Harga Jasa Pengiriman Motor Terbaru 2020

harga jasa pengiriman motor
0 51

Cargo.id – Harga Jasa Pengiriman Motor Terbaru 2020, Jasa pengiriman motor tidak hanya dibutuhkan oleh perseorangan namun juga perusahaan yang bergerak di bisnis jual beli motor secara online. Biasanya jasa ekspedisi semacam JNE, TIKI, atau Pos Indonesia menjadi solusi terkait kebutuhan tersebut. Bahkan mereka juga melayani jasa pengiriman motor antar pulau melalui kerjasama dengan sejumlah perusahaan pelayaran menggunakan moda transportasi laut.

Membahas soal harga jasa pengiriman motor, sejumlah perusahaan jasa logistik seperti JNE, TIKI, maupun Pos Indonesia umumnya menawarkan tarif pengiriman yang beragam. Selain jarak tempuh, tarif kirim motor juga dihitung berdasarkan kapasitas mesin motor. Satu contoh tarif pengiriman motor 110 cc berbeda dengan motor kapasitas 250 cc. Begitu juga seterusnya, semakin besar kapasitas CC-nya, semakin besar biaya pengirimannya.

Harga Jasa Pengiriman Motor via Kereta Api

jasa pengiriman motor

Selain JNE, TIKI, Pos Indonesia dan sejumlah jasa ekspedisi swasta, PT Kereta Api Indonesia juga untuk melayani pengiriman sepeda motor yang masih dalam lingkup satu kota atau satu propinsi. Sistem dan prosedur yang digunakan sama dengan ketika kita mengirimkan jenis barang lainnya. Kita tinggal memesan dan membayar sesuai tarif, selanjutnya motor siap dikirimkan ke kota tujuan.

Lalu berapa dana yang harus kita siapkan untuk mengirimkan motor?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa variasi harga terkait harga jasa pengiriman motor . Tentunya harga ini dipengaruhi jarak pengiriman, jenis (merek) dan kapasitas mesin kendaraan. Satu contoh, harga pengiriman motor Jakarta – Jawa Tengah rata-rata Rp 100 ribu untuk 10 kilogram pertama. Untuk 10 kilogram berikutnya Rp 3 ribu per-kilogram.

Agar konsumen lebih mudah memahami tarif yang diberlakukan, biasanya tarif digolongkan menjadi beberapa kategori, misalnya segmen an juga kapasitas mesinnya. Satu contoh, motor bebek kapasitas mesin 110 cc harga pengirimannya Rp 400 ribu ke Propinsi Jawa Tengah. Namun ke Jawa Timur sedikit lebih mahal yaitu Rp 450 ribu. Selisihnya hanya Rp 50 ribu saja.

Masih dengan jarak tempuh yang sama, untuk harga jasa pengiriman motor jenis skuter (matic) sedikit lebih murah yaitu Rp 300 ribu – Rp 400 ribu. Atau bisa dibilang tak jauh beda dengan motor bebek dengan kapasitas mesin standar.

Berbeda dari motor dengan kapasitas mesin standar, tarif pengiriman jenis motor gede (moge) umumnya lebih mahal. Untuk jenis motor sport 150cc biasanya dibanderol Rp 450 ribu – Rp 500 ribu. Sedangkan untuk moge 250cc atau lebih besar dibanderol biaya mulai Rp 650 ribu. Tarif ini berlaku untuk pengiriman motor dari Jakarta tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur tahun 2020. Untuk pengiriman tujuan terdekat seperti Bandung dan Tasikmalaya dikenakan tarif mulai dari Rp 300 ribu untuk jenis motor bebek dan matic.

Selaku jasa pengiriman mandiri, PT Kereta Api Indonesia Logistik (KALOG) memberlakukan tarif jasa pengiriman motor via kereta api yang tak jauh beda. Untuk pengiriman Jakarta ke Bekasi hanya dikenakan tarif Rp 260 ribu dan Jakarta ke Bandung atau Tasikmalaya Rp 300 ribu. Sementara untuk pengiriman Jakarta ke Jawa Tengah mulai dari Rp 450 ribu dan Jakarta ke Jawa Timur mulai dari Rp 550 ribu.

Sementara itu untuk pengiriman jenis motor sport KAI Logistik membanderol harga Rp 420 ribu untuk pengiriman tujuan Jawa Barat, Rp 500 ribu – Rp 700 ribu untuk tujuan Jawa Tengah dan Rp 750 ribu – Rp 800 untuk tujuan pengiriman Jawa Timur.

Pada prinsipnya harga jasa pengiriman motor via kereta api bisa dikatakan cukup murah, sayangnya layanan ini sementara hanya tersedia di Pulau Jawa saja. Apakah akan menyusul di luar Pulau Jawa? kita tunggu saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.