Penasaran dengan Harga Jasa Pengiriman Barang dari Malaysia ke Indonesia? ini Infonya

Jasa Pengiriman Barang dari Malaysia ke Indonesia
5 1.306

Jasa Pengiriman Barang dari Malaysia ke Indonesia – Maraknya pengiriman barang dari luar negeri, terutama dari Malaysia ke Indonesia, bukan semata-mata karena faktor bisnis. Jangan lupa, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengais rezeki di Malaysia jug turut berperan terhadap derasnya arus pengiriman barang dari negara tersebut.

Untuk pengiriman barang dari luar negeri, khususnya dari Malaysia sebenarnya cukup banyak jasa cargo Malaysia ke Indonesia yang direkomendasikan. Namun yang sering jadi persoalan adalah berapa ongkos kirim dari Malaysia ke Indonesia yang paling relevan, sebab tak jarang ada jasa pengiriman yang mematok harga cukup tinggi namun tidak dibarengi layanan yang memuaskan.

Pos Laju Malaysia

Di Indonesia kita mengenal satu perusahan jasa pengiriman ‘plat merah’ atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Pos Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa ekspedisi, pengiriman barang maupun dokumen baik untuk skala domestik maupun internasional. Pengiriman tingkat nasional ditangani langsung oleh Organisasi Pos Dunia (Universal Postal) yang menaungi seluruh kantor pos di dunia, termasuk Pos Indonesia.

Hadirnya badan usaha dunia tersebut sangat memudahkan bagi kita untuk mendapatkan jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia, atau dari negara manapun di dunia. Selain lebih aman, biaya pengiriman barang yang lebih mirip dengan kegiatan ekspor-impor ini relatif lebih terjangkau.

Tarif Pos Laju Malaysia ke Indonesia

Jika di Indonesia kantor pos dikendalikan oleh PT Pos Indonesia, maka di Malaysia dikenal dengan nama lain yaitu Pos Laju. Seperti jasa pengiriman milik pemerintah lainnya, selain melayani pengiriman domestik, Pos Laju juga melayani pengiriman barang skala internasional. Ini karena Pos Laju juga termasuk anggota Universal Postal atau Organisasi Pos Dunia.

Untuk pelayanan jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia, ada beberapa opsi yang ditawarkan Pos Laju. Jika untuk pengiriman domestik ada layanan Peninsulars dan Sabah atau Serawak, maka untuk pengiriman skala internasional Pos Laju menyediakan layanan Paket Luar Negeri Reguler juga layanan Express Mail.

Tarif dari masing-masing layanan tentunya bervariasi. Tergantung dari negara tujuan pengiriman juga berat atau volume paket kiriman. Adapun ketentuan tarif atau biaya pengiriman barang kategori layanan internasional yaitu:

  • Ongkos / tarif kapal
  • Ongkos / tarif formalitas dokumentasi pengiriman barang
  • Ongkos besar atau volume barang muatan yang dikirimkan

Adapun cara menghitung biaya jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia dibedakan menjadi 2 kategori. Yang pertama tarif paket Express Mail Service dengan berat paket per-1000 gram (1 kg), dan yang kedua tarif Paket Normal dengan berat paket per-500 gram (1/2 kg).

Tarif Paket Express Mail Service (penghitungan berat paket per-1000 gram atau 1 kilogram)

  • 500 gram pertama = 45,00 RM (Ringgit Malaysia)
  • 500 gram berikutnya = 6,00 RM
  • Tarif Total (untuk 1000 gram) = 45,00 RM + (1 x 6,00 RM) = 51,00 RM
  • Biaya administrasi 20% (51,00 RM x 20%) = 25,50 RM
  • Jadi biaya keseluruhan : 51,00 RM + 25,50 RM = 76,50 RM
  • Jika dirupiahkan 76,50 RM menjadi sekitar Rp 233.000

Tarif Paker Normal (penghitungan berat paket per-500 gram atau 1/2 kilogram)

  • 250 gram pertama = 26,60 RM
  • 250 gram berikutnya = 2,90 RM
  • Biaya total = 26,60 RM + 2,90 RM = 29,50 RM
  • Jika dirupiahkan 29,50 RM menjadi sekitar Rp 90.000 (Catatan : untuk tarif paket normal tidak dikenakan charge atau biaya administrasi).

Jika dilihat dari tarif jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia diatas, perbedaannya tidak terlalu signifikan dibanding tarif pengiriman domestik. Jadi Pos Laju Malaysia bisa dibilang sebuah jasa pengiriman paling direkomendasikan untuk saat ini.

 

 

5 Comments
  1. Nur Arif says

    apakah nanti kita harus bayar lagi ke bea cukai ?

  2. Tolongbeli says

    Jika nak pos dari malaysia isi form duku dan declare barang secara tepat. Biasa send as gift door to door lepas kastam

  3. Antonio says

    Teman saya akan kirim barang dari Kota Kuching Serawak-Malaysia ke Surabaya Indonesia dengan memakai POS Laju EMS. Nanti jalur yang ditempuh lewat mana ? Apakah dari Kuching – Kalimantan – Surabaya ataukah Kuching – Kuala Lumpur – Jakarta – Surabaya ?

    1. moch akbar says

      untuk hal tersebut, bisa dilihat melalui situs EMS nya, via cek resi, nanti disana ada jalurnya lewat mana saja

  4. ila says

    ongkir malaysia ke jombang berapa ya kalau kirim surat

Leave A Reply

Your email address will not be published.