Jasa Pengiriman Mobil Murah ke Balikpapan

jasa pengiriman mobil murah
0 22

Keberadaan jasa pengiriman mobil murah dari Jakarta ke Balikpapan sangat dibutuhkan. Sebab, sebagian orang merasa kesulitan jika harus mengurus sendiri pengiriman tersebut. Namun dengan bantuan jasa kirim mobil, pengguna jasa hanya perlu mempersiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan, lalu penyedia jasa pengiriman yang akan mengurus sisanya.

Tentu bukan hal yang samar bagi para pembaca kalau saat ini tingkat mobilitas masyarakat semakin tinggi saat ini, sedangkan mobil termasuk salah satu sarana utama yang dibutuhkan untuk mobilitas yang efisien.

Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa tingkat penjualan mobil juga semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Akibatnya, aktivitas pengiriman mobil dari satu kota ke kota lainnya juga semakin meningkat, tidak terkecuali untuk pengiriman mobil dari Jakarta ke Balikpapan.

Ongkos Kirim Mobil ke Balikpapan Via Kapal Roro

Pengiriman mobil dari Jakarta ke Balikpapan umumnya menggunakan moda transportasi laut dan darat. Sebab, moda transportasi udara tidak memiliki kapasitas yang mumpuni untuk angkutan yang besar. Untuk pengiriman via laut, sarana transportasi yang sering digunakan adalah Kapal Cargo dan Kapal Roro

Hanya saja, pengiriman mobil menggunakan Kapal Roro memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih murah dibandingkan Kapal Cargo. Selain itu, pengiriman mobil antar pulau menggunakan kapal tersebut lebih mudah dalam proses pengangkutannya.

Dibandingkan dengan metode pengiriman lainnya, Kapal Roro tidak memerlukan proses muat yang rumit. Sebab sistem yang digunakan adalah roll-on (masuk) dan roll-off (keluar) dari kapal secara mandiri.

Adapun tarif pengiriman mobil dari Jakarta ke Balikpapan menggunakan jasa pengiriman mobil murah berkisar Rp4.500.000. Tarif ini mencakup pengiriman berbagai jenis kendaraan, seperti sedan, pick-up, minibus, dan lain sebagainya.

Karena pengiriman menggunakan Kapal Roro, estimasi pengirimannya lebih cepat dibandingkan Kapal Cargo biasa, yaitu berkisar 7-8 hari sejak kapal berangkat. Jika Anda menggunakan jasa pengiriman mobil murah yang profesional dari Cargonesia, tentu Anda akan mendapatkan estimasi waktu pengiriman yang jelas dan transparan.

Kriteria Jasa Pengiriman Mobil Murah Balikpapan yang Berkualitas

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan jasa pengiriman mobil yang bermunculan. Setiap dari penyedia jasa tersebut mengklaim kalau layanan jasanya berkualitas dengan harga yang kompetitif. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mengetahui beberapa kriteria jasa pengiriman mobil murah dan berkualitas di bawah ini :

1. Tarif Harga yang Kompetitif

Mendapatkan tarif jasa yang murah merupakan keinginan setiap orang ketika ingin menggunakan jasa apapun, termasuk jasa pengiriman mobil. Tapi perlu diingat bahwa Anda tidak boleh terpaku pada tarif murah sehingga mengabaikan kualitas layanannya.

Oleh karena itu, penyedia jasa yang berkualitas biasanya menawarkan harga yang murah dan kompetitif. Artinya, penyedia jasa tersebut tidak terfokus pada harga yang murah saja, tetapi juga tetap memerhatikan kualitas layanan yang ditawarkan.  

2. Gratis Jemput Mobil

Penyedia jasa pengiriman mobil yang berkualitas biasanya menyediakan fasilitas jemput mobil gratis. Saat Anda ingin mengirim mobil, penyedia jasa tersebut akan mengirimkan timnya secara langsung ke tempat tinggal Anda untuk menjemput mobil kiriman tersebut.

Tentu saja layanan jemput mobil gratis ini hanya berlaku pada wilayah tertentu, biasanya berlaku di dalam kota atau kota-kota terdekat dari lokasi penyedia jasa tersebut.

Fasilitas ini tentu memberikan keuntungan yang besar bagi Anda selaku pelanggan, karena tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk mengirimkan mobil ke kantor atau gudang milik penyedia jasa pengiriman mobil yang akan digunakan jasanya.  

