mobil engkel murah

7 Cara Mudah Mendapatkan Mobil Engkel Murah

Mobil Engkel Murah—Mobil engkel telah lama menjadi alat transportasi yang menunjang perekonomian masyarakat Indonesia. Sayangnya masih banyak yang tidak menyadari, bahkan tidak mengetahui apa itu mobil engkel dan apa perbedaanya dengan truk-truk lainnya. Nah, disini akan kita kupas tuntas mengenai berbagai seluk beluk mobil engkel dan juga bagaimana mendapatkan mobil engkel murah di pasaran.

Pengertian Mobil Engkel

Dinamakan engkel, karena mobil ini memiliki susunan roda belakang yang ada dalam satu axel.

Dengan kata lain, mobil engkel memiliki roda berjumlah 4 dengan susunan 2 roda di depan dan 2 roda di belakang. Truk engkel 4 roda tersebut memiliki 2 buah sumbu. Nah 2 buah sumbu inilah yang dinamakan dengan satu axel.

Ukuran volume bak mobil engkel umumnya 12 meter kubik saja. Sedangkan total muatannya sekitar 2-2.5 ton. Biasanya untuk menambah kapasitas beban angkut, pemilik dari truk engkel mitsubishi menambahkan 2 buah roda dibagian belakang, dengan masing-masing 1 roda di sebelah kiri dan 1 roda di sebelah kanan.

Truk engkel yang memiliki roda berjumlah 6 dinamakan truk dobel engkel atau engkel ganda. Selain truk engkel biasa dan juga engkel ganda ada satu lagi jenis truk engkel, yaitu truk fuso engkel dengan ukuran yang lebih besar dibanding dua sebelumnya.

Truk fuso engkel memiliki ukuran bak 600 cm x 225 cm x 220 cm. Ukuran bak yang besar membuat truk engkel satu ini dapat memuat barang hingga 29 kubik dengan berat maksimal muatan sekitar 7 ton.

Bagaimana Mendapatkan Mobil Engkel Murah?

Untuk anda yang kebetulan memerlukan mobil engkel murah, ada baiknya anda menyimak beberapa tips berikut ini.

  • Cermati Tempat Pembelian

Hal pertama yang harus anda cermati adalah tempat pembelian mobil. Pastikan tempat pembelian mobil tersebut adalah tempat yang terpercaya. Terlebih lagi jika anda membeli mobil engkel bekas, anda dapat melakukan cek harga terlebih dahulu, misalnya dengan cek harga truk engkel bekas di Jawa Timur lalu membandingkan dengan daerah lain. Dengan mengetahui harga pasaran yang ada, anda tidak akan mudah tertipu.

  • Amati Bagian Eksterior Mobil

Kedua, cek bagian eksterior mobil terlebih lagi bagian bak truk. Pastikan bagian eksterior masih bagus, tidak ada karat dan juga tidak keropos.

  • Cek Performa Mesin

Ketiga, yang paling penting selain keadaan fisik, yaitu keadaan mesin. Pastikan performa mesin masih bagus, dan tidak pernah mengalami kendala sama sekali. Hal ini penting karena jika mesin mobil sudah tidak bagus anda akan mengalami kerugian nantinya.

  • Cermati Kelengkapan Surat-Surat Mobil

Amati juga kelengkapan surat dari mulai STNK, BPKB, faktur pembelian hingga surat-surat KIR kendaraan.

  • Cermati Bagian Interior

Bagian interior juga sangat penting untuk diamati. Interior yang masih bagus akan memberikan kenyamanan bagi si pengendara nantinya.

  • Lakukan Cek Fisik

Jika perlu lakukanlah cek fisik. Dengan cek fisik, anda dapat memastikan informasi yang terdapat di surat-surat kendaraan tersebut sesuai dengan yang sebenarnya tertera di mobil.

  • Perhatikan Asuransi

Jika mobil engkel yang akan anda beli memiliki asuransi, tentu hal ini akan lebih bagus. Anda tidak perlu khawatir akan nama kepemilikan mobil karena asuransi dapat dipindah tangankan.

Demikianlah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membeli mobil engkel murah. Membeli mobil engkel baru memang lebih baik, akan tetapi jika ternyata budget anda belum memenuhi maka menggunakan mobil bekas pun tidak ada salahnya. Walaupun bekas yang terpenting adalah mobil tersebut masih dapat digunakan sesuai kegunaanya secara maksimal.