DHL Express

Perusahaan Pengiriman Barang Terbaik di Dunia. Apakah Ada Nama JNE atau TIKI?

Kita sudah terlalu sering membahas tentang perusahaan jasa logistik atau perusahaan pengiriman barang. Namun kita sering lupa, apa itu yang disebut logistik? Jika didefinisikan secara singkat, logistik adalah manajemen perpindahan barang atau produk dari satu lokasi ke lokasi lain dengan memperhatikan beberapa hal seperti kondisi, waktu, dan biaya.

Di Indonesia sendiri kita mengenal puluhan bahkan ratusan perusahaan jasa pengiriman barang dari yang masih amatir hingga yang profesional seperti Pos Indonesia, TIKI, JNE, Wahana, Dakota Cargo, Indah Cargo Logistic dan masih banyak lagi.

Nah, jika kita sudah mengetahui jasa ekspedisi paling populer dalam negeri, lantas apa saja perusahaan ekspedisi terbaik saat ini? Bagaimana kiprah mereka di dunia logistik? Marik kita bahas satu persatu.

DHL

Perusahaa jasa ekspedisi yang satu ini telah menguasai lebih dari 220 negera di dunia. Dengan menyandang status pengiriman paket paling cepat, DHL diklaim memiliki lebih dari 340.000 karyawan dengan solusi kebutuhan logistik hampir tak ada batas. DHL sendiri adalah salah satu cabang dari Deutsche Post DHL Group, yaitu perusahaan jasa pos dan logistik terbaik di dunia saat ini. Adapun poduk layanan DHL adalah: DHL e-Commerce, DHL Express, DHL Freight, DHL Supply Chain, DHL Parcel, dan DHL Global Forwarding.

SVD Logistics

Satu lagi perusahaan pengiriman barang terbaik di dunia yaitu SVD Logistics. SVD sendiri merupakan anak perusahaan dari Bollore Group yang menawarkan produk layanan Custom Broker, Pergudangan dan Distribusi, Manajemen Rantai Pasokan, dan Transportasi Internasional. Berkantor pusat di Puteaux Paris Barat, SVD memiliki jaringan global mencapai 600 lembaga dengan 35.800 karyawan di 102 negara.

DB Schenker

Perusahaan ekspedisi ini fokus pada industri dan perdagangan pada bursa global barang mencakup tranportasi laut, darat, dan udara di seluruh dunia. Memiliki tak kurang dari 2000 titik agen di seluruh dunia, DB Schenker beroperasi bersama 66.000 karyawan dengan nilai pendapatan lebih dari 15.450 miliar euro di tahun 2015 lalu. Saat ini DB Schenker masih menjadi nomor satu untuk urusan logistik yang menghubungkan antar wilayah ekonomi di seluruh dunia.

C.H. Robinson

Perusahaan ekspedisi kelas wahid ini pernah menyandang predikat terbaik sebagai 3PL (penyedia logistik pihak ketiga terbesar) nomor 1 versi majalah Inbound Logistics sebanyak enam kali berturut-turut. Dalam pengoperasiannya C.H. Robinson melayani berbagai kebutuhan logistik serta managed services untuk 110.000 lebih konsumen serta lebih dari 68.000 mitra perusahaan jasa trucking. Diklaim memiliki jaringan agen 280 kantor di dunia, perusahaan ini terintegrasi dengan sedikitnya 13.000 karyawan.

Kuehne + Nagel

Perusahaan ekspedisi yang berbasis di Schindellegi Swiss ini merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistic global terbaik di dunia. Berdiri tahun 1890 oleh August Kühne dan Friedrich Nagel di kota Bremen Jerman,  Kühne + Nagel sarat pengalaman dalam melayani angkutan laut, udara, dan darat dengan layanan logistik berbasis IT. Memiliki 1.000 kantor lebih dan cakupan pengoperasian di lebih dari 100 negara, perusahaan ini diklaim mempekerjakan lebih dari 63.000 karyawan.

Panalpina

Sama halnya dengan Kühne + Nagel, Panalpina adalah perusahaan pengiriman barang yang berkantor pusat di Swiss, sekaligus salah satu perusahaan forwarding dan logistik terbaik di dunia dengan spesialisasi ekspedisi laut dan udara. Panalpina sendiri merupakan maskapai yang beroperasi di lebih dari 80 negara dan memiliki tak kurang dari 500 cabang serta 15.000 karyawan.

Selain 6 diatas masih ada beberapa perusahaan pengiriman barang yang cukup berpengaruh di bidang jasa logistik di dunia seperti: Sinotrans, CEVA Logistics, DSV Logistics, dan Nippon Express.