cargo bandara

4 Langkah Mudah Mengirimkan Barang Melalui Cargo Bandara

Cargo Bandara—Cargo adalah sebutan untuk barang yang dikirimkan melalui transportasi udara, laut ataupun darat. Maksud atau tujuannya untuk diperjual belikan baik itu sekadar antar wilayah dalam negeri maupun antar negara seperti ekspor-impor.

Cargo yang dikirimkan melalui udara akan masuk kedalam pesawat yang memang khusus untuk mengantarkan barang, bukan pada pesawat komersial pengangkut orang. Pengiriman cargo melalui udara bisa melalui jasa cargo bandara, melalui maskapai penerbangan ataupun melalui agen cargo ( freight forwarder ). Biasanya barang cargo sebelum dikirim akan dikemas terlebih dahulu dengan kemasan yang disebut dengan pallet.

Perkembangan Cargo Bandara

Saat ini jasa pengiriman cargo menunjukan perkembangan yang signifikan. Tidak hanya cargo via laut saja, akan tetapi cargo bandara pun mengindikasikan perkembangan yang sangat menggembirakan. Kini semakin banyak perusahaan baik itu yang bertaraf nasional maupun yang bertaraf internasional seperti Federal Express, UPS, dan DHL ikut menyemarakkan persaingan perusahaan jasa cargo tanah air.

Cargo Bandara Soetta
Cargo Bandara Soetta

Berbagai perusahaan maskapai penerbangan pun memiliki unit usaha pengiriman cargo tersendiri, seperti Garuda, Singapore Airlines dan lain sebagainya. Tentunya ongkos kirim kargo pesawat berbeda dengan ongkos kirim cargo via laut.

Ruang Lingkup Agen Cargo Bandara

Secara umum, agen cargo di bandara dibagi menjadi dua bagian yaitu agen cargo domestik dan juga agen cargo internasional.

  • Agen SMU Maskapai Domestik

Agen cargo domestik yaitu agen yang secara khusus ditunjuk oleh maskapai penerbangan untuk menjual SMU atau Surat Muatan Udara. Adapun agen SMU dengan maskapai domestik tersebut diantaranya adalah

  1. Agen SMU Garuda Indonesia
  2. Agen SMU Citilink
  3. Agen SMU Sriwijaya Air
  4. Agen SMU Air Asia
  5. Agen SMU Lion Air
  6. Agen SMU Halim
  • Agen Maskapai Internasional

Berbeda dengan agen maskapai yang menjual SMU, agen maskapai internasional harus menggunakan AWB atau Airwaybill untuk pengiriman cargo internasional. Adapun agen-agen cargo tersebut diantaranya adalah

  1. Agen Eva Air ( BR )
  2. Agen KLM
  3. Agen Singapore Airlines ( SQ )
  4. Agen Malaysian Air ( MH ) dan lain sebagainya.

Barang Yang Dapat Dikirim Melalui Cargo Bandara

Hampir semua barang dapat dikirim dengan menggunakan cargo udara, asalkan barang tersebut bukanlah barang yang mudah terbakar seperti kembang api ataupun petasan. Bahkan beberapa barang yang sering ditolak jasa expedisi seperti pengiriman hewan hidup, tumbuhan, ikan frozen, berbagai cairan termasuk makanan olahan dapat dikirim menggunakan cargo.

Cara Mengirim Barang Melalui Cargo Bandara

Prosedur pengiriman barang melalui cargo udara sangatlah mudah. Yang harus anda lakukan adalah

  1. Mendatangi kantor bagian cargo dengan membawa barang untuk ditimbang dan diperiksa serta dilakukan packing.
  2. Dibuatkan SMU atau AWB
  3. AWB dan barang kemudian akan dibawa ke bagian pabean untuk diperiksa dan disetujui. Jika sudah barang siap untuk dikirim.
  4. Sebelum dikirim sembari menunggu waktu penerbangan, barang akan disimpan di gudang sementara.

Cara mengambil barang di kargo bandara juga sangatlah mudah. Yang harus anda lakukan adalah

  1. Setelah barang diturunkan dari pesawat, selanjutnya anda sebagai penerima akan mendapatkan surat pemberitahuan tentang adanya barang kiriman atau yang disebut dengan Notice Arrival.
  2. Selanjutnya anda harus mendatangi kantor bagian cargo atau agen yang mengirim surat pemberitahuan tersebut untuk selanjutnya mengambil AWB.
  3. Setelah itu anda harus mendatangi kantor pabean untuk mendapatkan persetujuan pengeluaran barang dari gudang.
  4. Setelah semua barang diperiksa oleh pihak pabean dan segala administrasi telah diselesaikan, maka anda sudah dapat membawa pulang barang kiriman tersebut.

Dengan adanya cargo bandara, kini pengiriman barang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Dengan sendirinya kegiatan pengiriman barang dari atau ke luar negeri semakin mudah dilakukan.