Daftar Perusahaan Ekspedisi

Ingin Mengirimkan Paket? Berikut Daftar Perusahaan Ekspedisi Terbaik di Indonesia

Daftar Perusahaan Ekspedisi – Bisa dibilang tahun 2015 hingga 2017 adalah era-nya e-commerce dimana bisnis berbasis online meningkat luar biasa. Kondisi ini jelas diperkuat dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan jasa ekspedisi yang biasanya menjalin kerjasama kemitraan dengan online shop terkemuka.

Jika dulu kita hanya mengenal Pos Indonesia dari beberapa daftar perusahaan pengiriman barang, kini kita bisa melihat banyak sekali jasa pengiriman lokal yang mulai mengibarkan bendera sebagai jasa ekspedisi terbaik. Bahkan dominasi Pos Indonesia bisa dibilang menurun dengan hadirnya sederet nama perusahaan jasa ekspedisi yang mampu memberi fasilitas dan layanan lebih baik.

Daftar Perusahaan Jasa Ekspedisi Terbaik

Diantara ratusan jasa pengiriman barang yang beroperasi di Indonesia, ada beberapa diantaranya merupakan perusahaan ekspedisi terbaik, kredibel, dan profesional. Lebih lanjut berikut daftar perusahaan ekspedisi paling populer di tanah air.

PT TIKI JNE (TIKI Jalur Nugraha Ekakurir)

PT TIKI jalur Nugraha Ekakurir atau PT TIKI JNE merupakan perusahaan ekspedisi milik H. Soeprapto Suparno yang mulai beroperasi pada 26 November 1990. Semula perusahaan ini merupakan salah satu divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) yang berwenang mengurusi pengiriman internasional.

Karena persaingan antar perusahaan di pasar domestik dinilai cukup menjanjikan, JNE memeprluas jaringan domestik dan mendapat banyak keuntungan di jalur tersebut, yang berujung perluasan layanan logistik dan distribusi.

Setelah sekian tahun, JNE dan TiKi berkembang menjadi perusahaan yang memiliki arah masing-masing lalu berubah menjadi rival. Akhirnya JNE berubah menjadi perusahaan sendiri dengan membuat sistem manajemen dan logo sendiri, sehingga tidak ada hubungannya denganTiKi.

PT Pos Indonesia

Urutan kedua daftar perusahaan ekspedisi terbaik di Indonesia ditempati oleh Pos Indonesia. berbeda dari JNE yang merupakan perusahaan swasta, Pos Indonesia merupakan perusahaan ‘plat merah’ alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pos Indonesia yang memprioritaskan layanan pos ini didirikan pada 20 Agustus 1746. Secara umum PT Pos Indonesia dibagi menjadi dua divisi bisnis, yang pertama Bisnis Surat Paket (BSP) dan yang kedua Jasa Keuangan (Jaskug).

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI)

PT Citra Van Titipan Kilat atau lebih populer kita sebut TIKI didirikan di Jakarta 1 September 1970 oleh pasangan Soeprapto dan Ny. Nuraini Soeprapto yang sekaligus pemegang saham tunggal.

Saat ini TIKI mempunyai lebih dari 800 titik layanan yang menjangkau pelosok tanah air hingga luar negeri. Selanjutnya TIKI berkembang pesat menjadi beberapa anak perusahaan dibawah TIKI Group yaitu:

  • TIKINDO (TIKI Logistik) yang melayani distribusi logistik
  • TKS (Titipan Kilat Soeprapto) yang melayani pengiriman cargo
  • TIKITA (TIKI Wisata) yang melayani perjalanan travel dan wisata

First Logistics

Bernama lengkap PT Synergy First Logistik, First Logistics merupakan perusahaan jasa ekspedisi yang berkantor pusat di Tangerang, Banten. Kerjasamanya dengan sederet online shop terkemuka semacam Tokopedia, Elevenia, Blibli.com, Blanja.com, Bilna, Lazada dan Zalora membuktikan bahwa perusahaan ini layak diperhitungkan diantara nama-nama perusahaan ekspedisi yang disebutkan sebelumnya.

First Logistics bisa dibilang new comer karena baru didirikan tahun 2007 lalu. Namun begitu perusahaan ini telah menunjukkan profesionalitasnya dengan sederet produk layanan seperti Same Day Services (paket pengiriman yang sampai dihari yang sama), One Day Night Services (pengiriman yang sampai 1 hari berikutnya), dan Regular Services ( pengiriman sampai maksimal 3 hari berikutnya.

Dari 10 daftar perusahaan ekspedisi terbaik di Indonesia nomor 5 ditempati oleh Indah Logistik. Selanjutnya nomor 6 hingga 10 masing-masing ditempati oleh Wahana Logistik, Pandu Logistik, Republic Express (RPX), Cahaya Logistik, dan GO-SEND & GO-JEK.