Pengiriman Mobil Minibus ke Kalimantan

0 14

Pengiriman mobil minibus ke Kalimantan memiliki tantangan tersendiri. Biaya pengiriman yang relatif mahal dan estimasi waktu pengiriman yang tidak jelas merupakan kerugian yang bisa saja Anda alami, terutama jika menggunakan layanan jasa pengiriman mobil yang tidak tepat.

Oleh karena itu, melakukan riset terlebih dahulu agar bisa menemukan penyedia jasa terbaik merupakan sebuah keharusan. Meskipun agak merepotkan dan memakan waktu, namun manfaatnya sangat besar karena berkaitan dengan kualitas pengiriman untuk mobil kesayangan Anda.

Biaya Pengiriman Mobil Minibus ke Kalimantan Via Kapal Laut

Biaya pengiriman mobil minibus ke Kalimantan berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing penyedia jasa kirim mobil yang digunakan. Sebagai perbandingan, di bawah ini akan disebutkan tarif pengiriman via Kapal Roro yang ditetapkan oleh Cargonesia :

Tujuan PengirimanBiaya PengirimanEstimasi Waktu PengirimanKeterangan
BalikpapanRp4.500.0007-8 HariKapal Roro
BanjarmasinRp4.500.0006-7 HariKapal Roro
BanjarbaruRp4.700.0007-8 HariKapal Roro
BatulicinRp5.600.0007-8 HariKapal Roro
PalangkarayaRp5.700.0007-8 HariKapal Roro
Pangkalan BunRp7.050.0007-8 HariKapal Roro

Istilah Roro sendiri merupakan singkatan dari roll-on/roll-off, yang artinya adalah kapal dengan pintu keluar masuk yang bisa dinaik turunkan sebagai jalur kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Jadi, sistem kerja kapal tersebut memungkinkan kendaraan untuk masuk dan keluar dengan sendirinya alias berjalan sendiri menggunakan mesin penggerak pada masing-masing kendaraan, bukan ditarik menggunakan crane atau penarik lainnya untuk proses bongkar muat.

Cara-cara Pengiriman Mobil Minibus ke Kalimantan

Meskipun kami lebih menekankan metode pengiriman mobil minibus ke Kalimantan menggunakan kapal laut, namun sebenarnya pengiriman tersebut bisa dilakukan melalui beberapa metode, tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan disebutkan secara singkat beberapa metode pengiriman mobil yang umum digunakan :

1. Pengiriman Melalui Laut

Pengiriman mobil ke Kalimantan paling sering dilakukan melalui jalur laut, dengan beberapa opsi yang bisa menjadi pilihan :

Kapal Roro (Roll-on/Roll-off): Ini adalah metode yang paling umum dan ekonomis. Mobil dimuat ke dalam kapal dengan cara dikendarai masuk ke dalam kapal (roll-on) dan dikendarai keluar saat sampai di tujuan (roll-off).

Kontainer: Penggunaan kontainer sangat efektif bagi Anda yang menginginkan keamanan ekstra. Nantinya mobil kiriman Anda akan dimasukkan ke dalam kontainer. Dengan sebab itu, mobil Anda akan lebih terlindungi dari kerusakan akibat cuaca atau risiko lain selama perjalanan.

2. Pengiriman Melalui Udara

Untuk pengiriman mobil yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman udara. Hanya saja,  metode pengiriman yang satu ini biasanya lebih mahal dan jarang digunakan untuk pengiriman mobil kecuali dalam keadaan darurat atau untuk mobil berharga tinggi.

3. Pengiriman Melalui Darat

Meskipun metode pengiriman mobil yang satu ini jarang digunakan untuk pengiriman antar pulau, namun bisa saja menjadi pilihan untuk pengiriman dengan tarif yang murah.

Untuk pengiriman ke Kalimantan, mobil akan dikirim melalui truk car carrier sampai ke pelabuhan terdekat sebelum dilanjutkan dengan kapal laut ke Kalimantan.

Alasan Mengirim Mobil ke Kalimantan

Tingkat pengiriman mobil ke Kalimantan tergolong tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari keberadaan Kalimantan sebagai kota industri. Secara detail, berikut beberapa alasan mengapa seseorang atau sebuah perusahaan butuh untuk mengirim mobil ke Kalimantan :

1. Relokasi Pekerjaan

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih datang ke Kalimantan adalah untuk bekerja. Sebab, di Kalimantan terdapat banyak proyek-proyek besar di bidang pertambangan, perkebunan, atau konstruksi yang membutuhkan banyak karyawan.

