Jasa Sewa Mobil

Tips Bisnis Jasa Sewa Mobil dan Cara Menghindari Kerugian

Jasa Sewa Mobil  sering digunakan banyak orang untuk kebutuhan tertentu. Ada yang menyewa mobil secara singkat namun tak jarang juga dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu bagi customer yang tidak menyewa mobil secara berkala (berlangganan) sangat penting mengetahui kualitas dan kredibilitas perusahaan jasa penyewaan mobil.

Bagi yang biasa terjun di dunia bisnis, jasa sewa mobil merupakan peluang bisnis yang menggiurkan. Banyak keuntungan dari bisnis ini baik untuk sewa mobil harian maupun bulanan. Namun begitu ada kiat-kiat khusus untuk merintis bisnis jasa sewa ini untuk meraup banyak pelanggan, juga untuk mengantisipasi kecurangan oknum penyewa.

Trik Menjalankan Bisnis Rental Mobil Bulanan

Selain rental mobil lepas kunci harian, sewa mobil bulanan juga cukup marak dewasa ini. Kondisi ini disebabkan setiap orang memerlukan alat transportasi sebagai penunjang mobilitas sementara tidak semua orang saat ini mampu membeli mobil. Sebab itulah jasa sewa mobil memiliki peluang dalam bisnis ini, untuk melayani konsumen yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh atau jarak dekat.

Meskipun terbilang menggiurkan namun bisnis jasa rental mobil mempunyai resiko cukup tinggi. Tak jarang penyedia jasa mengalami kerugian cukup besar akibat ulah oknum yang memalsukan bukti jaminan (KTP/SIM/Paspor) lalu membawa kabur mobil untuk kemudian menjualnya di penadah atau black market. Itu pun belum termasuk resiko kerugian lain akibat kecelakaan atau kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya.

Untuk mengurangi resiko kerugian bisnis rental mobil yang anda kelola, berikut tips-tips yang harus anda perhatikan.

  • Asuransi

Untuk mengurangi resiko kerugian jasa sewa mobil yaitu dengan mengasuransikan semua mobil yang disewakan. Jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan maka anda bisa mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi. Dengan demikian pihak asuransi akan membantu biaya perbaikan kerusakan mobil.  Asuransi memang membutuhkan dana tersendiri yang cukup besar namun cara ini adalah bentuk investasi bagus untuk manajemen bisnis yang anda kelola.

  • Data Administrasi Lengkap

Sewaktu melayani customer yang ingin menyewa mobil, pastikan pihak customer mempunyai data administrasi yang lengkap terutama data diri atau kartu identitas. Berbekal data tersebut mudah bagi anda untuk melacak keberadaan customer jika mobil yang disewa tidak dikembalikan tepat waktu. Kartu identitas yang valid juga memudahkan polisi untuk melakukan penangkapan apabila customer melakukan tindak kriminal.

  • Menjalin Kerjasama dengan Bengkel

Menjalin kerjasama dengan bengkel terpercaya sangat menguntungkan dalam bisnis anda. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah anda melakukan servis, pergantian spare-part, dan maintenance. Dengan berlangganan di bengkel khusus besar kemungkinan anda mendapatkan pelayanan terbaik dari montir-montir berpengalaman. Karena sudah menjadi pelanggan tetap anda juga berhak menegosiasikan tarif bengkel atau mengajukan diskon khusus, misalnya servis 5 kali gratis 1 kali.

  • Cari Driver Berpengalaman

Bisnis jasa sewa mobil tidak hanya khusus menyewakan mobil tapi umumnya juga menyediakan sopir. Sopir yang dimaksud biasanya dibutuhkan oleh customer yang tidak bisa atau tidak ingin menyupir sendiri.

Untuk kebutuhan tenaga sopir ini sebaiknya anda mencari sopir yang berkualitas, berpengalaman, dan memiliki lisensi untuk mengemudikan mobil. Dengan kata lain anda harus memilih driver yang memiliki dokumen (SIM) serta identitas yang sah dan masih berlaku. Pilih sopir yang memiliki tingkat emosi stabil serta cara mengemudi yang benar.

Jika anda menggunakan sopir yang telah memenuhi kualifikasi diatas, semua resiko buruk seperti kecelakaan atau kerusakan mobil dapat diminimalkan. Dengan demikian customer yang menggunakan jasanya merasa lebih aman dan nyaman. Jika itu terjadi besar kemungkinan customer akan berlangganan karena pelayanan yang memuaskan.

Bisnis  memang mampu mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit termasuk jasa sewa mobil. Namun begitu resiko kerugian yang mungkin timbul juga cukup besar jika tidak di-manage dengan baik. Minimal dengan beberapa tips diatas mampu mengurai resiko buruk tersebut.