Jasa Pengiriman Mobil Surabaya: Persyaratan Pengiriman Mobil

0 52

Cargo.id – Jasa Pengiriman Mobil Surabaya: Persyaratan Pengiriman Mobil, Jasa Pengiriman Mobil Surabaya – Sebenarnya apa yang dicari pelanggan dari jasa pengiriman mobil? Harga yang murah? Pelayanan yang ramah? Atau dua-duanya? Menurut sudut pandang konsumen ada banyak aspek yang menjadi perhatian terkait jasa pengiriman mobil. Bukan hanya tarif murah atau pelayanan yang ramah namun juga termasuk profesionalitas kerja, ketepatan jadwal pengiriman dan asuransi.

Secara umum,entah itu jasa pengiriman mobil Surabaya, Jakarta, ataupun kota-kota lainnya, dalam proses reservasi atau pembokingan kirim mobil, yang wajib dipenuhi oleh konsumen adalah data kendaraan yang lengkap. Data yang lengkap mempengaruhi banyak hal termasuk kemudahan pengiriman dan kemudahan klaim asuransi jika kendaraan diasuransikan.

Data-Data Yang Dibutuhkan Untuk Pengiriman Mobil

Tak hanya jasa pengiriman mobil Surabaya namun semua perusahaan jasa ekspedisi memberlakukan kebijakan yang sama terkait persyaratan yang wajib dipenuhi pengirim sewaktu mengirimkan mobil. Adapun persyaratan dan data-data yang dibutuhkan jasa ekspedisi meliputi:

  • Fotocopy STNK mobil yang masih berlaku
  • Alamat lengkap pengirim (shipper)
  • Alamat lengkap penerima (consignee)
  • Contact person pengirim dan penerima

Data-data tersebut diatas dibutuhkan jasa ekspedisi pengiriman mobil untuk kepentingan:

  • Pembuatan surat jalan atau surat berita acara serah terima mobil / kendaraan (DO)
  • Pembuatan memo Surat Perintah Kerja (SPK) yang diberikan kepada petugas saat melakukan penjemputan mobil di alamat pengirim
  • Pembuatan nota atau kwitansi pembayaran tarif pengiriman
  • Atas nama pembayar biaya pengiriman mobil, dan
  • Asuransi

Proses Pengiriman Data dengan Cara Lain

jasa pengiriman mobil surabaya

Selain cara diatas ada beberapa cara lain untuk proses pelengkapan data pengiriman mobil. Cara-cara tersebut mencakup:

  • Pengiriman data melalui fax. Pengiriman data diri via fax caranya cukup mudah. Siapkan foto copy STNK kemudian tuliskan alamat pengambilan, nama pembayar tarif, nama dan alamat penerima, dan contact person di sebelah foto copy kemudian kirim ke nomor fax jasa pengiriman yang disediakan.
  • Pengiriman data secara online. Proses pengiriman data secara online lebih mudah dibanding via faximile. Caranya, kunjungi website jasa pengiriman mobil Surabaya atau jasa pengiriman yang diinginkan kemudian klik menu “form order”. Isi kolom-kolom yang disediakan pada form sesuai data yang dibutuhkan.
  • Pengiriman data melalui SMS. Pengiriman data via SMS bisa digunakan jika dalam kondisi darurat, misalnya pengirim tidak berada di rumah atau di kantor. Data yang dikirim via SMS isinya:
  1. Nomor Plat Mobil
  2. Nomor Rangka
  3. Nomor Mesin
  4. Tahun Pembuatan
  5. Warna Mobil
  6. Harga Mobil
  7. Alamat Lengkap Pengambilan
  8. Alamat Lengkap Tujuan
  9. Nama pembayar Biaya Kirim
  10. Contact Person

Setelah data lengkap kirim SMS ke nomor yang disediakan oleh pihak jasa pengiriman mobil.

Proses Pembuatan Dokumen dan Pengiriman Mobil

Setelah pihak jasa pengiriman menerima data lengkap maka selanjutnya dilakukan pembuatan dokumen yang dibutuhkan, sesuai jadwal yang ditentukan pengirim. Berikutnya petugas jasa ekspedisi akan melakukan survey dan pengecekan kendaraan sekaligus menyesuaikan dengan data-data yang dikirimkan.

Jika proses pengecekan kendaraan telah selesai selanjutnya dilakukan serah terima kendaraan antara petugas (delivery order) dan pengirim. Disini pengirim wajib memberi keterangan yang sebenar-benarnya terkait kondisi kendaraan dan perlengkapan kendaraan kepada petugas. Hal ini penting untuk mempermudah proses klaim asuransi apabila ada kekurangan / kehilangan / cacat kendaraan setelah sampai di alamat tujuan.  Setelah semua proses selesai petugas akan memberikan lampiran hasil pengecekan kendaraan juga kwitansi asli bermaterai sebagai tanda bukti pembayaran.

Menggunakan jasa pengiriman mobil Surabaya atau jasa pengiriman dimanapun anda tinggal, semua membutuhkan persyaratan yang sama. Meskipun begitu kadang biaya yang ditawarkan berbeda-beda. Faktor biaya inilah yang layak anda pertimbangkan mengingat banyak sekali perbandingan harga yang bisa anda lakukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.