Tarif Ongkir Jasa Pengiriman Cargo Secara Umum

0 15

Layanan pengiriman barang telah menjadi layanan yang booming di masyarakat apalagi ditambah dengan ramainya kegiatan jual beli online yang kian marak. Untuk Anda yang akan menggunakan jasa pengiriman barang pasti berpikiran “berapa sih tarif pengiriman barang itu? Apakah mahal?”

Dengan teknologi yang semakin merambak luas keseluruh plosok negeri, Anda bisa menggunakan internet untuk mengecek tarif pengiriman barang. Karena untuk perusahaan besar yang memiliki web resmi pasti memiliki daftar tarif pengiriman barang yang bisa diakses secara online.

Akses tarif pengiriman secara online ini tentunya memudahkan setiap orang yang akan melakukan pengiriman barang untuk melihat tarif pengiriman tanpa harus datang ke kantor ekspedisi hanya untuk menanyakan tarif pengirimannya.

Sebenarnya untuk penentuan tarif ongkir dari barang yang Anda kirimkan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor mengenai. Penjelasan beberapa faktor yang mempengaruhi tarif pengiriman tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Berat paket. Berat paket merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tarif pengiriman, semakin berat paket yang Anda kirimkan, maka semakin mahal pula tarif pengiriman yang akan Anda tanggung.
  2. Jarak pengiriman. Perlakuan jarak pengiriman sama halnya dengan perlakuan dari berat pengiriman. Semakin jauh tempat pengiriman yang Anda tuju maka semakin mahal pula tarif pengiriman yang akan Anda bayar.
  3. Jenis layanan. Jenis layanan ini merupakan pilihan layanan yang Anda gunakan dalam proses pengiriman. Jika Anda memilih paket kilat yang dalam sehari bisa langsung sampai di tempat tujuan maka biaya pengiriman yang Anda tanggung akan semakin mahal.
  4. Jenis alat transportasi yang dipilih. Pilihan alat transportasi yang Anda gunakan untuk mengantarkan barang kiriman juga mempengaruhi besarnya tarif pengiriman yang akan Anda tanggung.

Misalnya jika Anda memilih menggunakan alat transportasi udara dibandingkan dengan alat transportasi darat maka biaya pengiriman yang akan Anda bayarkan akan lebih besar dibandingkan jika Anda menggunakan alat transportasi darat.

Keempat faktor ini bisa jadi kombinasi yang akan menentukan berapa tarif pengiriman yang akan Anda tanggung sebagai pihak dari si pengirim.

Secara umum ada tiga jenis tarif ongkir yang bisa digunakan acuan dalam penentuan biaya pengiriman yang harus dibayar si pengirim. Ketiga jenis ongkos kirim tersebut diantaranya, sebagai berikut.

  1. Ongkos Kirim Progresif. Ongkos kirim progresif merupakan jenis pennetuan tarif pengiriman berdasarkan berat barang yang dikirimkan secara flat. Artinya semakin berat barang yang dikirimkan maka semakin mahal ongkos kirim tersebut.
  2. Ongkos Kirim Regresif. Ongkos kirim progresif merupakan jenis tarif pengiriman yang menggunakan acuan tarif minimum (minimum charge).

Hingga berat yang ditentukan tarif pengirimannya tetap mengacu pada minimum charge dan berat lebihnya menggunakan tarif pengiriman lain yang lebih kecil.

  1. Ongkos Kirim Berdasarkan Volume (Volumetric). Penentuan ongkos kirim berdasarkan volume biasanya diterapkan pada barang yang memiliki volume besar namun dengan berat yang cenderung ringan.

Karena jika perusahaan jasa pengiriman menerapkan tarif pengiriman berdasarkan berat, maka perusahaan jasa pengiriman akan merasa dirugikan dengan lebar barang yang memakan tempat dengan resiko kerusakan yang lebih besar.

Oleh karena itu penggunaan penentuan tarif pengiriman berdasarkan volume (volumetric) sangat tepat untuk digunakan.

Itu tadi ulasan singkat mengenai tarif ongkir secara umum. Pada dasarnya tiap perusahaan jasa pengiriman memiliki tarif ongkir yang berbeda-beda. Semoga ulasan dalam artikel ini mampu menambah wawasan Anda mengenai penentuan tarif pengiriman yang ditentukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.