Ekspedisi Tanah Abang: Merintis Bisnis di Kawasan Strategis!

Ekspedisi Tanah Abang – Apa yang terlintas pertama di pikiran anda tentang Tanah Abang? Harga-harga kebutuhan pokok yang murah, atau hiruk pikuk pedagang tradisional yang mengais rejeki setiap harinya?. Apapun itu Tanah Abang merupakan kawasan yang memberi nuansa berbeda pada Jakarta, dimana aktivitas bisnis semua ada disini.

Lokasi yang strategis menjadikan Tanah Abang sebagai kawasan yang potensial untuk sentra bisnis. Kita bisa lihat setiap hari ratusan bahkan ribuan orang berada di kawasan ini untuk saling berinteraksi dan bertransaksi. Pendek kata semua aktivitas bisnis ada disini, termasuk bisnis jasa pengiriman barang di Tanah Abang yang kini mulai menebarkan jaring-jaring untuk menjerat pelanggan.

Bicara tentang bisnis ekspedisi Tanah Abang, tentu kita bisa melakukan survey dimana bisnis ini cukup berkembang pesat di kawasan ini. Memang cukup beralasan sebab Tanah Abang merupakan kawasan strategis dimana akses menuju kesini mudah dilakukan dari segala arah. Belum lagi banyaknya perkantoran, sekolah, dan fasilitas umum lainnya sehingga turut andil dengan menjamurnya bisnis ekspedisi di kawasan ini.

Merintis Bisnis Ekspedisi Tanah Abang

Kawasan strategis Tanah Abang membuka peluang bagi siapapun untuk merintis bisnis, termasuk bisnis jasa pengiriman barang. Namun apakah cukup dengan bermodal lokasi yang strategis? Tentu saja tidak sebab berkembangnya usaha ekspedisi harus didukung banyak aspek. Berikut ini diantaranya.

Tentukan Jenis Transportasi

Kendaraan menjadi fasilitas mutlak untuk keberlangsungan bisnis jasa ekspedisi. Untuk proses pengangkutan anda harus menentukan pilihan jenis kendaraan. Sepeda motor mungkin salah satu yang wajib tersedia untuk mengantisipasi pengiriman ke gang-gang sempit.

Namun untuk jangkauan yang cukup jauh dengan jumlah barang lebih banyak, misalnya pengiriman antar kota atau antar provinsi, mobil box atau truk engkel wajib anda sediakan. Dana belum mencukupi untuk membeli armada sendiri? Tidak perlu khawatir sebab di Tanah Abang cukup banyak jasa sewa truk. Anda bisa menggandeng salah satu jasa sewa truk Tanah Abang untuk memuluskan bisnis ekspedisi anda.

Urus Perizinan

Sebuah jasa ekspedisi harus berbentuk badan usaha dimana hal itu merupakan legalitas yang wajib dimiliki pemilik jasa. Segera legalkan bisnis anda menjadi sebuah badan usaha sehingga konsumen tidak ragu menggunakan jasa anda karena sudah berpayung hukum.

Anda bisa memilih badan usaha berbentuk  CV atau PT. Namun secara umum jasa ekspedisi berbentuk PT (Perseroan Terbatas) sebab lebih banyak dicari selain juga jangkauannya lebih luas.

Tentukan Item

Menentukan jenis item dari barang kiriman sangat penting karena mempengaruhi banyak hal, termasuk media angkut yang dibutuhkan. Untuk jenis barang kiriman seperti file-file, dokumen, atau surat-surat berharga sebaiknya ditempatkan pada tas berkualitas tinggi yang tahan panas dan hujan.

Untuk jenis barang yang rentan dan mudah rusak atau pecah harus di packing menggunakan kayu yang diberi pelindung didalamnya.  Sedangkan untuk barang-barang berat atau bervolume besar butuh mobil dengan kapasitas memadai sehingga barang bisa sampai di tujuan dengan aman tanpa cacat.

Tentukan Tarif

Hal yang wajar jika pertama yang ingin diketahui oleh konsumen pada jasa ekspedisi adalah tarif, baru berikutnya kualitas layanan. Untuk itu anda harus menentukan tarif untuk biaya pengiriman, apakah berdasarkan berat aktual, volume, atau keduanya. Bagi yang baru memulai bisnis ini penawaran diskon tertentu mungkin bisa menjadi strategi khusus untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Promosi

Tidak perlu terlalu jauh memikirkan promosi, misalnya seperti Go-Jek yang memanfaatkan media cetak dan elektronik. Untuk promosi anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup dengan meninggalkan nomor telepon di tempat-tempat keramaian, toko-toko, atau perkantoran.

Merintis bisnis ekspedisi Tanah Abang butuh modal besar terutama untuk sewa atau beli tanah atau bangunan untuk menjalankan bisnis ini. Belum lagi untuk biaya pengadaan moda transportasi. Namun mengingat prospeknya cukup bagus mungkin bagi anda yang punya naluri bisnis tinggi kesempatan ini tak akan dibuang begitu saja.