Pengiriman Mobil Via Kapal Laut ke Kendari

Ilustrasi Pengiriman Mobil Via Kapal Laut (Sumber : orbitshub.com)
0 7

Apakah Anda ingin mengirim mobil dari Jakarta ke Kendari? Jika iya, maka pilihan terbaik dalam hal ini adalah mengirimkannya menggunakan kapal laut. Biaya pengiriman mobil via kapal laut juga lebih terjangkau, di samping estimasi waktu pengiriman yang tidak terlalu lama.

Saat ini tingkat pengiriman mobil ke Kendari mengalami peningkatan. Hal ini sejalan dengan kondisi ekonomi yang meningkat sebesar 5,78 persen pada triwulan pertama 2024 di Sulawesi Tenggara, termasuk di Kendari.

Peningkatan kondisi perekonomian di Kendari menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin berbisnis jual beli mobil saat ini. Terlebih lagi, pengiriman bukan lagi sebuah kendala sejak banyaknya bermunculan perusahaan jasa pengiriman mobil.

Biaya Pengiriman Mobil via Kapal Laut ke Kendari

Jika sebelumnya pengiriman mobil ke Kendari mengalami banyak masalah, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi. Sebab, Anda hanya perlu menggunakan jasa pengiriman mobil via kapal laut yang berpengalaman dan amanah.

Saat ini banyak penyedia jasa pengiriman yang bisa menjadi pilihan Anda, salah satunya adalah Cargonesia. Pengalaman puluhan tahun di bidang pengiriman dan dukungan tim yang profesional menjadi jaminan akan kualitas layanan yang ditawarkan.

Transportasi yang digunakan untuk pengiriman mobil ke Kendari adalah kapal laut. Jenis kapal yang digunakan adalah Kapal Roro, dengan estimasi waktu pengiriman adalah 8-10 hari. Adapun biaya pengiriman yang dibebankan kepada pelanggan sebesar Rp9.100.000.

Biaya tersebut tentu masih tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan kualitas layanan yang didapatkan. Selain itu, pengiriman tersebut mendapatkan asuransi sebagai jaminan bagi Anda ketika mobil kiriman mengalami kerusakan.

Mengapa Harus Menggunakan Kapal Roro

Pengiriman mobil antar pulau termasuk Kendari seringkali menggunakan Kapal Roro dibandingkan jenis kapal laut lainnya. Hal tersebut disebabkan karena beberapa alasan di bawah ini :

1. Biaya Pengiriman Lebih Murah

Tidak diragukan lagi kalau tarif pengiriman mobil via kapal laut lebih murah dibandingkan pengiriman via darat dan udara, terlebih lagi jika jenis kapal yang digunakan adalah Kapal Roro. Penyebabnya karena Kapal Roro mampu menampung banyak mobil sekali jalan, sehingga tarif pengiriman jadi lebih murah.

2. Kapasitas Muatan Lebih Besar

Kapal Roro memiliki kapasitas muatan khusus mobil yang lebih besar dibandingkan jenis kapal laut lainnya. Selain itu, jenis mobil yang bisa diangkut cukup beragam, mulai dari mobil keluarga, mobil mewah, alat-alat berat, dan lain sebagainya.

Tidak heran jika perusahaan-perusahaan yang ingin mengirimkan unit mobil atau alat beratnya melalui jalur laut lebih memilih untuk menggunakan Kapal Roro, terutama jika lokasi pengiriman tidak terlalu jauh.

3. Lebih Aman

Banyak pengguna jasa yang sudah membuktikan kalau pengiriman mobil via kapal laut menggunakan Kapal Roro terbukti lebih aman. Penyebabnya karena mobil-mobil yang dinaikkan ke dalam kapal tersebut akan diposisikan terparkir rapi dan aman.

4. Proses Bongkar Muat Barang Lebih Cepat

Keunggulan lain dari pengiriman menggunakan Kapal Roro adalah proses bongkar muat barang yang lebih cepat dibandingkan jenis kapal laut lainnya.

Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena Kapal Roro memiliki pintu rampa yang terhubung langsung dengan dermaga. Setelah pintu tersebut terbuka, mobil tinggal naik dan turun langsung ke Kapal Roro.

Dengan berbagai keunggulan di atas, tidak heran jika pengiriman mobil menggunakan Kapal Roro lebih sering dipilih dibandingkan jenis kapal laut lainnya.

