Simak Cara Cek Harga Pengiriman Terbaru Pos Indonesia

Cek Harga Pengiriman Pos Indonesia – Mengantisipasi ketatnya bisnis ekspedisi beberapa tahun terakhir, mendorong PT Pos Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh konsumen di tanah air. Jika jasa ekspedisi milik BUMN ini dulu hanya menawarkan layanan sebatas pengiriman surat, kini Pos Indonesia juga melayani pengiriman berupa paket barang atau dokumen.

Adapun 2 layanan terbaru yang kini tengah disosialiasikan oleh PT Pos Indonesia adalah Pos Kilat Khusus serta Pos Express. Untuk layanan Pos Kilat Khusus menawarkan paket kiriman sampai di alamat yang dituju maksimal 2 hari (tujuan ibukota provinsi) serta 4 hari (tujuan ibukota kabupaten).

Jika dibanding jasa ekspedisi yang lain, tarif Pos Kilat Khusus terbilang jauh lebih rendah. Dengan tarif yang kompetitif, saat ini layanan Pos Kilat Khusus sudah menjangkau lebih dari 180 kota atau kabupaten di tanah air.

Sementara ini layanan yang kedua yakni Pos Express dibedakan menjadi 2 sub-layanan yaitu Sameday Service dan Next Day Service. Layanan Sameday Service menawarkan paket kiriman tiba di alamat tujuan di hari yang sama. Sementara Next Day Service menawarkan paket kiriman sampai 1 hari berikutnya. Layanan Pos Express kini diklaim telah menjangkau lebih dari 48 kota dan kabupaten serta cakupan regional lebih dari 200 kota.

Terintegrasi dengan Teknologi Terkini

Berbeda dari zaman dulu, saat ini layanan Pos Indonesia telah terintegrasi dengan teknologi, termasuk cara cek harga pengiriman. Kemudahan cek ongkos kirim sendiri bisa dilakukan dengan mengakses website resmi PT Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id.

Langkah ini memudahkan bagi para konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan informasi harga pengiriman via telepon atau email. Cukup dengan PC, tablet, atau smartphone semua informasi terkait tarif Pos Indonesia sangat mudah didapatkan.

Cara Cek Harga Pengiriman Pos Indonesia

Cara cek harga pengiriman paket secara detail cukup dengan meng-input informasi dan data paket kiriman pada kolom-kolom yang disediakan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Silakan masuk ke situs web Pos Indonesia posindonesia.co.id kemudian klik “Kiriman Pos” yang terdapat pada kolom sebelah kanan yang bertuliskan “TARIF”. Silakan tunggu beberapa saat hingga anda dialihkan pada halaman baru.
  • Jika halaman baru sudah terbuka, anda akan melihat sebuah kolom besar tepat di tengah-tengah halaman dengan tulisan “Tarif Kiriman Pos”. Berikutnya masukkan informasi yang diminta dengan benar pada tiap-tiap kolom. Pada kolom “Asal” masukkan informasi valid nama kecamatan / kota / kode pos dari asal pengiriman. Sementara pada kolom “Tujuan” masukkan nama kecamatan / desa tujuan.
  • Pada kolom “Berat” juga wajib diisi dengan berat aktual paket kiriman dengan satuan gram (gr). Contoh, jika berat paket yang anda kirimkan 2 kg maka pada kolom tersebut harus anda tulis 2000 gr.
  • Untuk kategori paket kiriman dengan dimensi besar masukkan panjang paket pada kolom “Panjang”, lebar paket pada kolom “Lebar” dan tinggi paket pada kolom “Tinggi”. Baik panjang, lebar maupun tinggi harus menggunakan satuan centimeter (cm). Pada kolom “Nilai Barang (Rp)” anda bisa mengosongkannya.
  • Berikutnya masukkan kode keamanan yang diminta sesuai gambar (angka / huruf) yang ada pada kolom yang sudah disediakan. Jika kode yang dimasukkan sudah benar, langkah terakhir anda tinggal klik tombol “Cari Tarif” warna oranye. Sistem secara otomatis akan memproses permintaan anda. Tunggu hingga tarif layanan Pos Indonesia yang anda inginkan muncul di halaman bagian bawah.

 

Kemudahan cara cek harga pengiriman Pos Indonesia ini sebagai langkah positif PT Pos Indonesia untuk memberi layanan maksimal pada konsumen. Selain tentunya sebagai salah satu langkah preventif untuk “mengamankan” pelanggan dari dominasi beberapa perusahaan jasa ekspedisi swasta.