Jasa Cargo Udara di Bandara Yogyakarta

Pengiriman barang dengan menggunakan jalur udara atau yang biasa dikenal dengan cargo udara adalah pengiriman barang yang dilakukan dengan menggunakan pesawat baik itu jenis pesawat komersial ataupun pesawat cargo.

Saat ini pengiriman barang dengan menggunakan jalur udara semakin di minati. Hal ini disebabkan karena kecepatan pengiriman dengan menggunakan jalur udara lebih unggul jika dibandingkan dengan pengiriman jalur lainnya.

Pengiriman melalui jalur udara ini juga dilakukan di Bandara Halim Perdana Kusuma. Bandara yang berada di Yogyakarta ini melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan jasa pengiriman untuk melakukan pengiriman barang dengan maskapai yang ada di Bandara.

Sama halnya dengan Bandara lainnya, Bandara adi sucipto juga menyediakan berbagai berbagai maskapai penerbangan untuk pengangkutan barang.

Pengiriman jasa cargo udara biasanya dilakukan dengan menggunakan tiga pesawat udara. Ketiga jenis pesawat udara, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pesawat penumpang sipil. Kargo udara dengan menggunakan pesawat penumpang sipil biasanya diangkut dengan memanfaatkan ruang sisa yang ada pada bagian perut pesawat yang tidak digunakan sebagai tempat meletakkan bagasi penumpang. Praktik pengiriman ini biasanya dikenal dengan menggunakan maskapai sipil yang digunakan untuk mengangkut kargo tambahan yang dilakukan dengan menggunakan penerbangan terjadwal.
  1. Pesawat Kargo. Kargo udara juga dilakukan dengan menggunakan pesawat yang khusus mengangkut barang. Barang yang akan diangkut dan diletakkan pada bagian utama dek dan bagian dalam pesawat. Biasanya pengangkutan ini dilakukan dengan mengangkat barang melalui hidung pesawat cargo atau bagian samping dari pesawat.
  1. Pesawat Terbang Kombi. Pengiriman barang dengan menggunakan pesawat terbang kombi hampir mirip dengan pesawat penumpang sipil. Keduanya sama-sama menggunakan pesawat yang mengangkut penumpang.

Namun yang membedakan adalah barang yang akan diangkut diletakkan diatas bagian utama dek di belakang area penumpang. Dan barang diangkut melalui bagian samping dan bagian dalam pesawat.

Untuk melakukan pengiriman barang dengan menggunakan cargo udara dapat dilakukan dengan memenuhi prosedur cargo udara. Ada dua prosedur cargo udara yang harus dipenuhi dakam melakukan pengiriman barang dengan jalur udara, yaitu:

Pertama. Prosedur pengiriman barang. Dalam prosedur ini Anda harus mengantarkan barang kiriman Anda menuju kantor cargo. Di kantor cargo barang kiriman Anda akan diperiksa dan ditimbang beratnya.

Dan setelah itu barang akan diletakkan di gudang cargo sambil menunggu barang kiriman di naikkan ke pesawat yang akan digunakan untuk mengirim barang.

Dan saat barang tiba bandara yang menjadi tujuan pengiriman, barang akan disimpan di gudang pengiriman yang telah disediakan kantor cargo.

Kedua. Prosedur pengeluaran barang. Saat barang sampai di Bandara yang menjadi tempat tujuan pengiriman, si penerima barang akan menerima informasi kedatangan barang. Setelah itu si penerima akan menerima AWB dari kantor cargo.

AWB ini digunakan sebagai persetujuan pengambilan barang yang dilakukan oleh pihak Bea Cukai. Dalam prosedur ini si penerima wajib membayarkan sejumlah uang untuk melunasi pajak atau tagihan lain yang dikenakan atas barang kiriman.

Nah, itu tadi prosedur yang harus dilakukan untuk melakukan pengiriman barang dengan menggunakan cargo udara. Bagi Anda yang akan melakukan pengiriman barang dengan cargo udara maka bisa menerapkan prosedur cargo diatas.

Demikian ulasan singkat mengenai jasa cargo udara yang ada di Bandara Yogyakarta dan prosedur yang dilakukan untuk melakukan pengiriman barang dengan menggunakan cargo udara. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.