Tahapan Pengiriman Mobil Via Kapal Laut Menggunakan Kapal Roro

Bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman mobil menggunakan Kapal Roro, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Hubungi Penyedia Jasa Pengiriman Mobil Terpercaya

Jika ingin mengurus sendiri masalah pengiriman mobil via kapal laut menggunakan Kapal Roro, tentu Anda akan mengalami banyak kesulitan. Pasalnya, banyak tahapan pengiriman yang harus Anda lalui, yang tentu akan memakan waktu dan tenaga.

Oleh karena itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan penyedia jasa pengiriman mobil. Salah satu penyedia jasa yang terpercaya dan berpengalaman dalam menangani pengiriman mobil ke berbagai daerah di nusantara adalah Cargonesia.

Untuk menghubungi penyedia jasa pengiriman tersebut, sebaiknya Anda langsung mengunjungi official websitenya yang beralamat di cargonesia.com. Di website tersebut tertera nomor kontak Customer Service dan alamat kantornya.

2. Persiapkan Dokumen Pengiriman

Ketika menghubungi Customer Service dari perusahaan jasa pengiriman tersebut, Anda akan diberitahukan dokumen-dokumen apa saja yang harus Anda persiapkan agar pengiriman bisa berjalan lancar. Dokumen tersebut berupa identitas lengkap pengirim dan penerima.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan oleh pengirim adalah sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP milik si pengirim.
  • STNK asli.
  • Bukti surat pembelian dari dealer untuk mobil baru.
  • Fotokopi dokumen surat-surat kendaraan.
  • Surat izin dari pihak kepolisian untuk proses ekspedisi.

Sedangkan dokumen yang harus dipersiapkan berkaitan dengan penerima adalah fotokopi KTP dan alamat lengkap si penerima.

Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan nama penerima di dokumen pengiriman dengan fotokopi KTP. Selain itu, pastikan alamat penerima ditulis dengan lengkap dan tidak terdapat kesalahan.

Semua yang disebutkan atas penting untuk diperhatikan dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk pengiriman yang tidak sampai ke tangan penerima.

3. Persiapkan Mobil yang Akan Dikirim

Setelah semua dokumen wajib dipersiapkan, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan mobil yang ingin Anda kirimkan. Jika mobil tersebut bukan mobil yang baru keluar dari dealer atau tempat penjualan mobil lainnya, maka sebaiknya Anda mencucinya terlebih dahulu.

Jika mampu, lebih baik jika Anda mencucinya sendiri. Tapi jika tidak mampu, bawa saja ke tempat-tempat pencucian mobil.

Selain mencucinya, Anda perlu memeriksa kondisi interior dan eksterior mobil dengan seksama. Hal ini untuk memastikan kalau kondisi mobil kiriman Anda tetap sama seperti sebelumnya dan tidak mengalami kerusakan selama pengiriman berlangsung.

Perhatikan juga keberadaan barang-barang di dalam mobil tersebut. Keluarkan saja semua barang-barang yang ada di dalamnya, terutama barang-barang yang berharga.

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, berarti mobil Anda sudah siap untuk dikirim via kapal laut. Selanjutnya, Anda hanya perlu memantau posisi mobil kiriman Anda dengan menggunakan fitur tracking yang disediakan oleh perusahaan jasa pengiriman mobil via kapal laut yang Anda gunakan.

Lakukan Riset Penyedia Jasa Pengiriman Mobil Berkualitas

Tidak sedikit kasus kerugian yang menimpa pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman mobil yang tidak berkualitas. Kerugian tersebut bisa dalam bentuk keterlambatan pengiriman mobil yang merugikan pengirim, terutama jika mobil kiriman tersebut merupakan produk bisnis.

Bahkan, sebagian kasus kerugian yang menimpa pengirim disebabkan kerusakan mobil kiriman tersebut. Jika dibekali asuransi, tentu kerugian yang dialami bisa diatasi dengan melakukan klaim asuransi. Tapi jika tidak, maka 100% kerugian menjadi tanggungan pengirim.

Berdasarkan uraian di atas, tentu sudah tergambar bagi Anda pentingnya menggunakan layanan jasa pengiriman mobil yang berkualitas. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan penyedia layanan jasa pengiriman mobil via kapal laut yang akan digunakan jasanya.

Leave A Reply