Membuka Usaha Sewa Truk Engkel? Mengapa Tidak!

Sewa Truk Engkel
0 56

Cargo.id – Membuka Usaha Sewa Truk Engkel? Mengapa Tidak!, Seperti dalam artikel-artikel yang lalu, truk engkel merupakan salah satu dari sekian banyak jenis truk yang ada dan banyak digunakan di Indonesia. Dinamakan truk engkel karena memiliki satu axel atau 2 sumbu roda.

Peluang Bisnis Sewa Truk Engkel

Kini seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut semuanya serba praktis dan dinamis, usaha sewa truk engkel cukup memberikan peluang yang menjanjikan. Hal ini karena masyarakat Indonesia khususnya masyarakat perkotaan umumnya tidak mau direpotkan ketika akan memindahkan barang, baik itu barang pindahan rumah tangga ataupun barang pindahan kantor.

Sebagai contoh, saat ini untuk harga sewa truk Jakarta berkisar antara 1 juta hingga 1.5 juta dalam satu kali rit pengangkutan barang. Bisa anda bayangkan jika dalam 1 hari anda menerima order sewa truk engkel hingga 3 atau 4 kali rit. Kira-kira berapa besar pendapatan yang anda punya dalam satu hari?

Jasa rental truk juga lebih diminati karena kapasitas angkut truk lebih besar jika dibandingkan dengan pick up yang biasa digunakan sebagai jasa angkut barang. Dengan begitu ketika melakukan pindahan, si penyewa dapat mengangkut barang-barang pindahannya sekaligus tanpa harus bolak balik dan biaya yang dikeluarkan pun akan lebih murah.

Tips Memulai Usaha Sewa Truk Engkel

sewa truk engkel

Ketika anda akan memulai usaha sewa truk, alangkah baiknya jika anda menyimak beberapa tips berikut ini.
1. Persiapkan dana untuk DP truk
Hal pertama yang harus anda siapkan untuk membuka jasa sewa truk engkel adalah unit truk engkel itu sendiri. Jika anda belum mempunyai unit truk, anda dapat membelinya dengan sistem kredit terlebih dahulu.

Untuk DP truk biasanya minimal 30% dari harga cash. Jika anda berniat menggunakan truk engkel ganda yang memiliki 6 roda dengan harga berkisar 245 jutaan, maka anda harus menyiapkan dana sekitar 85 juta untuk DP dan 40 juta untuk membeli bak truk.

Hal yang harus anda ketahui adalah bahwa ketika anda membeli truk engkel anda tidak akan mendapatkan bak-nya sekaligus, tapi anda harus membeli sendiri pada perusahaan karoseri.

Jika memang memungkinkan anda pun dapat membeli truk fuso engkel yang memiliki kapasitas dan daya angkut yang lebih besar dari truk engkel 4 roda ataupun truk engkel ganda. Kapasitas angkut truk fuso engkel yang mencapai 29 kubik dengan berat maksimal muatan 7 ton bisa menjadi pilihan untuk anda sewakan pada berbagai jasa cargo.

2. Cek kondisi unit truk dan biaya operasional
Jika anda belum mampu membeli unit baru, anda juga bisa menggunakan unit bekas. Hanya saja anda harus hati-hati ketika membeli unit bekas. Pastikan kondisi unit ada dalam keadaan baik serta memiliki surat-surat yang lengkap. Anda juga harus memikirkan mengenai biaya operasional truk ketika disewakan nantinya. Jangan sampai biaya operasional untuk truk lebih besar daripada pendapatan yang dihasilkan.

3. Hitung pengeluaran yang mungkin terjadi
Terakhir untuk mendapatkan keuntungan anda harus cermat dalam menghitung pengeluaran yang mungkin terjadi. Anda dapat menghitung pengeluaran dari jumlah solar yang harus dibeli / jumlah konsumsi solar ketika mengantarkan barang, uang makan, biaya bayar TOL ( jika pengiriman barang melalui TOL ), biaya retribusi truk, gaji sopir ( jika menggunakan sopir ) serta pengeluaran lainnya.

Dari biaya pengeluaran inilah anda kemudian bisa menentukan tarif sewa truk untuk sekali pengangkutan barang. Dengan begitu anda tetap bisa mendapatkan untung dan juga membayar cicilan truk.

Untuk lebih melebarkan sayap usaha, anda dapat bergabung dengan komunitas pencinta truk di daerah anda. Selain bisa diskusi mengenai kondisi truk, anda juga dapat semakin melebarkan sayap usaha anda. Salah satu komunitas pecinta truk terbesar di Indonesia adalah Canter Community.

Nah, itulah kiat-kiat penting mengenai sewa truk engkel. Sistem manajemen yang baik dan sehat akan sangat menentukan untung rugi sebuah perusahaan jasa sewa, termasuk jasa sewa truk engkel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.