Perbedaan Truk Engkel dan Mobil Box

truk engkel mitsubishi
0 225

Banyaknya jenis truk baik merek, tipe, ukuran dan kapasitasnya kadang membuat bingung pembeli. Namun jika kita akrab dengan bidang warehouse atau jasa logistik maka kita akan paham berbagai jenis truk, apakah itu truk engkel, truk tronton ataupun truk trailer.

Di dunia jasa angkutan, tak berlebihan jika menyematkan pelopor kendaraan angkutan pada truk engkel. Tengok saja Mitsubishi dengan ‘kepala kuning’nya, entah mulai tahun berapa jenis truk engkel tersebut malang melintang di jalanan Indonesia, sebelum merek-merek lain bermunculan dengan karakteristik yang sama.

Secara garis besar truk engkel memiliki ukuran dan kapasitas yang tak jauh beda antara satu merek dengan merek lainnya. ukuran bak-nya 2 meter kubik, 2 sumbu roda, 4 roda dengan total muatan maksimal 12 ton.

Truk Engkel dan Mobil Box. Pilih yang mana?

Masalah kebutuhan alat atau kendaraan pengangkut barang sebenarnya itu adalah pilihan. Baik truk engkel maupun mobil sama-sama penting berdasarkan fungsinya. Jadi keduanya mempunyai ‘peran’ masing-masing untuk mempermudah proses pengangkutan barang yang biasanya dibedakan menurut jenis, jumlah atau volume barang yang diangkut.

Jadi dalam hal ini pemilihan kendaraan untuk mengirim atau mengangkut barang memang paling mudah. Yang perlu diperhatikan adalah fungsi dan kegunaannya sehingga pengguna biasa mengetahui secara tepat barang-barang yang akan diangkut lebih cocok menggunakan kendaraan jenis apa. Bagi pengguna truk engkel maupun mobil box berikut perbedaan ukuran, kapasitas dan fungsi dari keduanya.

  • Truk Engkel

Dilihat dari desainnya truk engkel adalah jenis truk dengan desain ruang terbuka untuk memuat berbagai jenis barang. Mobil truk ini biasanya digunakan oleh jasa layanan pengiriman barang maupun jasa pindahan.

Secara umum truk engkel memiliki dua jenis ukuran. Yang pertama truk engkel kecil dengan kapasitas muatan maksimal 1 ton dengan dimensi 2 x 1,5 x 0,7 m3. Sedangkan truk engkel kedua berkapasitas 2 ton keatas dengan dimensi 3 x 2,5 x 1,5 m3.

Adapun barang-barang yang dimuat pada truk engkel adalah jenis barang yang tidak membutuhkan perawatan atau keamanan khusus sehingga tidak ada pengaruh dari baik atau buruknya cuaca. Barang setengah jadi atau bahan-bahan mentah adalah contoh jenis barang yang biasa diangkut oleh truk engkel. Truk Engkel

Disamping itu truk engkel juga bisa difungsikan untuk mengangkut barang yang tidak memerlukan ruang terbatas. Contohnya lemari dengan ukuran cukup tinggi. Dengan ruang terbuka bebas maka tidak ada kemungkinan terjadi gesekan dengan langit-laingit mobil. Selain itu barang-barang bisa dengan mudah dimuat dan dikeluarkan dari dalam bak truk.

  • Mobil Box

Mobil box dibedakan dengan dua dimensi berbeda. Yang pertama mobil box kecil dengan dimensi 2 x 1,3 x 1,3 m3 dengan daya angkut mencapai 1 ton. Yang kedua mobil box besar dengan dimensi 3 x 2,5 x 1,5 m3 yang mempunyai kapasitas 2 ton. Berbeda dari truk engkel terbuka, mobil box biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang membutuhkan perawatan dan keamanan khusus, misalnya tidak boleh kerkena hujan, panas, atau udara dingin.

Mobil box sendiri biasanya digunakan untuk mengangkut furnitur, perangkat elektronik, dan berbagai jenis barang yang mempunyai nilai cukup tinggi sehingga tidak terkena panas, hujan atau guncangan. Kelemahannya, butuh waktu cukup lama untuk memuat atau membongkar barang-barang karena ruang box yang terbatas.

Dari pembahasan diatas tentu bisa disimpulkan kekurangan dan kelebihan truk engkel maupun mobil box. Dari sini pula dapat ditentukan jenis barang apa saja yang lebih cocok dimuat oleh kedua alat transportasi ini.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.