Bisnis Jasa Angkut Solo, Prospektif-kah untuk Bisnis Perorangan?

Jasa Angkut Solo – Geliat kota Solo di sektor industri, pendidikan, dan pariwisata membuat mobilitas masyarakat makin meningkat. Sama halnya Yogyakarta, Solo menjadi kota paling padat dengan aktivitas usaha termasuk bisnis jasa angkutan. Solo memang terkenal sebagai kota budaya, namun meski demikian tak lantas sektor ekonomi tertinggal dari daerah lain.

Berkaca dari perkembangan aktivitas perniagaan dan pembangunan infrastruktur yang ada, bisnis jasa angkut salah satu yang paling menarik perhatian di Solo. Memanfaatkan kondisi yang bisa dikatakan “serba sibuk”, kini cukup banyak berdiri jasa angkut Solo, baik oleh badan usaha maupun perorangan.

Jika sebuah perusahaan jasa angkut wilayah Solo memiliki manajemen yang bagus, tenaga kerja yang profesional, juga armada yang memadai, sepertinya wajar jika perusahaan tersebut lantas menguasai pasar. Masalahnya, seberapa besar peluang bisnis jasa angkut Solo jika dikelola oleh perorangan?

Potensi Jasa Angkut Solo Secara Mandiri

Anda tinggal di Solo Kota? Anda mempunyai mobil pick up atau truk yang jarang terpakai? Jika anda punya salah satunya atau bahkan keduanya, mungkin sudah saatnya anda manfaatkan aset anda tersebut untuk menambah penghasilan. Anda bisa membuka usaha jasa angkut Solo misalnya?

Benar, dengan aset kendaraan yang anda miliki, anda bisa membuka jasa antar barang, pindahan rumah, pindahan gudang, kontrakan, apartemen, kos-kosan serta jasa angkut apa saja selama bisa diakomodir oleh kendaraan anda. Tidak perlu bingung dengan harga jasa angkutan barang yang nanti anda tawarkan, sebab anda bisa melakukan survey ke beberapa jasa angkut yang terlebih dulu beroperasi.

Apa pertimbangannya sehingga bisnis jasa angkut Solo perlu dicoba?

Beberapa alasan berikut ini bisa menjadi alasan kuat mengapa bisnis jas angkut di kota besar seperti Solo ini wajib dicoba.

  • Solo merupakan kota dengan wilayah sangat luas sehingga kebutuhan angkutan barang juga cukup besar.
  • Penghasilan jasa angkut lumayan tinggi untuk satu kali angkut.
  • Sangat cocok untuk side job atau pekerjaan sampingan.
  • Biaya operasional lebih rendah dibanding perusahaan.
  • Tidak terlalu memikirkan biaya perawatan dan spare-part karena merupakan kendaraan pribadi.
  • Tingkat persaingan masih normal.

Ketika anda membuka usaha jasa angkut mandiri maka tingkat kerugiannya sangat rendah. Pasalnya ini hanya usaha sampingan dengan memanfaatkan kendaraan yang jarang digunakan, sehingga kalaupun sepi pelanggan tentu tidak mempengaruhi keuangan anda.

Cara Memulai Usaha Jasa Angkut Solo

Cara memulai usaha jasa angkut Solo sebenarnya cukup sederhana. Yang perlu digarisbawahi anda berdomisili di Solo dengan mobilitas masyarakat yang tinggi. Oleh sebab itu anda perlu memulai usaha jasa angkut Solo dengan cara yang tepat.  Begini caranya.

Promosi. Untuk jenis kendaraan yang digunakan sudah jelas pick up atau truk. Karena jenis kendaraan sudah ditentukan maka anda tinggal melakukan promo terkait usaha jasa angkut anda. Anda bisa menggunakan fasilitas umum untuk menawarkan jasa, misalnya dengan menempelkan selebaran dibeberapa tempat yang mudah terekspos. Semakin banyak orang mengetahui usaha jasa anda, semakin besar pula kemungkinan mereka menjadi pelanggan anda.

Pajang Tulisan di Pick Up / Truck. Promosi yang bisa anda lakukan tak hanya menggunakan fasilitas umum, namun dengan bantuan kendaraan anda sendiri. Kok bisa? Ya, anda bisa menempelkan keterangan dibagian belakang pick up atau truk dengan tulisan “Menerima Jasa Angkutan”. Untuk lebih menarik perhatian bisa ditamba kata “Murah”. Jangan lupa juga menyertakan nomor telepon yang mudah dihubungi.

Cari Sopir (Driver). Meskipun hanya jasa angkut mandiri tidak menutup kemungkinan anda butuh sopir untuk mengembangkan bisnis jasa angkut ini. Siapapun sopir yang anda pilih pastikan dia memiliki attitude yang baik, bertanggungjawab, dan yang pasti memiliki lisensi mengemudikan kendaraan (SIM).

 

Terus meningkatnya jumlah penduduk menjadi alasan mengapa permintaan jasa angkut Solo juga cenderung meningkat. Anda warga Solo yang punya jiwa bisnis tinggi? Silakan mencoba peluang bisnis yang satu ini.