Mobil Rental Jakarta

Inilah Langkah Memulai Bisnis Mobil Rental Yang Menggiurkan

Salah satu jenis bisnis yang tidak pernah sepi, bahkan semakin bertambah dari tahun ke tahun adalah bisnis mobil rental. Bisnis merentalkan mobil menjadi bisnis yang sangat menggiurkan, terlebih lagi jika anda berdomisili di kota-kota yang memiliki destinasi wisata yang banyak seperti Jogjakarta dan Bali.

Sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, bisnis mobil rental memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Selain itu juga memberi kemudahan, baik untuk si empunya bisnis maupun untuk si calon konsumen. Contohnya saja, cukup dengan mengetikan keyword sewa mobil di jogja murah di mesin pencari, anda akan dengan mudah mendapati ratusan pengusaha yang menyediakan jasa mobil rental dengan harga yang bersaing.

Mobil Rental, Bisnis Yang Tetap Prospektif

Bisnis satu ini akan tetap prospektif selama masyarakat masih membutuhkan kendaraan untuk bepergian. Oleh karena itu, tidak jarang para pengusaha rental mobil yang telah lama berkecimpung dalam bisnis ini kini mulai melebarkan sayapnya dengan membuka mitra usaha persewaan mobil.

Mitra bisnis ini bentuknya bervariasi, ada yang berupa bisnis unit, yaitu si pengusaha hanya menyediakan mobil saja sedangkan anda membuka jasa persewaan dengan nama sendiri, dan ada pula yang berupa bisnis franchise.

Mobil Rental Bulanan
Mobil Rental Bulanan

Bagaimana Memulai Bisnis Mobil Rental?

Seperti halnya sebuah pepatah yang mengatakan bahwa bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai, bukan hanya dibicarakan terus menerus. Jadi hal pertama untuk memulai bisnis rental mobil adalah memiliki tekad yang kuat untuk memulainya. Setelah itu barulah menyediakan modal dan menyusun strategi berbisnis. Strategi yang harus disusun ketika memulai bisnis satu ini adalah :

  1. Carilah mobil yang memiliki biaya perawatan paling minim dan juga harga suku cadang yang paling murah serta mudah ditemukan. Hal ini penting untuk menekan biaya operasional.
  2. Cermati juga jenis mobil yang banyak menjadi favorit masyarakat. Biasanya mobil yang paling banyak dicari adalah mobil berjenis SUV ataupun mobil-mobil keluarga yang memiliki kursi cukup banyak.
  3. Pilih lokasi bisnis yang strategis dan mudah dijangkau.
  4. Untuk mengurangi resiko kerugian, baiknya anda mengasuransikan kendaraan-kendaraan anda.
  5. Selain asuransi, untuk menjaga keamanan mobil-mobil anda dari pencuri dengan modus merental mobil, maka siapkan pula sistem administrasi yang lengkap dan detail. Dengan begitu, data konsumen dan kondisi kendaran dapat senantiasa anda pantau.
  6. Jika anda juga menerima jasa sewa mobil dengan sopir, siapkan sopir yang kredibel, tertib di jalan, bertanggung jawab dan memiliki lisensi mengemudi yang baik.
  7. Bangun jaringan bisnis anda dengan mengikuti berbagai macam seminar bisnis serta hitung modal dan keuntungan yang akan didapat nantinya.

Seberapa Besar Keuntungan Mobil Rental?

Untuk menghitung keuntungan yang didapatkan dari rental mobil, tentunya anda harus menghitung hal-hal yang berkaitan dengan modal, seperti pemilihan mobil baru atau bekas. Jika anda memilih membeli mobil baru, anda membeli mobil tersebut dengan cash atau kredit?

Tentunya semua itu akan berpengaruh pada keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Selain itu juga anda harus menghitung biaya operasional selama bisnis berjalan seperti harga 1 pasang ban, harga ganti oli dan lain sebagainya.

Apa Hal Yang Menghambat Bisnis Mobil Rental?

Setiap bisnis pastilah ada hambatan dan tantangannya tersendiri. Hal-hal yang biasa hadir dalam bisnis rental mobil ialah mobil hilang dibawa kabur pelanggan, mobil rusak atau lecet karena kecelakaan, dan juga ada kalanya bisnis sepi penyewa,

Walaupun bisnis mobil rental adalah bisnis yang prospektif, namun tidak sedikit pengusaha rental mobil yang gulung tikar karena kesalahan strategi bisnis. Maka dari itu untuk menaikan keuntungan anda juga dapat membuat binis ini berjalan 24 jam seperti halnya rental mobil jogja 24 jam. Semoga membantu.