Mekanisme Ekspedisi Batam Ke Luar Pulau dan Luar Negeri. Rumitkah?

Ekspedisi Batam – Secara geografis Batam memang sangat potensial untuk semua jenis usaha, termasuk jasa ekspedisi. Mengapa dikatakan demikian? Kota Batam di Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan Singapura. Otomatis aktivitas perdagangan antara kedua tempat yang berdekatan tersebut lebih menonjol dibanding kawasan lainnya.

Sejauh ini jasa pengiriman barang di Batam lebih mengutamakan alat transportasi laut atau kapal konvensional. Ini karena sebagian besar provinsi Riau adalah perairan dimana satu-satunya akses ke luar daerah hanya menggunakan transportasi laut. Demikian juga ekspedisi Batam yang lebih mengandalkan moda transportasi laut untuk mendistribusikan barang ke luar kota atau luar propinsi, termasuk juga ke Singapura.

Standar Pengirim Barang via Angkutan laut (Kapal Konvensional)

Khusus untuk pengiriman barang ataupun produk yang masih dalam cakupan di Kepulauan Riau masih memungkinkan menggunakan moda transportasi darat, meski hanya di daerah-daerah tertentu. Tentunya dokumen-dokumen dan persyaratan lainnya tidak serumit dibanding pengiriman ke luar pulau atau ke luar negeri. Namun untuk pengiriman yang mengharuskan melewati laut memang membutuhkan angkutan laut kapal konvensional atau container (peti kemas) atau bisa juga dengan angkutan udara.

Untuk aktivitas perdagangan pengiriman barang dengan moda transportasi laut, pihak-pihak yang terlibat dan terkait satu sama lain yaitu:

Pengirim Barang (Shipper) >> Jasa Pengangkutan (Carrier) >> Penerima Barang (Consigne)

Jadi jelas untuk mendistribusikan barang ke penerima barang (consigne) maka pengirim barang (shipper) membutuhkan pihak ketiga, dalam hal ini pihak jasa pengangkutan atau jasa ekspedisi (carrier).

Jenis / Type Kapal Laut untuk Pengangkutan Barang

Seperti yang dibahas sebelumnya mayoritas jasa ekspedisi Batam menggunakan kapal laut untuk pengiriman lokal yang tidak memungkinkan diakses melalui jalur darat. Meskipun moda tranportasi laut tidak secepat transportasi udara, namun lebih unggul dalam hal kapasitas atau daya angkut barang.

Secara umum kapal laut yang digunakan ekspedisi Batam untuk pendistribusian barang yaitu:

  • Conventional Liner Vesell. Kapal pengangkut ini merupakan jenis kapal yang tidak/belum menggunakan container (biasanya menawarkan tarif paling murah).
  • Semi Container Vesell. Kapal penngangkut barang ini sudah menyediakan tempat khusus untuk container namun hanya sebagian.
  • Full Container Vesell. Ini merupakan jenis kapal khusus untuk mengangkut barang-barang yang sudah dikemas dalam container. Berbeda dari jenis kapal umum, Full Container Vesell berlabuh di dermaga pelabuhan peti kemas.

Jenis Layanan Angkutan Kapal Laut

Dilihat dari jenisnya, layanan pengangkutan kapal laut dibagi atas 4 jenis layanan, meliputi:

  • Conference Line. Ini adalah layanan kapal laut dimana jadwalnya tergantung dari persetujuan antara anggota perusahaan pelayaran, dan juga berdasarkan kesamaan saat menentukan Bill of Lading (B/L).
  • No Conference Line. Disini perusahaan pelayaran tidak ikut serta di kelompok perusahaan pelayaran. Untuk tarif biasanya ditentukan menurut harga pasar atau tarif umum.
  • Non Vesell Operating Common Carrier (NVOCC). Ini adalah perusahaan yang tidak mempunyai armada pelayaran, akan tetapi siap menyediakan jasa pengurusan semua transportasi. Dengan demikian nantinya tarif dibayarkan kepada eksportir. Tarif biasanya lebih rendah karena perusahaan pelayaran memberikan potongan harga karena NVOCC ini mampu memenuhi target pengangkutan per-tahun dalam jumlah tertentu.
  • Tramper Service. Ini adalah pelayaran kapal sewa (carter) untuk layanan kirim barang yang bersifat homogeny atau dalam jumlah besar.

Adapun mekanisme arus paket atau barang mulai dari tangan pengirim (shipper) hingga siap diberangkatkan adalah sebagai berikut:

Gudang Pengiriman (Shipper Consigne) ke EMKL/Pengangkutan (Forwarder) ke Kantor Perusahaan Pelayaran (Shipping Company) ke Gudang (Warehouse) ke Pabean (Customs) ke Jasa Bongkar/Muat (Slave Daring Company) berakhir di Kapal Laut Pengangkutan (Carrier).

Ekspedisi Batam dengan kapal laut memang kurang cocok untuk pengiriman barang yang sifatnya urgent. Namun untuk pengiriman dengan tarif paling murah, ekspedisi via laut memang satu-satunya pilihan.