Saat bekerja di sana, Anda tentu membutuhkan mobil sebagai kendaraan pribadi untuk kebutuhan mobilitas. Dengan begitu, Anda lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

2. Pembelian Mobil

Tingkat pembelian mobil di kalangan masyarakat Kalimantan tergolong tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi ekonomi masyarakatnya yang secara umum berada dalam taraf yang baik.

Banyak calon pembeli mobil yang lebih suka untuk membeli mobil dari luar Kalimantan, seperti dari Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa. Penjual mobil tersebut bisa berupa dealer atau pribadi.

Karena pembelian mobil tersebut di luar Kalimantan, tentu saja mobil tersebut harus dikirim. Nah, di sinilah seringkali menjadi kendala, khususnya yang berkaitan dengan tarif dan estimasi waktu pengiriman.

Tapi tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak bermunculan penyedia jasa pengiriman mobil ke Kalimantan yang profesional, amanah, menawarkan tarif murah, serta estimasi waktu pengiriman yang jelas.  Salah satu penyedia jasa pengiriman tersebut adalah Cargonesia.

Pengalaman puluhan tahun di bidang pengiriman dan dukungan tim yang profesional di bidangnya, menjadikan Anda tidak perlu meragukan kualitas layanan di bidang pengiriman barang dan mobil yang ditawarkan oleh Cargonesia.

3. Proyek Bisnis dan Industri

Tingginya tingkat pembelian dan pengiriman mobil ke Kalimantan bukanlah hal yang aneh. Sebab, di Kalimantan terdapat banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produksi.

Tentunya perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan mobil untuk mendukung operasi bisnis mereka di Kalimantan. Misalnya, perusahaan pertambangan atau perkebunan sering memerlukan kendaraan untuk transportasi karyawan, peralatan, dan logistik lainnya.

4. Pariwisata dan Transportasi

Pengiriman mobil jenis minibus atau yang lainnya ke Kalimantan juga disebabkan oleh tingginya tingkat kebutuhan mobil untuk mendukung industri pariwisata atau memenuhi permintaan penyewaan lokal.

5. Perpindahan Domisili

Tidak sedikit keluarga yang memilih meninggalkan kampung halaman mereka dan berpindah ke Kalimantan karena alasan pekerjaan. Banyaknya perusahaan di Kalimantan menjadikan tingginya tingkat kebutuhan rekrutmen karyawan.

Saat pindah ke Kalimantan, tentu saja kendaraan mobil yang dimiliki sebelumnya harus dikirim. Sebab bagaimanapun, pemilik mobil akan semakin gampang dan mudah dalam beraktivitas ketika ada kendaraan sendiri.

6. Acara Khusus

Rata-rata kota besar memiliki acara-acara tertentu seperti pameran mobil, balapan, atau acara promosi lainnya. Untuk bisa mengikuti acara tersebut, Anda membutuhkan pengiriman mobil ke Kalimantan.

7. Pengiriman Kendaraan untuk Penjualan Kembali

Dealer mobil yang berbasis di luar Kalimantan harus melakukan pengiriman kendaraan ke Kalimantan untuk memperluas pasar dan menjual mobil di sana. Selain itu, tingkat pembelian mobil di sana sangat tinggi, sehingga stok mobil selalu berkurang dalam waktu cepat. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh dealer mobil baru, tetapi juga dealer mobil bekas.

8. Distribusi dan Ekspansi Usaha

Perusahaan otomotif terkadang mengirim mobil sebagai bagian dari distribusi dan ekspansi jaringan penjualan mereka di Kalimantan. Pengiriman mobil tersebut juga termasuk pengiriman mobil baru ke dealer resmi di Kalimantan.

9. Pengiriman untuk Pemerintah atau Organisasi

Instansi pemerintah atau organisasi tertentu terkadang memerlukan pengiriman kendaraan ke Kalimantan untuk keperluan operasional, seperti kendaraan dinas atau operasional proyek. Kondisi ini juga turut memengaruhi meningkatnya tingkat pembelian mobil di Indonesia.

Leave A Reply