Pengertian Ekspedisi Sejarah Dan Contoh Perusahaannya

0 39

Blog Cargo.id – Pengertian Ekspedisi Sejarah Dan Contoh Perusahaannya, Jasa Ekspedisi mungkin anda sudah tahu kan siapa saja yang bermain di perusahaan ini, namun apakah anda tahu sebenarnya apa itu arti dari ekspedisi.

Menurut Kamus Besar Bahasa indonesia Ekspedisi memiliki arti 1 pengiriman surat, barang, dan sebagainya; 2 perusahaan pengangkutan barang; 3 Huk salinan yang sama bunyinya (tentang vonis atau akta); 4 perjalanan penyelidikan ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal; 5 Mil pengiriman tentara untuk memerangi (menyerang, menaklukkan) musuh di suatu daerah yang jauh letaknya.

Nah itu tadi adalah arti dari ekspedisi menurut KBBI. Seperti kita tahu peranan jasa ekspedisi di Indonesia semakin besar, apalagi mulai merebaknya Perdagangan online dimana barang biasanya akan dikirim menggunakan kurir yang disediakan jasa ekspedisi ini.

Kebetulan juga di Indonesia adalah negara kepulauan, jadi mengirim barang lebih mudah dan tidak menyita waktu jika menggunakan jasa pengiriman ini.

Sebelum tahun 2000 an jasa ekspedisi sangat terbatas di Indonesia karena hanya beberapa orang yang kirim mengirim barang jarak jauh biasanya mereka yang berkutat di perusahaan besar.

Di Waktu itu kepercayaan untuk transaksi jarak jauh juga kurang dipercaya, mereka lebih senang bertemu langsung. Hmmp kalau dibayangin sunggu menyita waktu bukan. Namun semua berubah ketika era internet mulai mewabah di Indonesia.

Baca juga : IPCN Bersama Anggota Lakukan Donasi Capai Rp 1 Miliar

Bicara soal masa lalu, ayok sedikit membahasa Sejarah Ekspedisi Di Indonesia ya gaes.

Sejarah Ekspedisi Di Indonesia

GAFEKSU (Gabungan Forwarder Penyedia Jasa Logistik dan Ekspedisi Indonesia) atau INFA (Indonesia Forwarders Associations) adalah sebuah asosiasi atau organisasi gabungan dari beberapa perusahaan pada masa itu di tahun 1986.

Meskipun proses peleburan ini memang sedikit memakan waktu, namun seiring berjalannya waktu, akhirnya perusahaan yang tergabung dalam asosiasi tersebut menyatu denga nbaik.

Dan Pada tahun 1988 Menteri Perhubungan membuat sebuah surat keputusan. KM-10 Tahun 1988 tertanggal 26 Januari 1988 tentang Legalitas Pendirian Ijin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi; dan KM-10 Tahun 1989 Tanggal 22 Februari 1989 tentang pelimpahan wewenang memberikan ijin usaha Jasa Pengurusan Transportasi Kepada Kantor Wilayah. Departemen Perhubungan yang menandatangani atas nama Menteri Perhubungan.

Setelah itu ketiga Asosiasi tersebut mempersiapkan secara bersama perangkat-perangkat yang diperlukan demi terwujudnya Fusi (peleburan). Dan pada tanggal 10 Juni 1989 Fusi (peleburan) terlaksana dan sekaligus telah dirampungkannya Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga sementara GAFEKSI (INFA).

Dan pada 25 Juli tahun 1989 akhirnya GAFEKSI Dikukukan oleh menteri perhubungan. Dan dikala itu GAFEKSI Merupakan satu – satunya wadah bagi perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi.

Contoh Perusahaan Ekspedisi Di Indonesia

Setelah sedikit mengetahui tentang sejara Perusahaan Ekspedisi Di Indonesia sekarang kita berlanjut dengan sedikit pengetahuan yang ingin saya bagikan buat kalian, yakni beberapa perusahaan Ekspedisi yang sudah cukup berpengalaman di Indonesia :

  1. JNE
  2. Pos Indonesia
  3. Cargonesia Express
  4. Indah Cargo
  5. JNT
  6. SiCepat
  7. NInja Express
  8. Tiki
  9. First Logistic
  10. Wahana Logistik

Leave A Reply

Your email address will not be published.