidak. Untuk barang yang di pick up maka tarif pengiriman yang dikenakan oleh perusahaan jasa pengiriman akan lebih besar dibandingkan dengan yang tidak di pick up.

Biasanya, untuk biaya pick up barang ini disesuaikan dengan jauhnya jarak yang ditempuh saat proses pengambilan barang dilakukan.

Proses kedua. Untuk tarif kargo pesawat umumnya dihitung berdasarkan kuantitas atau berat dari barang yang akan dikirim. Saat barang yang akan dikirim tiba di kantor bagian kargo, maka barang yang akan dikirim akan melalui proses penimbangan.

Proses penimbangan ini akan dilakukan oleh petugas bagian kantor kargo bersamaan dengan pengecekan packing pada barang sebelum barang tersebut dimasukkan kedalam gudang ekspedisi.

Proses ketiga. Menentukan tujuan pengiriman barang. Penentuan ini berkaitan dengan tujuan dalam negeri atau luar negeri. Jika pengiriman barang dilakukan untuk luar negeri maka tarif yang dikenakan akan lebih besar karena ditambah dengan pajak impor.

Selain itu penentuan barang ini juga berkaitan dengan dokumen pengiriman untuk jalur udara. Dokumen pengiriman untuk jalur udara ada dua macam yaitu SMU dan Air Waybill. SMU digunakan untuk pengiriman dalam negeri sedangkan Air Waybill untuk pengiriman luar negeri.

Dalam proses ini berkaitan dengan proses yang kedua. Setelah barang ditimbang dan diketahui beratnya, maka kuantitas atau berat barang tersebut akan dikalikan dengan patokan tarif yang sesuai dengan tujuan pengiriman.

Nah, ketiga proses perhitungan barang untuk kargo pesawat ini akan dilakukan bersamaan dengan tata cara dari proses pengiriman yang dilakukan dengan menggunakan cargo pesawat.

Setelah perhitungan barang selesai maka pengguna jasa kargo pesawat harus membayar biaya pengiriman sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan.

Dan saat proses pembayaran telah selesai dilakukan maka barang yang akan dikirimkan akan memasuki proses selanjutnya yang nantinya berakhir dengan pengurusan dokumen-dokumen pengiriman oleh penerima barang di kantor kargo dari tempat tujuan.

Demikian ulasan singkat mengenai tarif kargo pesawat beserta dengan proses perhitungan yang dilakukan untuk kargo pesawat. Semoga ulasan dalam artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai kargo pesawat.