Peluang Usaha Ekspedisi, Untung atau Buntung?

Usaha Ekspedisi – Makna yang universal mungkin yang kita temukan saat menyebut “usaha ekspedisi”. Meskipun begitu kita sepakat bahwa bisnis atau usaha ini merujuk pada jasa pengiriman barang yang kini banyak dicoba oleh para pebisnis yang memiliki peluang untuk itu. Saat ini booming jasa ekspedisi memang cukup terasa sejalan dengan banyaknya permintaan pengiriman barang baik skala domestik maupun internasional.

Bicara mengenai bisnis ekspedisi, mungkin kerap bersinggungan dengan bisnis ekspedisi truk, dimana untuk proses ekspedisi atau pengiriman barang hampir pasti melibatkan truk sebagai salah satu armada andalan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketika seseorang atau sekelompok orang ingin membangun usaha ekspedisi, mereka harus memiliki armada truk atau minimal menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa sewa truk.

Seberapa sulit mengembangkan usaha ekspedisi?

Jika kita membahas usaha ekspedisi sama artinya kita membicarakan potensi bisnis yang cukup prospektif. Namun apakah bisnis ini mudah dirintis? Jawabannya tergantung dari banyak aspek termasuk modal, lokasi, administrasi dan sistem manajemen yang bagus. Menariknya, berdasarkan perspektif konsep waralaba seperti yang dirilis International Franchise Association mengatakan bahwa jasa pengiriman cargo menjadi satu diantara 10 usaha unggulan. Dan diprekdiksi ini akan terus bertahan hingga 20 tahun ke depan.

Jasa ekspedisi atau pengiriman cargo adalah layanan utama pada sebuah perusahaan logistik, dimana cara memulai bisnis cargo ini dituntut memenuhi banyak persyaratan, satu diantaranya pengurusan badan usaha atau perizinan.

Cara Memulai Usaha Ekspedisi

Secara lengkap berikut poin-poin cara memulai usaha ekspedisi yang wajib anda pahami.

  1. Menentukan Spesialisasi dan Kapasitas

Spesialisasi dan kapasitas perlu ditentukan diawal sebab ini sangat berpengaruh pada hal-hal lain yang berhubungan langsung dengan keberlangsungan usaha ekspedisi. Berikutnya dengan berbekal spesialiasi tersebut akan menjadi produk layanan utama yang nantinya anda tawarkan ke pelanggan.

  1. Pengurusan Perizinan Badan Usaha

Mengacu pada poin pertama, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menentukan badan usaha sekaligus perizinan untuk menjalankan usaha ekspedisi. Dalam hal ini ada 2 pilihan yaitu CV dan PT.

Untuk usaha semacam jasa ekspedisi ini badan usaha paling ideal adalah badan usaha dalam bentuk PT (Perseroan Terbatas). Mengapa demikian? Karena badan usaha berbentuk PT selain lebih banyak dipertimbangkan juga mempunyai cakupan lebih luas dibandung CV, terutama untuk sektor pemasaran. Berikutnya setelah badan usaha ditentukan anda bisa langsung mengurus perizinan sesuai spesialiasasi yang sudah anda tentukan seperti poin pertama tadi.

  1. Tentukan Lokasi

Meskipun terlihat sepele tapi sebenarnya menentukan lokasi merupakan faktor paling krusial sekaligus paling sulit. Untuk poin ini anda harus benar-benar jeli memilih lokasi untuk menjalankan bisnis anda. Pastikan daerah operasi yang anda pilih terletak di lokasi yang strategis, dekat perkantoran, sekolah, atau fasilitas-fasilitas umum yang membutuhkan peran jasa ekspedisi.

  1. Tentukan Jenis Transportasi

Termasuk jasa ekspedisi apa usaha yang anda kelola? Apakah ekspedisi khusus atau ekspedisi umum? Jika usaha ekspedisi anda melayani segala jenis pengiriman barang mulai dokumen, paket, hingga barang-barang kategori berat/besar maka anda harus menyediakan moda tranasportasi yang lengkap.

Untuk efisiensi waktu dan biaya anda harus siap dengan sarana transportasi pick up, mobil box, truk engkel, truk fuso bahkan kendaraan lain dengan kapasitas lebih besar. Jika tidak memiliki cukup dana untuk pengadaan alat transportasi, anda bisa bekerjasama dengan jasa sewa mobil atau truk. Untuk kebutuhan pengriman setiap hari sebaiknya anda pilih sewa pick up atau sewa truk bulanan yang biasanya lebih murah dari akumulasi sewa harian.

  1. Bentuk Jaringan Sesama Pengusaha

Bisnis logistik dapat berkembang lebih pesat jika anda memiliki banyak jaringan bisnis. Anda bisa bekerjasama dengan Shipping Agent dalam dan luar negeri untuk memperluas coverage area usaha ekspedisi anda.

Usaha ekspedisi tak hanya cukup modal dan kerja keras, namun juga membutuhkan trik-trik khusus agar lebih berkembang. Untung atau justru malah buntung? Itu tergantung bagaimana anda mengelolanya.