Kiat Membangun Bisnis Sewa Mobil Box

Sewa Mobil Box
0 52

Lalu lintas pengiriman barang yang kian meningkat di kota-kota besar membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk membuka jasa sewa mobil box. Kondisi ini bisa kita lihat dari banyaknya pebisnis mandiri, UKM, dan jasa pengiriman barang yang lalu lalang mendistribusikan barang yang di order konsumen. Bisa saja dari beberapa pelaku bisnis tersebut memiliki mobil box sendiri. Namun banyak juga yang justru memilih menyewa karena tidak mau ribet dengan perawatan mobil atau gaji driver.

Dilihat dari konstruksinya, mobil box memang layak diandalkan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. Selain ruang yang cukup lega, kerangka dan kap mobil box dibuat dari baja dan alumunium anti-karat lengkap dengan tulangan besi solid. Desain box yang tertutup rapat memberi jaminan keamanan apapun barang didalamnya.

Sewa Mobil Box Murah
Sewa Mobil Box Murah (Ilustrasi)

Tips Membuka Usaha Sewa Mobil Box

Membuka usaha sewa mobil box membutuhkan kiat-kiat khusus. Ini penting terutama bagi pemula supaya bisnis yang dikelola tak hanya jalan di tempat. Berikut ini yang tips khusus yang harus diperhatikan.

  1. Administrasi Rental Sehat dan Profesional

Untung rugi adalah hal biasa dalam dunia bisnis, begitu juga dengan bisnis rental mobil box. Namun kemungkinan kerugian dan segala resiko buruk lainnya dapat diminimalkan jika perusahaan memiliki sistem administrasi yang baik dan profesional. Intinya pengelolaan administrasi sehat dan rapi mampu membuat Anda ‘menikmati’ bisnis dengan nyaman. Contoh pengelolaan administrasi yang baik salah satunya membuat check list setiap kali melakukan transaksi.

  1. Memperketat Persyaratan Sewa

Resiko tinggi harus ditanggung perusahaan jasa sewa mobil box jika tidak menerapkan persyaratan-persyaratan khusus bagi penyewa. Harus diingat, kelonggaran persyaratan justru meningkatkan resiko penyalahgunaan mobil yang disewakan. Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut perlu diterapkan persyaratan yang ketat saat transaksi peminjaman, diluar persyaratan umum seperti KTP asli dan Kartu Keluarga.

  1. Pasang Alat Pelacak

Meskipun yang disewakan kali ini hanya mobil box, bukan mobil mewah, namun tak ada salahnya membekali dengan sistem keamanan tingkat tinggi.  Salah satu cara untuk meminimalkan tindak pencurian bisa dengan memasang alat pelacak pada mobil box yang disewakan. Dengan demikian Anda dapat memantau dimana lokasi mobil berada. Mungkin butuh dana cukup besar untuk pengadaan alat pelacak ini namun hasilnya sebanding dengan jaminan keamanan yang diberikan.  Sewa Mobil Box

  1. Kenali” Calon Penyewa

Anda punya hak menilai calon penyewa setiap kali melakukan transaksi. Penilaian yang dimaksud termasuk pengamatan dari caranya berbicara, juga dari bahasa tubuhnya. Anda juga wajib menanyakan alasan atau tujuan menyewa mobil. Dari penilaian yang dilakukan Anda dapat menyimpulkan sendiri apakah transaksi sewa akan dilanjutkan atau tidak. Selain standar keamanan tinggi, feeling juga turut andil untuk keberlangsungan rental mobil box yang Anda kelola.

  1. Menjadi Member Asosiasi Jasa Sewa Mobil

Menjadi anggota asosiasi jasa sewa mobil memiliki banyak manfaat termasuk meminimalisir tindak kejahatan. Asosiasi seperti ini selalu ada disetiap kota sehingga sangat mudah untuk menjalin persahabatan. Ini karena biasanya asosiasi rental mobil terintegrasi langsung dengan POLRI. Tentunya ini sangat penting mengingat cukup marak kasus penipuan kejahatan pada pengendara di jalanan, tak terkecuali mobil box.

Jika dilihat dari tips-tips diatas sebenarnya tidak terlalu sulit merintis usaha jasa sewa mobil. Dalam bisnis seperti ini tak cukup dengan tekad dan semangat juang tinggi namun juga harus menguasai sistem manajemen juga administrasi yang baik dan profesional. Jangan lupa, modal besar juga menjadi  bagian terpenting dalam bisnis seperti ini, artinya telah menanti resiko untung rugi yang bisa terjadi kapan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.