Kiat Memilih Jasa Sewa Dump Truck Murah

Sewa Dump Truck Murah Jakarta
0 39

Sewa Dump Truck Murah – Kapasitas atau daya tampung yang lebih besar menjadikan dump truck sebagai pilihan utama armada pengangkutan barang saat ini. Pengangkutan berbagai jenis bahan bangunan seperti semen, pasir, juga barang hasil industri dalam skala besar memang lebih praktis jika menggunakan dump truck. Selain praktis juga lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga.

Pembangunan diberbagai sektor yang membutuhkan material bahan bangunan dalam jumlah besar merupakan pemicu maraknya bisnis jasa sewa dump truck baik sewa dump truck harian, mingguan atau bahkan bulanan. Bahkan untuk memenangkan rivalitas antar sesama pebisnis banyak yang penyedia jasa yang menerapkan tarif sewa dump truck murah atau promo-promo di waktu-waktu tertentu.

On High Way Dump Truck dan Off High Way Dump Truck

Terlepas dari perusahaan jasa yang menerapkan sewa dump truck murah, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terkait jenis atau golongan dump truck dan fungsinya masing-masing. Ini penting supaya jika sewaktu-waktu membutuhkan armada ini kita bisa mendapatkan sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

Pengertian secara singkat, dump truck termasuk salah satu alat untuk memindahkan material dari jarak menengah hingga jarak jauh (diatas 500 meter). Untuk pengisiannya dilakukan dengan bantuan alat pemuat (loader), sementara alat ini dapat bekerja sendiri untuk proses pembongkaran muatan.

Jika ditinjau dari kapasitas muatannya, kendaraan dump truck dibagi menjadi 2 golongan. Yang pertama dump truck dengan muatan dibawah 20 m3 atau disebut On High Way Dump Truck. Sedangkan yang kedua disebut Off High Way Dump Truck dengan kapasitas diatas 20 m3. Jika kendaraan ini difungsikan sebagai alat pengangkut kayu biasanya sering disebut Logging Truck.

Dump truck untuk jenis On High Way Dump Truck beberapa diantaranya menggunakan four wheel drive atau penggerak roda bagian depan dan belakang. Meski begitu ada juga yang hanya menggunakan sistem rear wheel drive atau penggerak roda tunggal di bagian belakang.

Pemilihan Dump Truck Terbaik

Bukan hanya patokan harga sewa dump truck murah namun ada sejumlah hal yang perlu dicermati sewaktu kita memilih jasa sewa alat angkut ini. Kapasitas dump truck yang dipilih setidaknya harus berimbang dengan loader atau alat pemuatnya. Apabila perbandingannya kurang proporsional maka kemungkinan besar loader lebih banyak menunggu atau bahkan sebaliknya.

Dalam hal ini perbandingan yang dimaksud adalah perbandingan kapasitas dump truck dan kapasitas loader yaitu 4-5 : 1. Disini dapat diartikan kapasitas dump truck 4-5 kali lebih besar dari kapasitas loader. Nantinya perbandingan ini akan mempengaruhi loading time atau waktu pemuatan barang.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh jika menyewa dump truck ukuran kecil ataupun ukuran besar. Berikut ini perbandingannya.

  • Keuntungan Dump Truck Ukuran Kecil
  1. Lebih lincah dalam bermanuver saat dioperasikan
  2. Pengoperasiannya lebih mudah
  3. Untuk pengangkutan jarak dekat jauh lebih fleksibel
  4. Lebih mudah menyesuaikan dengan kemampuan loader
  5. Apabila salah satu truk dalam unit angkutan tidak mampu bekerja maka tidak akan berpengaruh pada total produksi
  • Keuntungan Dump Truck Ukuran Besar
  1. Jika beban yang dimuat kapasitasnya sama dengan truk kecil maka jumlah unit dump truck besar yang dioperasikan jauh lebih sedikit
  2. Crew pengoperasian atau sopir yang dibutuhkan juga lebih sedikit
  3. Proses pemuatan barang dari loader bisa dilakukan lebih mudah sehingga lebih efisien waktu

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa memang sudah pada tempatnya kita memilih jasa sewa dump truck murah. Namun begitu untuk lebih hemat waktu dan biaya sebaiknya kita perhatikan kapasitas dump truck yang kita sewa untuk kemudian disesuaikan dengan jumlah atau volume barang yang akan kita angkut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.