Harga Dry Box Terlalu Mahal? Bikin Sendiri Saja. Begini caranya!

Harga Dry Box – Dry Cabinet atau lebih populer dengan sebutan Dry Box adalah sebuah wadah / tempat yang biasanya digunakan oleh fotografer untuk menyimpan berbagai alat fotografi seperi kamera, lensa, filter, baterai, flash, dan vertical grip. Alat ini dibuat sedemikian rupa sehingga kelembaban didalamnya tetap terjaga sehingga semua peralatan didalamnya tidak mudah rusak.

Terlepas dari fungsi Dry Box diatas, komponen dari perangkat ini terdiri atas Electronic Dry Unit dan Digital Higrometer, serta cabinet (box) itu sendiri. Bagian Electronic Dry Unit difungsikan untuk mengatur kelembaban dalam ruangan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan berikutnya.

Sementara fungsi Digital Higrometer adalah untuk mengetahui tingkat kelembaban dalam ruang cabinet / box. Yang dimaksud kelembaban disini yaitu presentasi besaran air dalam udara. Umumnya kelembaban ini berkaitan dengan suhu, dimana semakin rendah suhu maka nilai kelembabannya semakin naik.

Presentasi Kelembaban Ideal Dry Box

Untuk menyimpan kamera beserta perangkat pendukungnya, kondisi ideal kelembaban dalam box yaitu antara 55% – 45%. Kelembaban tersebut harus dijaga karena badan kamera dan lensa sangat sensitif terhadap suhu. Intinya semakin lembab suhu udara bodi kamera maupun lensa akan mudah ditumbuhi jamur. Jika muncul jamur pada keduanya maka perangkat vital tersebut tidak mampu bekerja secara maksimal.

Disini disarankan bagi pengguna kamera untuk tidak menyimpan kamera, lensa, dan perangkat pendukung lainnya dalam tas kamera. Mengapa demikian? Karena tas kamera biasanya menggunakan bahan kain juga gabus yang mudah menyerap air sehingga rentan menyebabkan tumbuhnya jamur dalam kamera dan lensa.

Jadi supaya kamera lebih awet, aman, dan tidak mudah rusak sebaiknya sedikit menyisihkan dana untuk membeli perangkat ini. Harga Dry Box sendiri relatif murah, ada pula yang cukup mahal, tergantung spesifikasi dan merek-nya.

Cara Membuat Dry Box Sendiri

Saat ini harga Dry Box ada yang mencapai hingga jutaan rupiah. Mungkin untuk merek tertentu sedikit susah terbeli karena harganya cukup mahal. Sebenarnya jika kita sedikit kreatif ada cara membuat Dry Box sendiri dengan bahan-bahan yang murah. Begini caranya:

Bahan-bahan:

Box Plastic Sealed dan Pengunci. Cari boc yang mempunyai pengunci juga seal karet pada bagian tutupnya, untuk memastikan kondisi hampa udara didalamnya. Dari beberapa pengalaman pengguna, merek yang paling bagus adalah LionStar sebab bahannya lebih kuat. Untuk ukuran kapasitas 1 buah kamera, 1 buah lensa premium, 1 buah lensa tele, dan beberapa perlengkapannya harganya hanya Rp 110 ribu.

Silica Gel. Peran Silica Gel cukup vital untuk menyerap kelembaban serta menciptakan suhu ruang lebih ideal. untuk Silica Gel siap pakai warnanya biru pekat, sedangkan Silica Gel dengan kualitas yang sudah menurun warnanya pink.

Ada 2 jenis Silica Gel yang bisa dipilih yaitu:

  • Silica Gel Kiloan. Harganya sekitar Rp 60 ribu per-kilogram. Keunggulan Silica Gel ini selain jumlahnya lebih banyak penggunaannya juga tidak rumit. Jika kualitasnya sudah menurun (berwarna merah jambu / pink) bisa digoreng tanpa minyak hingga warnanya berubah menjadi biru pekat kembali.
  • Silica Gel Electric. Keunggulan Silica Gel ini lebih mudah penggunaannya. Jika kualitasnya menurun tinggal dicolokkan ke sumber listrik hingga warnanya kembali seperti semula. Harga Silica Gel Electric sekitar Rp 150 ribu saja.

Hygrometer. Ini alat untuk mengukur kelembaban ruangan box. Untuk satu pembelian biasanya sudah dilengkapi thermometer. Tersedia 2 jenis Higrometer yaitu Higrometer Manual seharga Rp 60 ribu dan Higrometer Digital seharga Rp 90 ribu.

Alas Busa Tipis. Komponen ini dibutuhkan untuk alas kamera dan seluruh perlengkapannya.

Catatan: sebaiknya tidak menempatkan Dry Box pada suhu ekstrim seperti terkena sinar matahari langsung, diatas lantai, atau di tempat basah. Letakkan didalam / diatas meja atau lemari.

 

Tutorial diatas mungkin sedikit membantu mengatasi masalah harga Dry Box yang lumayan mahal. Intinya dengan kreatifitas sendiri biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibanding jika membeli Dry Box yang siap pakai.