3. Menyediakan Jaminan Asuransi

Pastikan perusahaan jasa pengiriman mobil murah yang akan Anda gunakan jasanya menyediakan layanan asuransi perjalanan. Sebab, pengiriman mobil tersebut membutuhkan waktu untuk sampai ke tempat tujuan pengiriman. Selama rentang waktu tersebut, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil mengalami kerusakan dan lain sebagainya.

Tidak diragukan lagi kalau jasa pengiriman mobil yang profesional akan melakukan aktivitas pengiriman yang sesuai dengan prosedur standar operasional. Meskipun demikian, risiko dalam ekspedisi tetap ada, sehingga Anda membutuhkan jaminan asuransi.  

4. Tim Profesional

Kualitas dan profesionalisme dari perusahaan jasa pengiriman mobil juga bisa dilihat dari kualitas tim yang bekerja pada perusahaan tersebut. Sebab, pengiriman mobil memiliki beberapa tahap dan persyaratan yang harus terpenuhi. Hanya dengan memiliki tim yang profesional, barulah penyedia jasa tersebut bisa memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggannya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirim Mobil ke Balikpapan

Pengiriman barang via jalur laut tentu memiliki resiko yang perlu diwaspadai. Untuk mengurangi kekhawatiran Anda, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pengiriman dapat berjalan lancar dan aman:

1. Pemilihan Layanan Pengiriman

Pengiriman barang berukuran besar dan berat umumnya perlu dilayani oleh suatu jasa pengiriman tertentu. Untuk itu, pastikan Anda memilih layanan pengiriman yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam pengiriman mobil antar pulau.

2. Persiapan Kendaraan

Periksa kondisi kendaraan Anda sebelum dikirim. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan aman untuk dikirim. Kosongkan kendaraan dari barang-barang pribadi dan pastikan tidak ada barang berharga di dalamnya.

Disarankan juga untuk memeriksa kelayakan kendaraan terlebih dahulu. Beberapa bagian mobil yang perlu diperiksa meliputi kadar oli mesin, air radiator, sistem kelistrikan, dan komponen vital lainnya.

Terutama jika Anda menggunakan moda pengiriman Self Drive, pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima dan layak untuk melakukan perjalanan jauh.

3. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk pengiriman mobil dari Jakarta ke Balikpapan, termasuk surat-surat kendaraan, faktur, dan dokumen asuransi jika diperlukan.

4. Pengemasan dan Perlindungan

Pastikan kendaraan Anda terjamin keamanannya selama proses pengiriman. Lakukan pengemasan yang tepat jika diperlukan, seperti mengunci kemudi dan menggunakan penutup pelindung. Untuk model pengemasan terbaik, Anda dapat mengonsultasikannya kepada perusahaan jasa pengiriman mobil murah yang Anda gunakan jasanya.

5. Asuransi

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, pengiriman mobil memiliki resiko, terutama jika tujuan pengirimannya tergolong jauh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menambahkan jaminan asuransi pengiriman guna melindungi kendaraan Anda dari risiko kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

6. Komunikasi dengan Penyedia Jasa

Jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia jasa pengiriman tentang proses pengiriman, rute pengiriman, metode pengemasan, dan prosedur pengambilan dan pengantaran.

Jenis Dokumen yang Diperlukan untuk Pengiriman Mobil ke Balikpapan

Pertama-tama, Anda perlu mengisi informasi pengiriman dengan lengkap, termasuk alamat penjemputan dan pengiriman, serta nomor telepon pihak pengirim dan penerima. Data ini akan diminta saat Anda menyetujui pengiriman mobil melalui jasa ekspedisi.

Dokumen pelengkap lainnya yang diperlukan untuk menggunakan jasa pengiriman mobil murah ini adalah identitas pribadi pengirim seperti fotocopy KTP ataupun kartu identitas lainnya. Jangan lupa menyiapkan dokumen kendaraan seperti fotocopy BPKB kendaraan atau STNK.

Dokumen ini harus disertakan untuk mendapatkan surat TTB (Tanda Terima Barang). Dokumen-dokumen tersebut juga berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan, sehingga jika ada pemeriksaan oleh instansi pemerintah atau lembaga berwenang lainnya, tidak akan ada masalah yang timbul.

Leave A Reply