truk engkel murah

4 Cara Mendapatkan Truk Engkel Murah

Truk Engkel Murah—Truk merupakan suatu kendaraan yang didesain secara khusus sebagai alat transportasi angkutan muatan barang niaga. Truk telah lama menjadi angkutan transportasi yang menunjang perekonomian masyarakat termasuk di Indonesia.

Pengertian Truk Engkel

Truk engkel adalah mobil angkutan niaga dengan susunan roda belakang yang ada dalam satu axel. Truk engkel 4 roda yang memiliki 2 buah sumbu tersebut terdiri dari susunan 2 roda di depan dan 2 roda di belakang. Sumbu roda yang berjumlah 2 inilah yang dinamakan dengan satu axel.

Karena jumlah rodanya hanya 4, maka kapasitas atau volume yang dimiliki bak mobil engkel hanyalah 12 meter kubik saja dengan beban muatan sekitar 2-2.5 ton.Untuk menambah tonase, pemilik dari truk engkel biasanya menambahkan 2 buah ban pada roda belakang.

Dengan menambah masing-masing 1 roda, maka truk tersebut memiliki roda berjumlah 6. Engkel dengan jumlah roda 6 inilah yang disebut dengan engkel ganda. Selain engkel biasa dan engkel ganda, ada satu lagi jenis truke engkel yang memiliki muatan lebih besar, yaitu truk engkel Fuso.

Ukuran truk engkel fuso lebih besar dari engkel lainnya. Engkel fuso walaupun memiliki 2 sumbu, tapi dapat mengangkut beban muatan hingga 7 ton dengan kapasitas angkut hingga 29 kubik. Biasanya truk ini digunakan untuk mengangkut kebutuhan logistik.

Perbedaan Truk Engkel 4 Roda, Engkel Ganda dan Engkel Fuso

Perbedaan dari ke tiga jenis truk engkel ini yang paling menonjol terletak pada jumlah ban yang digunakan. Sesuai dengan namanya, truk engkel 4 roda hanya memilki 4 roda sedangkan truk engkel ganda memiliki jumlah roda 6. Engkel fuso pun memiliki roda berjumlah 6.

Selain dari jumlah roda, tonase-nya pun berbeda. Truk engkel 4 roda memiliki berat maksimum muat 2-2.5 ton, sedangkan engkel ganda memiliki berat maksimal muat 4 ton dan fuso engkel 7 ton.  Dengan berat maksimal muatan yang berbeda-beda, tentunya penggunaan dari ke tiga truk engkel ini pun berbeda-beda. Nah jadi kesimpulannya adalah walaupun truk ini memiliki jumlah sumbu yang sama, akan tetapi berat maksimal, kubikasi dan penggunaannya berbeda satu sama lain.

Bisakah Mendapatkan Truk Engkel Murah?

Ada beberapa opsi pilihan untuk mendapatkan truk engkel murah. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membeli truk bekas. Namun, anda harus teliti dan cermat ketika memutuskan untuk membeli truk engkel bekas. Ada beberapa hal yang harus anda cermati seperti berikut ini:

  • Tempat Pembelian Truk

Ketika anda akan membeli truk, maka anda harus cermat, di mana anda akan membeli truk tersebut. Pastikan bahwa anda membeli truk di tempat yang terpercaya dan memiliki track record yang bagus. Anda pun harus senantiasa mengecek harga terbaru dipasaran.

  • Kondisi Bak Truk

Bak truk termasuk salah satu bagian paling penting dari truk. Jika bagian bak truk sudah rusak, maka truk tersebut tentu tidak akan bisa digunakan dengan maksimal. Pastikan bak truk masih baik, mulus dan tidak berkarat.

  • Kondisi Mesin

Selain kondisi bak truk, kondisi mesin juga harus dalam kondisi baik. Carilah truk dengan kondisi mesin yang sehat dan tidak pernah mengalami kendala. Banyak kecelakaan yang terjadi diakibatkan kondisi mesin truk yang tidak sehat. Tentunya anda tidak akan mau mengalami hal ini bukan?

  • Surat-Surat Kendaraan

Terakhir adalah cek kelengkapan surat-surat kendaraan, mulai STNK, BPKB, surat-surat KIR kendaraan, dan faktur pembelian. Jika perlu lakukan cek fisik untuk memastikan bahwa data-data yang tertera pada surat-surat tersebut sesuai dengan data yang tercantum pada truk.

Membeli truk engkel murah dengan kualitas terbaik tentu bukan hal yang mustahil dilakukan. Jika memang anda sedang membutuhkan truk engkel, anda dapat bertanya di forum truk mania ataupun di komunitas-komunitas truk yang ada. Biasakan berinteraksi dengan sesama anggota komunitas untuk mendapatkan truk dengan kualitas bagus sesuai kebutuhan.