Jasa Pengiriman Barang Murah di Bandung, Mengapa Pengirimannya Sering Terlambat?

Jasa Pengiriman Barang Murah di Bandung – Dengan predikat Paris van Java bukan hal yang aneh jika kemudian Bandung disebut surganya belanja. Hampir semua jenis barang, terutama pakaian dan aksesoris berpusat di kota ini. Bahkan karena terlanjur terkenal dengan harga-harga yang murah, Bandung menjadi destinasi wisata belanja nomor satu di Indonesia.

Jika kita tidak gaptek alias melek internet, saat ini cukup banyak jasa pengiriman barang Bandung yang bisa diakses secara online. Jasa ekspedisi atau cargo Bandung sendiri bahkan mempunyai aplikasi khusus sehingga memudahkan bagi konsumen untuk bertransaksi via PC atau smartphone.

Plus Minus Jasa Pengiriman Barang Murah di Bandung

Kita mengenal jasa pengiriman barang murah di Bandung tidak hanya fokus pada satu nama. Nama-nama besar seperti JNE, Pos Indonesia, RPX Holding, Pandu Logistics, dan puluhan nama lainnya mengisi deretan jasa ekspedisi papan atas di kota ini.

Ironisnya, dari puluhan bahkan ratusan jasa ekspedisi yang ada, hanya sedikit yang sanggup meraih market share dalam bisnis ini. Ada beberapa nama yang cukup terkenal di mindset para pegiat bisnis online di Indonesia, contohnya JNE dan TIKI yang kini menjelma menjadi backbone atau tulang punggung transaksi barang dagangan antara penjual dan pembeli.

Meski begitu toh tetap saja ada pihak yang merasa dirugikan. Dari fans Page sejumlah jasa ekspedisi ternama seperti JNE, TIKI dan Pos Indonesia tak jarang ada komentar keluhan pelanggan terkait sistem pelayanan dari jasa ekspedisi tersebut. Mayoritas mereka mengeluhkan status ‘nasib’ paket kiriman yang mengalami keterlambatan, rusak, cacat, bahkan hilang.

Proses Pengiriman Barang

Sebenarnya dilema tersebut diatas cukup menarik sebab dari jutaan pelanggan masih ada yang belum memahami bagaimana proses pengiriman barang oleh jasa ekspedisi sehingga berujung keraguan dan keluhan.

Dari sekian banyak jasa pengiriman barang murah di Bandung, kali ini kita coba bahas bagaimana sebenarnya proses pengiriman barang oleh sejumlah jasa ekspedisi baik yang ada di Bandung, Jakarta, Surabaya, atau kota lainnya.

Sebenarnya sebelum masuk ke proses pengiriman, terlebih dulu kita harus tahu layanan paket apa yang kita gunakan karena ini sangat mempengaruhi harga maupun waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman. Saat ini beberapa jasa ekspedisi menawarkan paket populer yang berbeda-beda pada pelanggan. Setelah memilih paket layanan, selanjutnya kita juga harus memahami alur proses pengiriman (flow cart) dari agen, sub agen, dan counter, hingga sampai ke tangan penerima.

Dari alur proses pengiriman barang atau flow cart masih ada beberapa tahapan proses hingga barang sampai ke tangan penerima (consigne). Dari beberapa tahapan tersebut tentu ada sedikit delay atau keterlambatan proses pengiriman karena berbagai sebab. Misalnya kondisi real di lapangan, cuaca buruk, dan kendala-kendala lain.

Satu contoh misalnya, pihak pengirim mengirimkan barang melalui sub agen jasa ekspedisi, otomatis ada waktu tersendiri untuk proses pengantaran ke kantor cabang dari sub agen. Terlebih jika paket tiba sore hari (diluar jam kerja) maka proses pengiriman baru bisa dilakukan keesokan harinya.

Berikutnya dengan pihak penerima, apabila penerima berdomisili di luar ibukota provinsi ataupun kabupaten bisa dipastikan paket kiriman akan tertahan di kantor cabang, agen, atau perwakilan sebelum didistribusikan. Jadi keterlambatan pengiriman bukan semata-mata dari ketidakprofesionalan jasa ekspedisi, namun juga karena faktor non-teknis lainnya.

 

Memilih jasa pengiriman murah di Bandung, Jakarta, atau di kota yang lain sangat mudah. Namun yang harus dipahami bagaimana proses alur pengiriman oleh jasa ekspedisi yang dipilih. Jadi jika pengirim atau penerima mengetahui tingkatan kantor, cabang, hingga sub agen yang mempengaruhi proses lamanya pengiriman, maka berbagai keluhan terkait proses pengiriman paket tidak akan terjadi.