Syarat Dan Tips Naik Kendaraan Umum Selama New Normal

0 30

Cargo.id – Syarat Dan Tips Naik Kendaraan Umum Selama New Normal, Peraturan Mengenai transportasi umum di masa new Normal terus di persiapkan bagi masyarakat umum. Hal ini untuk menghindari adanya persebaran Covid-19 gelombang dua.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan masyarakat yang mau naik transportasi umum harus sehat dengan membuktikan suhu tubuh tidak di atas 38 derajat celcius.

“Masyarakat yang tidak sehat baik itu pada saat mau naik kendaraan, mungkin dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius tidak boleh kami lanjutkan perjalanan,” kata Budi melalui telekonferensi, Jumat (12/6/2020).

Lalu, penumpang wajib menggunakan masker baik itu saat sebelum naik transportasi umum, saat perjalanan dan setelah turun dari transportasi umum. Selama naik transportasi umum penumpang diimbau untuk tidak berbicara dan menjaga jarak satu sama lain dengan penumpang.

“Selama dalam perjalanan masih tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dengan penumpang yang lain,” tegasnya.

Baca juga : Transportasi Umum Perlu Pembaruan Di Masa New Normal

Penumpang disarankan untuk sesering mungkin cuci tangan terutama saat turun dari transportasi umum tersebut. Jika transportasi umum tersebut menyediakan pembelian tiket secara online, maka calon penumpang didorong untuk melakukan pembelian tiket secara online.

“Pembelian tiket harus sudah online. Kami harapkan dengan gadget yang ada bisa menggunakan online ticketing,” tegasnya.

Tips Naik Transportasi Online Selama New Normal

Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Penggunaan masker adalah hal yang wajib saat berkendara dengan orang lain. Kontaminasi atau paparan virus dapat terjadi ketika kita menyentuh kendaraan online yang tidak steril, setelah sebelumnya digunakan oleh orang lain. Maka dari itu usahakan untuk bisa menggunakan sarung tangan plastik dan juga ikuti aturan wajib menggunakan masker saat menggunakan transportasi online.

Gunakan Disinfektan & Jangan Menyentuh Apapun Dalam Kendaraan

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa virus Corona dapat bertahan di permukaan dalam waktu yang cukup lama. Jadi ada baiknya untuk membawa disinfektan cair dan menyemprotkan terlebih dahulu ke tempat duduk. Kemudian selalu ingat agar tidak terlalu banyak menyentuh apapun di dalam kendaraan tersebut.

Batalkan Pemesanan Jika Sedang Sakit atau Pengemudi Terlihat Sakit

Untuk kesehatan bersama, ada baiknya jika merasa tidak enak badan agar membatalkan pemesanan transportasi online tersebut dan meminta keluarga terdekat untuk mengantar. Hal yang sama juga dapat dilakukan, saat pengemudi terlihat sakit.

Itulah beberapa tips untuk tetap aman saat menggunakan transportasi online. Salah satu penyedia jasa transportasi online Grab Indonesia terus meningkatkan keamanan baik untuk penumpang maupun pengemudi di tengah pandemi. Dengan meluncurkan armada GrabCar Protect, protokol kesehatan dalam berkendara menjadi prioritas utama dari Grab Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.