colt diesel engkel

Colt Diesel Engkel dan Apa Kelebihannya

Colt Diesel Engkel—Jika anda perhatikan, ada banyak sekali jenis truk yang mengangkut barang dengan merek dan juga kapasitas angkut berbeda-beda. Truk sendiri merupakan kendaraan yang sudah tidak asing lagi bagi kita terutama bagi yang berkecimpung di dunia pengiriman logistik.

Kendaraan yang dikhususkan untuk mengangkut muatan barang tersebut bahkan telah ada sejak perang dunia pertama. Salah satu jenis truk yang sangat familiar dan banyak digunakan hingga kini adalah colt diesel engkel.

Mengapa Disebut Colt Diesel Engkel

Dinamakan dengan colt diesel engkel karena truk satu ini memang menggunakan mesin diesel dan berjenis truk engkel. Sedangkan colt merupakan salah satu merek dagang dari pabrikan otomotif asal Jepang Mitsubishi.

Selain colt diesel, ada pula truk Fuso Engkel. Keduanya sama-sama dibuat oleh Mitsubishi. Perbedaan yang paling mencolok dari ke dua truk engkel tersebut terletak pada jumlah roda dan juga kapasitas angkutnya.

Colt engkel biasanya hanya memiliki jumal roda 4 sedangkan Fuso engkel memiliki jumlah roda 6. Walaupun jumlah rodanya sama dengan jumlah roda truk double engkel, namun ke duanya tetap berbeda. Untuk orang awam memang hal ini akan sedikit membingungkan karena sama-sama truk engkel tapi jenisnya berbeda satu sama lain.

Nah agar tidak semakin membingungkan, maka untuk membedakan ke tiga jenis truk engkel tersebut lebih baik dilihat dari kubikasi dan juga berat maksimal muatan yang dibawa truk. Untuk colt mitsubishi engkel 100ps 4 roda, kapasitas bak-nya hanya 12 kubik dengan berat maksimal muatan 2-2.5 ton.

Sedangkan truk double engkel memiliki berat maksimal muatan 4 ton dan truk fuso engkel memiliki berat maksimal muatan 7 ton dengan kapasitas bak hingga 29 kubik. Truk fuso engkel juga memiliki bentuk yang lebih besar dan panjang jika dibandingkan dengan colt engkel ataupun engkel ganda.

Jadi, sebutan truk engkel bukanlah mengacu pada jenis truk tersebut, akan tetapi mengacu pada jumlah sumbu roda yang digunakan.

Kenapa Menggunakan Mesin Diesel?

Yang sering menjadi pertanyaan, mengapa kebanyakan truk lebih banyak menggunakan mesin diesel daripada mesin bakar biasa? Jawabannya karena mesin diesel memiliki torsi tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang rendah.

Torsi tinggi tentu sangat dibutuhkan untuk kendaraan angkutan barang. Hal ini karena beban yang dibawa kendaraan tersebut sangat besar. Jika mesin yang digunakan memiliki torsi yang rendah, tentunya kendaraan/truk tersebut tidak akan bisa melaju, terlebih lagi ketika menghadapi tanjakan, pasti truk tidak akan kuat untuk menanjak. Oleh sebab itu kendaraan muatan barang lebih banyak menggunakan mesin diesel.

Mesin diesel adalah mesin dengan efisiensi termal paling baik dibandingkan dengan mesin bakar lainnya  karena rasio kompresinya sangat tinggi. Selain itu juga mesin diesel dapat menggunakan bahan bakar apa saja termasuk menggunakan debu batubara. Bahkan ketika kali pertama dipertunjukan, mesin ini menggunakan bio-diesel dari minyak kacang.

Kelemahan dan Kelebihan Colt Diesel Engkel

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki colt diesel jenis engkel sehingga truk ini sangat laris di pasaran. Kelebihan yang dimiliki tersebut diantaranya karena colt diesel memiliki resale value tinggi dan jaringan purna jual yang banyak. Selain itu juga spare part-nya mudah ditemukan dan harganya pun relatif murah.

Hanya saja kekurangan dari truk ini yaitu harga colt diesel engkel baru yang mahal. Walau begitu, harga yang ditawarkan akan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Demikian penjelasan mengenai colt diesel engkel. Mesin diesel memang memiliki banyak kelebihan, hanya saja kekurangannya adalah suaranya lebih bising dan harganya mahal. Meski begitu mesin diesel menawarkan performa tenaga tiada tanding.