Geliat Bisnis Ekspedisi

Bisnis pengiriman barang semakin hari prospeknya semakin meningkat. Di era globalisai ini bisnis pengiriman barang semakin dibutuhkan. Hal inilah yang mendorong banyak para pebisnis untuk merealisasikan peluang dari bisnis pengiriman barang.

Sebelum memasuki era globalisasi, masyarakat mengandalkan PT Pos Imdonesia dalam melakukan pengiriman karena biaya pengiriman yang dibandrol oleh PT Pos Indonesia relatif terjangkau, namun setelah adanya free market pengiriman dengan pos mulai ditinggalkan.

Dengan disepakati dibukanya ekonomi pasar bebas (free market) oleh pemimpin negara juga menjadi penyebab bisnis pengiriman barang semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena arus perdagangan semakin pesat dan kebutuhan akan pengiriman barang semakin meningkat.

Jasa pengiriman barang atau yang dikenal dengan bisnis ekspedisi merupakan usaha yang memberikan layanan berupa pengiriman barang baik antarkota, antardaerah, antarpulau, bahkan hingga antarnegara dengan layanan berupa pengiriman dokumen ataupun barang-barang.

Saat ini telah banyak nama-nama bisnis pengiriman barang yang populer di masyarakat umum. Apalagi nama-nama bisnis pengiriman yang merupakan bagian atau cabang dari perusahaan internasional yang terkenal.

Peluang bisnis pengiriman barang saat ini semakin besar, hal ini menyebabkan bisnis pengiriman barang cukup bersaing di pasar-nya. Namun dengan besarnya persaingan yang ada tidak perlu ragu untuk membuka bisnis ini karena kebutuhan dari pengiriman barang juga semakin meningkat.

Untuk memanfaatkan peluang usaha dengan membuka bisnis pengiriman barang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Memberikan pelayanan ramah dan informatif. Untuk mewujudkan bisnis pengiriman barang yang ramah dan informatif, Anda perlu melatih karyawan dalam mengahadapi konsumen yang menanyakan seputar informasi pengiriman.
  2. Memberikan pelayanan yang cepat dalam menghitung tarif dan meletakkan barang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis pengiriman barang adalah memberikan layanan yang cepat dan cekatan sehingga dapat membuat konsumen merasa puas.
  3. Memberikan layanan administrasi yang mudah diakses konsumen. Penyediaan informasi status pengiriman barang secara aktual sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis pengiriman yang sedang Anda jalankan.
  4. Memberikan jaminan keselamatan dan keamanan barang yang dikirim dengan bekerja sama dengan perusahaan asuransi terpercaya. Dengan adanya asuransi keselamatan akan membuat bisnis ekspedisi Anda semakin dipercaya konsumen.

Untuk membuka bisnis pengiriman barang, Anda perlu menentukan jangkaun dari bisnis Anda. Jangkauan ini mencakupan tujuan pengiriman, yaitu tujuan pengiriman lokal (antarkota dan antarpropinsi), nasional (antarpulau), ataupun internasional (antarnegara).

Jangkauan pengiriman yang Anda pilih juga menentukan jenis alat transportasi yang nantinya akan Anda gunakan dalam proses pengiriman barang. Untuk jangkauan pengiriman lokal, Anda bisa menyediakan jenis alat transportasi darat seperti sepeda motor, truk, dan mobil boks.

Untuk pengiriman nasional dan internasional, Anda bisa menyediakan alat transportasi yang memiliki kapasitas besar dan waktu pengiriman yang cepat seperti pesawat terbang dan kapal laut.

Apabila Anda belum mampu untuk meyediakan armada pesawat terbang dan kapal laut secara mandiri, Anda bisa memilih untuk bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan armada pelayaran.

Dengan penentuan jangkau pengiriman dan jenis transportasi yang digunakan, Anda bisa menentukan tarif pengiriman yang akan dikenakan kepada pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisi perusahaan Anda.

Pangsa pasar bisnis pengiriman barang ini sangat luas, apalagi untuk kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Untuk itu, dengan tulisan ini semoga memberi gambaran pada Anda yang ingin terjun ke dalam bisnis ini.