Pengiriman Mobil menggunakan Car Towing, Berikut Kelebihannya!

0 4

Salah satu cara pengiriman mobil yang seringkali menjadi pilihan konsumen adalah pengiriman mobil towing. Jenis pengiriman ini biasanya dipilih untuk perjalanan darat, karena dianggap lebih cepat dan praktis.

Meskipun mobil bisa dikendarai secara langsung, tetapi banyak pemilik mobil yang kesulitan untuk mengendarainya ketika harus pindah. Terlebih lagi jika disibukkan dengan urusan pindah rumah, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengendarai sendiri mobil tersebut.

Selain itu, terkadang mobil yang dikirim merupakan produk bisnis dan harus tiba di tempat tujuan dalam waktu cepat. Karena berbagai alasan inilah, orang-orang lebih suka menggunakan jasa pengiriman mobil, termasuk pengiriman mobil towing.

Perbedaan Car Towing dengan Mobil Derek, Specifikasi Mobil Towing dan Jenisnya

Mengenal Apa Itu Car Towing

Towing adalah istilah untuk proses pengangkutan mobil di bagian belakangnya menggunakan truk untuk pengiriman menuju daerah tujuan.

Mobil jenis ini memiliki daya jelajah yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengiriman ke tempat tujuan yang sangat jauh. Meskipun tentu saja pengiriman mobil towing sering menjadi pilihan untuk pengiriman dalam jarak dekat.

Pengiriman mobil jenis ini memiliki tarif yang bervariasi, meskipun sering dianggap lebih mahal dibandingkan tarif untuk metode pengiriman lainnya. Namun, tarif tersebut sudah sesuai dengan kualitas pengiriman yang ditawarkan.

Perbedaan tarif pengiriman mobil towing disebabkan oleh banyak faktor, seperti jenis mobil yang dikirim, waktu pengiriman, ketersediaan armada, dan lain sebagainya. Jika Anda menginginkan pengiriman yang cepat sampai ke tujuan, pengiriman car towing ini merupakan salah satu pilihan terbaik.

Towing car juga merupakan pilihan terbaik untuk mengangkut mobil yang dalam kondisi darurat, seperti mogok kehabisan bahan bakar, terjebak banjir, dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika mobil tersebut jenis mobil listrik yang masih sulit digunakan untuk perjalanan jauh di Indonesia.

Untuk prosedur pengiriman mobil towing, biasanya pihak penyedia jasa akan meminta bukti legalitas kendaraan seperti STNK, BPKB, dan yang lainnya. Untuk proses pengirimannya, pihak penyedia jasa pengiriman yang akan menangani seluruhnya.

Specifikasi Mobil Towing dan Jenisnya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pengiriman mobil towing, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis mobil towing yang umumnya disediakan oleh jasa ekspedisi untuk melakukan pengiriman mobil ke berbagai tujuan.

Adanya perbedaan jenis mobil towing disebabkan oleh perbedaan fungsi, sehingga perlu disesuaikan dengan jenis kendaraan yang akan dikirim menggunakan mobil tersebut. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan disebutkan jenis-jenis towing car :

1. Flatbed Tow Trucks

Jenis yang pertama ini bernama flatbed tow truck, dan termasuk yang paling umum dan paling banyak digunakan dalam pengiriman mobil. Bentuk platformnya datar dan luas, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengangkut mobil yang rusak atau mogok.

Setelah diletakkan di atasnya, mobil  yang diangkut tersebut harus diikat dengan tali atau rantai agar posisi mobil stabil dan tidak bergeser. Setelah itu, barulah mobil tersebut bisa dipindahkan ke lokasi yang diinginkan.

2. Wheel-Lift Tow Trucks

Mobil towing jenis kedua ini lebih sering digunakan untuk menarik mobil yang mogok atau rusak. Dalam hal ini, roda depan atau belakang dari mobil yang mogok atau rusak tersebut diangkat dari tanah oleh sebuah mekanisme berbentuk cangkir.

Setelah posisi mobil tersebut kokoh dan stabil, barulah bisa dipindahkan atau diangkut dengan aman ke lokasi yang diinginkan.

