Pengiriman Kendaraan Antar Pulau ke Kalimantan Selatan

Ilustrasi Kapal Roro (Source : marineinsight.com)
0 19

Saat ini penggunaan mobil sebagai kendaraan pribadi dan bisnis di kalangan masyarakat terus mengalami peningkatan. Secara otomatis, hal ini juga mengakibatkan meningkatnya aktivitas jual beli mobil di kalangan masyarakat.

Banyak orang lebih memilih untuk membeli mobil langsung dari Jakarta. Selain harga jualnya yang lebih murah, pilihan jenis mobil yang bisa dibeli juga lebih beragam.

Pengiriman mobil yang sudah dibeli ke tempat tinggal pembeli yang berlokasi di daerah, misalnya Kalimantan Selatan, bukanlah hal yang sulit. Sebab, saat ini sudah banyak sekali tersedia yang profesional dan amanah, salah satunya adalah Cargonesia.

Jasa pengiriman Kendaraan ke Kalimantan Selatan: Motor, Mobil, Truk, Alat Berat

Saat ini Kalimantan Selatan menjadi salah satu daerah pertambangan terbesar di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya material pertambangan yang terdapat di sana.

Material pertambangan yang terbanyak adalah batu bara. Selain itu, ada juga minyak bumi, marmer, emas, intan, dan lain sebagainya. Potensi pertambangan inilah yang menjadikan banyaknya perusahaan pertambangan bermunculan di sana.

Untuk memudahkan kegiatan pertambangan, dibutuhkan banyak alat pembantu, salah satunya adalah kendaraan. Jenis kendaraan yang paling banyak dibutuhkan adalah mobil, truk, dan alat-alat berat seperti excavator, loader, cran, dan lain sebagainya.

Umumnya kendaraan-kendaraan yang disebutkan di atas didatangkan dari luar Pulau Kalimantan, seperti Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Untuk memudahkan pengirimannya, dibutuhkanlah bantuan jasa pengiriman kendaraan antar pulau.

Tingginya aktivitas pertambangan yang terdapat di Kalimantan Selatan juga secara otomatis memberikan pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat yang ada di sana.

Oleh karena itu, sudah merupakan hal yang lumrah jika mobil dan motor mewah dijadikan sebagai kendaraan pribadi di sana.

Semua fakta yang disebutkan di atas menjadikan tingkat pengiriman kendaraan antar pulau, khususnya dari Jakarta ke kalimantan, terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Setiap pemilik kendaraan bisa saja mengurus sendiri pengiriman yang dibutuhkannya. Hanya saja, pengiriman antar pulau memerlukan banyak persyaratan dan prosedur pengiriman yang rumit. Daripada repot dan bingung sendiri, lebih baik serahkan semuanya kepada jasa pengiriman mobil.

Selain itu, pengiriman kendaraan menggunakan jasa kirim mobil yang profesional dan terpercaya juga memberikan keuntungan dari segi tarif pengiriman yang lebih terjangkau dan estimasi waktu pengiriman yang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Terlebih lagi jika jasa pengiriman kendaraan tersebut memiliki tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, tentu pengiriman mobil Anda lebih terjamin keamanannya.

Saat ini banyak sekali jasa pengiriman kendaraan antar pulau yang bisa digunakan jasanya. Anda hanya perlu memilih jasa yang dianggap paling bisa memenuhi kebutuhan pengiriman yang ingin Anda lakukan.

Dari sekian banyak penyedia jasa yang ada, Cargonesia bisa menjadi pilihan yang terbaik bagi Anda. Selain menawarkan tarif harga yang kompetitif, tim yang berada di dalam Cargonesia terdiri dari orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang pengiriman. Oleh karena itu, semua kebutuhan pengiriman kendaraan Anda akan ditangani secara profesional.

Tarif Pengiriman Kendaraan ke Kalimantan Selatan

Berbicara soal tarif pengiriman, setiap penyedia jasa pengiriman mobil memiliki kebijakan harga yang berbeda-beda. Tarif yang dibebankan kepada pelanggan tentu disesuaikan dengan tingkat kesulitan pengiriman dan layanan yang diberikan.

Sebagai penyedia jasa pengiriman kendaraan antar pulau yang berpengalaman, Cargonesia sangat memahami kebutuhan masyarakat terhadap tarif pengiriman yang terjangkau, namun tidak mengorbankan kualitas layanan.

