Keunggulan Truk Box dan Wing Box

Truk Box
0 131

Baik truk box maupun wingbox merupakan jenis kendaraan yang khusus digunakan sebagai kendaraan pengangkut untuk mendistribusikan barang antaran (delivery). Semua barang yang akan diangkut dimasukkan dalam box kokoh yang terbuat dari besi, alumunium atau baja. Box yang didesain tertutup otomatis membuat barang-barang didalamnya terlindungi dari panas maupun hujan. Satu lagi,karena terletak dalam box tertutup maka barang-barang yang diangkut lebih aman dari pencurian.

Beberapa jenis kendaraan box dan wingbox saat ini sudah dilengkapi dengan pendingin (freezer). Kendaraan ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang terutama bahan makanan segar seperti buah, daging, dan sayuran.

Jenis-jenis Kendaraan Truk Box dan Wingbox

Di Indonesia sendiri jenis kendaraan box atau wingbox banyak dioperasikan oleh berbagai perusahaan jasa ekspedisi. Kapasitasnya yang melebihi kendaraan biasa membuat jenis truk box lebih praktis karena mampu mengangkut barang dalam jumlah banyak sekaligus. Dengan kapasitas besar tentunya lebih hemat biaya operasional, juga lebih irit konsumsi bahan bakar.
Adapun jenis kendaraan truk box dan wingbox yang dimiliki jasa ekspedisi terdiri dari beberapa jenis dan varian, mulai dari ukuran paling kecil hingga paling besar. Berikut ini beberapa varian dan tipe truk box yang paling banyak beroperasi di berbagai daerah di Indonesia:

1. Truk Box engkel dengan 4 roda
2. Truk Box dan Wingbox dobel engkel 6 roda
3. Truk Box dan Wingbox Ranger engkel box 6 roda
4. Truk box Box dan Wingbox tronton 10 roda

Truk Box Besar
Truk Box Besar (ilustrasi)

Keistimewaan Kendaraan Truk Box dan Wingbox

Truk box wingbox memiliki keistiemewaan jika dibandingkan jenis alat transportasi delivery lainnya. Truk box ukurannya sangat besar sehingga menjadi pilihan tepat untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. Jika dioperasikan untuk bisnis jasa ekspedisi tentu saja sangat cocok karena kabin atau ruangan dalam box mampu menampung banyak barang. Hanya dengan sekali jalan dipastikan mampu mendistribusikan barang ke berbagai tempat sehingga perusahaan dapat menghemat pengeluaran dana untuk bahan bakar. Truk Box

Khusus untuk truk wingbox, jenis truk box yang satu ini sangat praktis karena bisa dibuka melalui 3 titik sekaligus yaitu dari bagian belakang, samping kanan dan samping kiri. Dengan adanya sistem bukaan 3 tempat tersebut tentu bongkar muat barang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Jika aktivitas bongkar muat bisa dilakukan dengan cepat otomatis juga lebih hemat waktu.

Namun ukurannya yang besar ternyata bukan hanya menguntungkan namun juga merupakan sisi kelemahan truk box. Karena ukurannya ini biasanya jenis truk box hanya diizinkan melintas jalan golongan A atau jalan-jalan protokol saja. Selain untuk mendistribusikan barang dari pabrik langsung ke distributor, truk box wingbox biasanya juga digunakan sebagai armada untuk mengirimkan barang antar pulau via jalur darat.
Keistimewaan lainnya, truk wingbox dapat diandalkan untuk mengangkut barang yang menuntut keamanan tingkat tinggi. Hal ini karena bak didesain bentuk box tertutup sehingga keamanan barang-barang didalamnya lebih terjamin. Jika dibandingkan dengan kendaraan pengangkut lain terutama bak terbuka (pickup), harga sewa truk box sedikit lebih mahal. Namun itu sebanding dengan kapasitas dan keamanannya.

Beragam keunggulan dan keistimewaan mobil truk box menjadikan jenis kendaraan ini opsi utama para pelaku bisnis jasa ekspedisi. Tenaga mesinnya yang tangguh dan stabil tentu bukan hal yang sulit untuk menaklukkan perjalanan jauh bahkan dalam kondisi infrastruktur buruk sekalipun. Bahan bakarnya yang mayoritas menggunakan solar sangat menguntungkan karena bahan bakar solar lebih hemat, disamping harganya juga lebih murah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.