Forwarding Company Jakarta

0 26

Sebelum membahas forwarding company yang ada di Jakarta, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa itu forwarding company. Forwarding company adalah sebuah perusahaan di bidang jasa yang biasa mengurus perihal penerimaan atau pengiriman barang sampai pada level ekspor dan impor.

Beberapa orang ada juga yang menyebut bidang jasa ini dengan sebutan shipping agent / carrier karena tugasnya mengirimkan barang. Pengiriman barang ini juga menawarkan beberapa pilihan alternatif, entah itu melalui jalur darat, laut, maupun udara.

Tentunya beberapa alternatif tersebut juga dibuat karena adanya perbedaan kualitas jasa dan harga yang diberikan. Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan untuk memilih alternatif yang sesuai.

Terdapat banyak perusahaan forwarder di Jakarta yang juga bisa Anda pertimbangkan untuk mempercayakan pengiriman Anda. Berikut ini adalah beberapa layanan yang akan Anda dapatkan dari perusahaan forwarder.

Layanan Perusahaan Forwarder di Jakarta

Sebenarnya, perusahaan forwarder terbagi ke dalam tiga kategori utama, simak penjelasannnya sebagai berikut:

  1. Forwarder Internasional (Forwarder Kelas A – Ekspor Impor)

Forwarder ini masuk dalam kelas A dan umumnya lebih dikenal dengan sebutan International Freight Forwarder yang merupakan forwarder professional di bidang jasa pengiriman barang.

Dikategorikan ke dalam kelas A karena level pengantaran barangnya sudah sampai pada level ekspor impor atau dengan kata lain telah melampaui batas negara di seluruh dunia. Tidak heran bila forwarder jenis ini paling diminati oleh para eksportir ataupun importir.

 

  1. Forwarder Domestik / Regional (Level Pengiriman Satu Regional)

Forwarder jenis ini berada sedikit di bawah forwarder internasional karena hanya bisa mengirim barang pada beberapa negara tertentu saja, sesuai dengan regionalnya. Namun, dalam segi kualitas dan kecepatan penyampaian barang tetap bergantung pada perusahaan masing – masing.

 

  1. Forwarder Lokal (Level Pengiriman Luar Kota)

Terakhir, forwarder lokal termasuk ke dalam forwarder yang wilayahnya tergolong minim karena hanya melayani pengantaran barang sampai pada level luar kota atau pulau. Tidak bisa mengirim ke luar negeri karena belum memiliki agen di sana.

 

Ketiga jenis forwarder tersebut bisa Anda jumpai di Jakarta. Beberapa layanan yang diberikan perusahaan forwarder di Jakarta antara lain sebagai berikut.

  1. Door to Door Services (Antar Pribadi)

Pelayanan yang diberikan mulai dari pintu gudang pengirim sampai dengan di muka pintu gudang penerima barang dengan menggunakan satu atau jenis angkutan lain yang telah dipilih oleh pelanggan sebelumnya.

 

  1. Port to Port Services (Antar Gudang, Langsung oleh Forwarder)

Pengiriman barang langsung dilakukan oleh seorang forwarder terpercaya yang dimulai dari tongkang / truck / gudang di pelabuhan pemuatan sampai dengan tongkang / truck / gudang di pelabuhan yang dituju (pembongkaran / penerima barang). Pengiriman ini hanya dapat dilakukan oleh satu jenis angkutan, yaitu kapal laut.

 

  1. Port to Door Services (Gudang – End User)

Pengiriman ini dilakukan mulai dari pelabuhan muatan (pengiriman) sampai dengan pintu gudang penerima akhir (end user) yang sama – sama dilakukan oleh seorang forwarder professional.

 

  1. Door to Port Services (Pribadi – Gudang)

Pengiriman barang yang terakhir ini melayani mulai dari pintu gudang pengirim sampai dengan pelabuhan yang dituju (penerima barang / pembongkaran) yang juga dilakukan oleh seorang forwarder berpengalaman.

 

Demikian penjelasan seputar jenis kategori dan layanan yang biasa diberikan oleh perusahaan forwarder di Jakarta. Semoga dapat membantu kinerja Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.