Keunggulan Mobil Colt Diesel dan Cara Perawatannya

Colt Diesel 4x4
0 63

Kendaraan jenis colt diesel paling banyak digunakan untuk mengangkut muatan berkapasitas besar. Mobil jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan jasa ekspedisi untuk mendistribusikan barang melalui jalur darat. Ketangguhan mesin dan performa yang stabil menjadikannya alat transportasi andalan bahkan untuk medan yang sangat sulit.

Salah satu contoh mobil jenis colt diesel yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis adalah Mitsubishi L300. Produk andalan dari raksasa otomotif Mitsubishi ini sudah tidak perlu diragukan lagi dalam menaklukkan segala medan jalan. Mobil ini mudah kita jumpai di sepanjang jalan yang biasanya sarat dengan muatan. Jenis mobil colt diesel sendiri memang didesain untuk mengangkut barang sehingga dirancang seperti halnya mobil bak terbuka (mobil pickup).

colt diesel
Colt Diesel

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Colt Diesel

Sebagai kendaraan berbahan bakar solar mobil colt diesel memiliki kelebihan dan kekurangan. Konsumsi bahan bakarnya sendiri bisa dikatakan cukup irit dan stabil. Karena menggunakan bahan bakar solar maka kendaraan colt diesel cukup kokoh dan bertenaga ketika melaju di medan jalan yang menanjak sekalipun. Mesin kendaraan ini hampir mirip dengan truk sehingga tenaga yag dihasilkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin.

Yang menjadi kekurangan mobil colt diesel yaitu akselerasinya kurang nendang, juga getaran yang dihasilkan terdengar lebih kasar. Hal ini tak lepas dari bahan bakar solar yang digunakan. Namun mulai tahun 2011 hampir semua produk mobil bermesin diesel mulai mengantisipasi kekurangannya secara siginifikan. Akselarasinya lebih mantap dan getarannya tidak terlalu bising, disamping juga emisi gas yang dikeluarkan tidak begitu pekat dan hitam. colt diesel

Tips Merawat Mesin Colt Diesel

Untuk menjaga performa mobil colt diesel tetap stabil dan bertenaga dibutuhkan cara perawatan yang benar. Berikut cara merawat mesin colt diesel yang perlu Anda ketahui:

  1. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Dengan memanaskan mesin colt diesel minimal 10 menit akan membantu pelumasan pada seluruh komponen mesin. Memanaskan mobil secara rutin juga meminimalkan terjadinya “kaget” sewaktu komponen-komponen mesin saling bergesekan.

  1. Ganti Fiter Solar Secara Berkala

Tips yang kedua ini cukup krusial untuk menjaga mesin colt diesel tetap awet dan bertenaga. Dengan mengganti filter solar secara rutin dapat mencegah kotoran yang masuk kedalam mesin lebih banyak lagi. Cara ini harus dibarengi dengan membersihkan mesin secara teratur agar performanya tetap stabil.

  1. Gunakan Hanya Oli Mesin Sesuai Jenis Diesel

Untuk menjaga kinerja mesin diesel tetap stabil gunakan hanya mesin sesuai jenis mesin diesel yang ada pada mobil. Pengaruh oli pada mesin sangat signifikan karena mempengaruhi sistem kerjanya. Oleh karena itu harus dipilih oli yang tepat.

  1. Jangan Mengosongkan Tangki Solar

Biasakan untuk menjaga tangki solar tidak sampai kosong. Jika solar sudah sangat minim segera lakukan pengisian bahan bakar. Jika tangki solar sering kosong pada saat mesin dioperasikan bisa memicu pengembunan yang dapat merusak bagian filter solar.

  1. Gunakan Jenis Solar Terbaik

Untuk menjaga mesin colt diesel tetap bersih dan awet sebaiknya selalu menggunakan solar dengan kualitas terbaik. Salah satu yang mungkin direkomendasikan adalah Solardex. Produk dari Pertamina ini cukup bisa diandalkan dan aman digunakan untuk semua jenis mesin diesel.

  1. Jangan Langsung Mematikan Mesin

Hindari langsung mematikan mesin setelah digunakan. Minimal biarkan tetap menyala selama 5 menit baru kemudian dimatikan. Dengan cara ini suhu komponen pada mesin perlahan akan menurun sehingga mesin tidak cepat rusak.

Performa mesin colt diesel memang terkenal lebih tangguh dan bertenaga. Namun untuk menjaga performanya, pengguna harus memahami cara merawatnya. Semoga Bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.