Masalah Logistik Sudah Jadi Masalah Sebelum Ada Wabah Covid-19

0 38

Cargo.id – Kebijakan PSBB merupakan salah satu kebijakan yang dijalankan pemerintah untuk mengurangi persebaran Virus Corona atau COvid-19, namun pelaksanaan PSBB sendiri ditakutkan akan menghambat distribusi pangan di Indonesia.

Akan tetapi, menurut Wakil Menteri Perdagangan 2012 -2014 Bayu Krisna Murti mengungkapkan bahwa masalah di sektor pangan sudah terjadi sebelum adanya pandemi ini. Adapun, virus ini pun malah menambah permasalahan di sektor tersebut.

“Perdagangan kita belum sempurna, logistik itu banyak masalah tapi itu harus kita akui, itu sudah ada sebelum covid,” terang dia beberapa waktu lalu.

Baca juga :

Ia juga mengatakan bahwa kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dalam menangani Covid-19 jangan sampai menjadi bumerang.

“Jangan sampai obatnya (kebijakan) lebih banyak daripada membunuh penyakitnya (Covid-19),” tutur dia.

Bayu juga memahami arahan presiden mengenai PSBB yang merupakan sebuah keharusan untuk mengantisipasi penyebaran virus. Namun, harusnya sebelum melakukan hal tersebut, pemerintah juga perlu untuk membenahi distribusi logistik pangan.

“Ini tantangan yang serius, karena kemarin itu tidak ada unsur Covid-19, itu poinnya (ketahanan pangan) ada di logistik dan distribusi, kapasitas produksi kita masih sama, tapi yang perdagangannya itu yang gawat,” tutup dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.