Oleh karena itu, jasa kirim mobil yang berlokasi di Jakarta tersebut menawarkan tarif yang sangat terjangkau untuk pengiriman kendaraan dari Jakarta ke berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

Di bawah ini beberapa daftar tarif pengiriman kendaraan dari Jakarta ke beberapa tujuan pengiriman di Kalimantan Selatan :

KotaTarifEstimasiKeterangan
BanjarmasinRp4.500.0006-7 hariRoro/Sel Drive
BanjarbaruRp4.700.0007-8 hariRoro/Sel Drive
BatulicinRp5.600.0007-8 hariRoro/Sel Drive
PontianakRp5.000.0004-5 hariRoro/Sel Drive
SingkawangRp5.550.0005-6 hariRoro/Sel Drive

Selain tujuan pengiriman yang disebutkan di atas, Cargonesia juga melayani pengiriman mobil antar pulau untuk kota lainnya di Kalimantan Selatan. Tanyakan saja langsung kepada Customer Service penyedia jasa tersebut untuk memastikan ketersediaan tujuan pengiriman dan tarif yang dibebankan.

Perbedaan Pengiriman Mobil Via Kapal Pelni dan Kapal Roro

Pengiriman kendaraan antar pulau tentu menggunakan moda transportasi untuk pengirimannya. Umumnya jenis kapal yang digunakan dalam pengiriman adalah Kapal Pelni dan Kapal Roro. Kedua jenis kapal tersebut memiliki perbedaan yang akan dijelaskan di bawah ini :

1. Kapal Pelni

Sebagai bagian dari PT Pelni, Kapal Pelni memiliki kualitas layanan yang tidak perlu diragukan lagi. Rute pengirimannya juga luas dan menjangkau pulau-pulau terpencil sekalipun di nusantara. Hanya saja, tarif pengiriman yang dibebankan bagi pengirim biasanya lebih mahal dibandingkan pengiriman menggunakan Kapal Roro.

Meskipun demikian, estimasi waktu pengiriman menggunakan Kapal Pelni jauh lebih cepat dibandingkan pengiriman menggunakan moda transportasi laut lainnya. Sebab, waktu keberangkatan kapal tersebut sudah terjadwal dan tidak terikat dengan pencapaian kapasitas pengiriman yang ditargetkan.

Dari segi kapasitas muatan, Kapal Pelni memiliki kapasitas muatan yang lebih besar dibandingkan Kapal Roro. Soal keamanan juga tidak perlu diragukan lagi, karena di dalam kapal terdapat banyak petugas keamanan yang ikut dalam pengiriman tersebut.

Selain itu, kapal ini sangat cocok digunakan dalam pengiriman kendaraan untuk tujuan pengiriman yang sangat jauh.  

2. Kapal Roro

Jenis transportasi laut berikutnya yang sering digunakan dalam pengiriman kendaraan antar pulau adalah Kapal Roro. Istilah Kapal Roro sendiri diambil dari istilah roll on (masuk) dan roll off (keluar), yang memang merupakan sistem kinerja dari kapal laut yang satu ini.

Kapal ini memiliki pintu keluar masuk yang dapat dinaikturunkan dengan mudah agar bisa dilewati kendaraan roda 2 maupun roda 4. Oleh karena itu, setiap kendaraan yang diangkut menggunakan kapal ini bisa keluar dan masuk dengan sendirinya menggunakan mesin penggerak masing-masing kendaraan.

Kapal Roro tidak hanya dilengkapi dengan pintu naik turun yang terhubung ke dermaga agar bisa dilewati oleh kendaraan, tetapi juga dilengkapi dengan jalan khusus untuk penumpang. Oleh karena itu, kapal ini biasanya memiliki beberapa geladak, baik yang terbuka maupun tertutup.

Dari segi kapasitas muatan, Kapal Roro memiliki kapasitas muatan yang lebih sedikit dibandingkan Kapal Pelni. Meskipun demikian, tarif pengiriman lebih murah dan proses bongkar muat mobil kiriman lebih cepat dibandingkan Kapal Pelni. Selain itu, kapal ini juga lebih cocok digunakan untuk pengiriman kendaraan yang rute pengirimannya pendek.

Demikianlah ulasan mengenai pengiriman kendaraan antar pulau ke Kalimantan Selatan, jenis moda transportasi yang digunakan, dan jasa pengiriman yang direkomendasikan. Semoga ulasan di atas bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Leave A Reply