Cari Muatan Expedisi Secara Online? Kenapa Tidak?

cari muatan expedisi
0 219

Cari muatan ekspedisi memiliki arti yang universal. Namun secara umum istilah ini merujuk pada cara mendapatkan muatan atau order pengiriman guna mengisi kendaraan yang kosong, balen, truk balik kosong, ataupun kendaraan yang sedang menunggu.

Aktivitas cari muatan expedisi sendiri selama ini dilakukan secara tradisional oleh pengemudi truk atau mereka yang bertugas di gudang parkir truk di bandara atau pelabuhan. Belakangan aktivitas pencarian armada angkutan dan muatan sudah bisa dilakukan secara online. Nah, bagaimana cara mencari armada atau muatan secara online?

Cara Mencari Armada dan Muatan Expedisi Online

Saat ini banyak sekali jasa ekspedisi berbasis online yang bisa kita temukan. Layanan dengan memanfaatkan teknologi internet ini umumnya mendominasi sejumlah kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Yogyakarta, dan kota-kota besar lainnya.

Layanan jasa online tersebut tujuannya untuk mempercepat mendapatkan info muatan terbaru dalam segala jenis, bentuk, maupun ukuran mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Dalam hal ini pengguna dapat mencari berbagai jenis informasi berita muatan truk, muatan pabrik, muatan ekspedisi, atau muatan cargo yang tersedia dalam hitungan detik. Umumnya layanan jasa ekspedisi online membuka kesempatan kerjasama dengan mitra bisnis, dalam hal ini pengguna, untuk mempermudah pengiriman barang dari titik awal menuju titik tujuan dengan mudah, cepat, dan tepat.

Adapun jenis muatan yang tersedia di sejumlah jasa ekspedisi online yaitu berupa muatan ekspedisi, muatan pick up, muatan, truk bak, muatan truk diesel, muatan truk box, muatan FUSO, muatan CDD, muatan kapal, muatan pabrik, muatan pindahan rumah, dan masih banyak lagi. Selain muatan dalam skala kecil maupun paket, jasa ekspedisi online juga menyediakan order muatan dalam skala besar dalam bentuk layanan pengiriman antar provinsi maupun antar pulau.

Untuk aktivitas cari muatan expedisi ini ada beberapa jenis kendaraan yang disediakan oleh jasa ekspedisi, lengkap dengan kapasitas serta komoditi (jenis barang angkut) yang direkomendasikan. Berikut ini contoh yang diambil dari salah satu penyedia jasa ekspedisi online di Jakarta.

  • Blind Van. Muatan maksimal 1 ton atau 2 m3. Komoditi yang direkomendasikan: semua jenis bahan makanan, barang dagang, paket serta dokumen.
  • Grand Max / L-300. Muatan maksimal 1.5 ton atau 6 m3. Komoditi yang direkomendasikan: pengangkutan hewan, alat rumah tangga, dan pindahan rumah.
  • Truk dengan pendingin (Trailer, Mobil Cool Box, CDD dan CDE). Muatan maksimal: 1 ton – 15 ton. Komoditi yang direkomendasikan: barang beku, daging, sayur, buah, dan semua jenis bahan makanan segar.
  • Truk Colt Diesel CDD. Muatan maksimal: 4 ton atau 12 m3. Komoditi yang direkomendasikan: motor, barang pergudangan, alat rumah tangga dan barang pindahan.
  • Truk Engkel (CDE Box). Muatan maksimal: 2 ton atau 6 m3. Komoditi yang direkomendasikan: barang pergudangan, barang pindahan rumah, barang dagang.
  • Truk Engkel (CDE Bak). Muatan maksimal: 2 ton atau 12 m3. Komoditi yang direkomendasikan: alat rumah tangga, barang pergudangan dan motor.
  • Truk Fuso. Muatan maksimal: 7 ton atau 12 m3. Komoditi yang direkomendasikan: barang pergudangan, barang pindahan, dan motor.
  • Wing Box. Muatan maksimal 18 ton atau 45 m3. Komoditi yang direkomendasikan alat berat dan barang pergudangan.
  • Tronton. Muatan maksimal: 10 ton atau 30 m3. Komoditi yang direkomendasikan barang pergudangan, barang pindahan, motor dan mobil.
  • Trailer (Container 20 Feet). Muatan maksimal: 16 ton atau 32 m3. Komoditi yang direkomendasikan: barang pergudangan, motor dan mobil.
  • Trailer (Container 40 Feet). Muatan maksimal: 25 ton atau 64 m3. Komoditi yang direkomendasikan: alat berat dan barang pergudangan.
  • Car Carrier & Car Towing. Muatan maksimal: 25 ton atau 64 m3. Komoditi yang direkomendasikan: mobil.

Dengan adanya jasa ekspedisi yang dapat diakses secara online, saat ini cari muatan expedisi bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus berada di lokasi tertentu. Semuanya lebih praktis dan efisien.

Leave A Reply

Your email address will not be published.