Tarif Cargo Solo ke Kota Tamiang Layang

0 48

Tamiang Layang merupakan kelurahan yang teradapat di Dusun Timur, Barito Tengah, Kalimantan Tengah. Kelurahan Tamiang layang ini merupakan pusat dari birokrasi di Kabupaten Barito Tengah.

Sama halnya seperti pusat birokrasi di daerah-daerah lainnya, Tamiang Layang juga digunakan sebagai tempat untuk rujukan pengiriman dan penerimaan barang. Salah satunya pengiriman barang yang dilakukan dari salah satu kota di Pulau Jawa yaitu Solo.

Tarif pengiriman yang dibebankan untuk pengiriman dari Solo menuju Tamiang layang berbeda-beda, karena penentuan tarif pengiriman dari masing-masing perusahaan ekspedisi tidaklah sama. Tergantung dari keputusan manajemen masing-masing perusahaan.

Meskipun tarif cargo yang dikenakan tiap perusahaan ekspedisi berbeda, namun acuan yang digunakan untuk menentukan tarif pengiriman biasanya tidak memiliki perbedaan yaitu berdasarkan berat dari barang yang dikirim.

Penentuan tarif pengiriman biasanya ditentukan oleh beberapa faktor. Dan berat barang yang dikirim merupakan salah satunya. Beberapa faktor yang dapat menentukan besarnya tarif pengiriman diantaranya, sebagai berikut:

  1. Berat barang yang dikirim. Biasanya perusahaan ekspedisi dalam menentukan besarnya tarif pengiriman menggunakan acuan berat dari paket yang dikirimkan. Semakin berat paket yang dikirim, maka semakin mahal pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengirim paket.
  2. Jarak tempuh pengiriman. Jarak pengiriman biasanya juga digunakan untuk acuan dalam menentukan tarif pengiriman. Biasanya jarak pengiriman digunakan untuk pengiriman barang yang berbeda pulau bahkan berbeda negara yang jarak tempuhnya sangat jauh.
  3. Jenis pelayanan yang digunakan untuk mengirim. Pilihan jenis pelayanan yang digunakan untuk mengirimkan barang juga mempengaruhi tarif pengiriman yang dikenakan kepada si pengirim. Biasanya semakin bagus jenis pelayanan yang digunakan, maka semakin mahal ongkir-nya.
  4. Alat transportasi yang dipilih. Pilihan jenis alat transportasi yang digunakan untuk mengirimkan barang juga mempengaruhi besarnya tarif cargo yang dikenakan oleh perusahaan jasa pengiriman.

Pemilihan penggunaan alat transportasi eksklusif seperti pesawat terbang akan mengakibatkan tarif pengiriman yang dikenakan semakin mahal jika dibandingkan dengan penggunaan alat transportasi dari jalur darat, seperti truk, mobil box, pick up, dan sebagainya.

Biasanya keempat faktor yang digunakan untuk menentukan besarnya tarif pengiriman yang telah dijabarkan diatas digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman sebagai acuan dalam menentukan besarnya tarif pengiriman yang dikenakan.

Jadi, bagi Anda yang akan melakukan pengiriman barang, jangan selalu tergiur dengan tarif kirim murah namun tidak memiliki kualitas pelayanan yang baik. Pintar-pintarlah mencari jasa pengiriman barang yang memiliki pelayanan professional namun ditunjang dengan tarif minimal.

Usahakan untuk mencari perusahaan ekspedisi yang memang dikenal terpercaya dan memiliki kualitas yang bagus di mata masyarakat. Karena jika Anda salah memilih jasa pengiriman maka kemungkinan jangka waktu pengiriman barang Anda juga semakin lama.

Selain itu, sebelum menggunakan jasa pengiriman, Anda perlu memeriksa legalitas dari perusahaan jasa pengiriman tersebut.

Legalitas perusahaan ini penting karena jika perusahaan yang melakukan pengiriman belum legal di mata hukum, maka proses pengiriman barang yang sedang dilakukan juga termasuk jenis pengiriman ilegal yang melanggar perundang-undangan.

Dan hal ini akan memiliki efek buruk pada barang yang Anda kirimkan. Karena bisa jadi barang yang Anda kirimkan akan di tahan pihak bea cukai dan untuk menebus barang tersebut dibutuhkan dana yang lebih besar.

Demikian ulasan singkat mengenai tarif cargo yang dapat ditentukan perusahaan jasa pengiriman. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.