Freight Forwarder Indonesia

0 33

Dibukanya perdagangan bebas antar negara membuat kegiatan ekspor impor semakin marak untuk dilakukan. Entah itu dilakukan oleh perusahaan berbadan hukum ataupun orang perorangan yang senang akan berbelanja barang dari luar negeri.

Kegiatan ekspor impor yang sedang marak di Indoensia ini memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis Freight Forwarder. Karena biasanya jasa Freight Forwarder digunakan pada saat pengiriman barang ekspor impor.

Freight Forwarder merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pelayanan pengurusan pengiriman dan penerimaan barang dari aktivitas ekspor impor. Freight Forwarder yang  juga dikenal sebagai shipping agent or carrier.

Saat ini, Freight Forwarder Indonesia telah berkembang pesat. Semakin banyak orang-orang kreatif yang terjun ke dalam bisnis ini. Apalagi ditambah dengan maraknya bisnis penjualan barang luar negeri di Indonesia yang dilakukan secara online.

Jasa yang ditawarkan oleh Freight Forwarder adalah jasa pengiriman barang dan penerimaan barang yang dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman udara ataupun laut yang digunakan untuk menjamin berlangsungnya kegiatan ekspor impor.

Cakupan menyeluruh dari jasa penerimaan dan pengiriman yang diberikan oleh Freight Forwarding diantaranya sebagai berikut:

  1. Penerimaan dan pengiriman. Cakupan utama dari adanya jasa pengurusan barang ini adalah penerimaan dan pengiriman barang. Penerimaan dilakukan apabila konsumen bertindak sebagai pembeli barang dari luar negeri. Sedangkan untuk pengiriman dilakukan apabila konsumen dari bertindak sebagai penjual barang ke luar negeri.
  1. Penyimpanan juga merupakan bagian dari pelayanan jasa pengurusan barang. Layanan penyimpanan biasanya diberikan pada saat barang belum diambil oleh konsumen. Selain itu, layanan penyimpanan juga diberikan pada barang sebelum barang tersebut diangkut ke dalam pesawat ataupun kapal laut.
  1. Beberapa perusahaan Freight Forwarder Indonesia menyediakan pelayanan sortasi. Sortasi merupakan pelayanan pemisahan produk sesuai dengan kualitas produk yang telah ditentukan.
  2. Layanan pengepakan juga diberikan oleh perusahaan jasa pengurusan barang ini. Layanan pengepakan ini biasanya ditujukan untuk barang-barang yang belum di-packing oleh si pengirim.
  3. Pengukuran atau penimbangan. Pengukuran atau penimbangan barang ini biasanya dilakukan untuk mengukur dan menimbang berat serta besarnya ukuran barang yang dikirim. Pengukuran dan penimbangan ini dilakukan untuk menentukan besarnya tarif pengiriman.
  4. Pengurusan penyelesaian dokumen. Penyelesaian dokumen berkaitan dengan penyelesaian dokumen pengiriman atu penerimaan barang yang berhubungan langsung dengan bagian ekspor impor dan bea cukai. Dengan adanya Freight Forwarder Anda tidak perlu repot mengurus dokumen ekspor impor karena memang pihak perusahaan yang membantu mengurus dokumen tersebut.
  1. Penerbitan dokumen angkutan. Penerbitan dokumen angkutan ini berkaitan dengan pengurusan dan penerbitan dokumen yang berkaitan dengan jenis alat transportasi yang Anda pilih untuk mengirimkan barang Anda.
  2. Perhitungan biaya pengiriman. Setelah tadi dilakukan pengukuran dan penimbangan barang, maka layanan Freight Forwarder selanjutnya adalah perhitungan biaya pengiriman, Perhitungan ini bisa dilakukan dengan konsultasi terlebih dahulu pada bagian operasional dari Freight Forwarder.
  1. Klaim asuransi barang. Layanan asuransi diberikan untuk menjamin keamanan dan keselamatan barang hingga ke tempat tujuan. Adanya layanan ini bertujuan agar menghindari kemungkinan terburuk akibat dari kerusakan barang pada proses pengiriman.
  2. Penyelesaian tagihan-tagihan yang berkenaan dengan proses pengiriman. Semua tagihan yang dikenakan pada barang biasanya sudah di-cover oleh Freight Forwarder. Pajak ekspor/impor yang dikenakan juga termasuk didalamnya.

Nah itu tadi ulasan singkat mengenai jasa pengurusan barang atau Freight Forwarder Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.