3. Hydraulic Towing Car

Jenis towing yang ketiga ini menarik mobil yang rusak atau mogok dengan memanfaatkan sistem kerja hidrolik. Dalam hal ini, bak diarahkan dengan sistem hidrolik ke titik terendah, lalu mobil yang akan diangkut dinaikkan ke atas bak tersebut.

Umumnya towing jenis ini digunakan untuk mengangkut mobil berkelas premium semisal sedan dan lainnya dengan ground clearance yang rendah. Dengan begitu, resiko adanya gesekan dengan bak angkut bisa diminimalisir.

4. Mobil Towing Gendong

Mobil Towing jenis yang keempat ini banyak digunakan oleh dealer mobil atau showroom untuk pengiriman mobil ke rumah pelanggan. Pada dasarnya, konsep kerja mobil ini tidak jauh berbeda dari mobil towing lainnya.

Hanya saja terdapat sedikit perbedaan dari segi sistem pengangkutan, yang mana mobil towing jenis ini menggunakan 2 bidang miring saat ingin menaikkan mobil ke atas bak.

Perbedaan Antara Towing dan Mobil Derek

Sebagian orang menganggap sama antara mobil towing dengan mobil derek. Wajar sih, karena perbedaan antara kedua jenis mobil tersebut secara fungsional cenderung minim. Tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar antara kedua, yang bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini :

1. Metode Pengangkutan

Perbedaan paling pertama antara kedua mobil tersebut terletak pada metode pengangkutannya. Pada mobil towing terdapat bak pengangkut yang bisa dinaikkan dan diturunkan dengan mudah untuk meletakkan mobil pada posisi bak.

Pada mobil derek, pengangkutan mobil hanya bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti towing strap ataupun towing hook. Nantinya sisi depan dan belakang mobil tersebut diikatkan ke truk derek.

2. Jenis Kendaraan yang Diangkut

Mobil derek umumnya digunakan untuk menarik kendaraan dengan bobot yang besar, semisal truk, bus, dan yang lainnya. Penyebabnya tidak lain karena pada mobil derek terdapat katrol yang dapat digunakan untuk menarik kendaraan dengan bobot besar sekalipun.

Berbeda halnya dengan mobil towing yang hanya bisa digunakan untuk mengangkut kendaraan yang bobotnya tidak terlalu besar, semisal mobil atau alat berat kategori ringan. Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya daya muat dari mobil towing.

3. Bentuk yang Berbeda

Perbedaan paling mendasar antara mobil towing dan mobil derek lainnya adalah bentuk. Pada mobil towing terdapat bak belakang dengan ruang yang lapang. Nantinya ruang tersebut digunakan untuk menaruh kendaraan yang akan diangkut atau dipindahkan ke tempat lain.

Berbeda halnya dengan mobil derek yang sama sekali tidak memiliki bak ruang di bagian belakangnya. Sebab, di bagian belakang mobil tersebut hanya terdapat katrol yang digunakan untuk menarik mobil yang ingin dipindahkan atau dikirimkan ke tempat lain.

Kelebihan Mobil Towing

Sebenarnya kelebihan mobil towing bisa dipahami di awal penjelasan di atas, yaitu sangat cocok digunakan untuk pengiriman mobil jarak jauh. Meskipun secara fakta, mobil ini sering juga digunakan untuk pengangkutan mobil dalam jarak dekat.

Estimasi pengiriman mobil menggunakan mobil jenis ini juga lebih cepat karena hanya mengangkut satu mobil saja. Setelah mobil yang akan dikirim naik di atas bak, proses pengiriman ke tempat tujuan akan langsung berjalan.

Itulah tadi ulasan tentang makna mobil towing, jenisnya, serta perbedaan paling mendasar dan mencolok antara mobil towing dan mobil derek. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda tidak perlu khawatir salah dalam menentukan jenis mobil yang akan digunakan dalam pengiriman.

Untuk kebutuhan pengiriman mobil towing yang berkualitas, aman, dan harga terjangkau, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan layanan jasa yang ditawarkan oleh Cargonesia. Perusahaan penyedia jasa pengiriman mobil ini memiliki pengalaman puluhan tahun dalam melakukan pengiriman, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kualitas.

Selain itu, tim yang bekerja pada Cargonesia terdiri dari orang-orang yang berpengalaman di bidangnya, sehingga mereka mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

Leave A Reply