Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

Usaha pengiriman barang kini semakin menjanjikan seiring dengan semakin berkembangnya perekonomian di Indonesia. Kini telah banyak toko-toko online yang menjual berbagai barang. Mereka tentu memerlukan jasa pengiriman barang untuk pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, banyak pula alasan lain yang membuat seseorang harus melakukan pengiriman barang. Seperti misalnya saat pindahan rumah, pindahan kantor, atau keperluan lainnya.

Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman barang, membuat usaha yang satu ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Agen pengiriman barang tetap bisa bertahan dalam waktu yang lama karena sampai saat ini dan untuk beberapa tahun ke depan, belum terdapat teknologi yang bisa membuat pengiriman barang menjadi lebih praktis tanpa kendaraan.

Pengiriman barang masih tetap memerlukan alat transportasi fisik seperti truk, kereta api, atau yang lainnya. Sehingga usaha pengiriman barang ini masih bisa bertahan di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Anda bisa saja mendirikan jasa pengiriman barang secara perorangan maupun bergabung dengan perusahaan lain dengan menjadi agen mereka. Jika Anda menjadi agen, tentunya terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

Cara mendirikan usaha jasa pengiriman barang

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk mendirikan usaha jasa pengriman barang. Jika Anda ingin bergabung dengan perusahaan lain atau menjadi agen pengiriman barang, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan, antatra lain:

  1. Jika agen untuk perorangan, Anda harus melampirkan beberapa dokumen sepeti surat permohonan keagenan, denah lokasi, foto copy KTP, serta pas photo.
  2. Jika Anda mendirikan agen untuk perusahaan, Anda harus melampirkan surat permohonan keagenan, foto copy KTP, foto copy akte pendirian perusahaan, foto copy surat izin usaha (SIUP), foto copy surat keterangan domisili perusahaan, foto copy NPWP, denah lokasi, dan pas photo.
  3. Membayar biaya keagenan yang telah ditentukan oleh perusahaan jasa pengiriman barang.

Jika berbagai cara-cara di atas telah terpenuhi, Anda bisa mendirikan agen pengiriman barang di wilayah Anda. Barang yang dikirim melalui agen Anda, akan diambil oleh petugas setiap harinya dan dikirimkan ke alamat yang telah ditentukan.

Sementara itu, jika Anda ingin merintis usaha jasa pengiriman barang dari awal, Anda harus mengetahui cara-cara agar usaha Anda dapat berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Adapun cara-cara yang harus Anda lakukan antara lain:

  1. Anda harus menentukan lokasi pendirian perusahaan Anda serta alat transportasi apa saja yang akan digunakan untuk pengiriman barang.
  2. Menentukan jenis item yang akna dikirim. Maksudnya ialah, Anda harus menentukan jasa pengriman barang yang Anda gunakan akna melayani pengiriman jenis barang apa saja.
  3. Menentukan biaya rata-rata pengiriman barang serat biaya-biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk pengiriman.
  4. Membuat izin usaha yang sah agar usaha Anda menjadi jenis usaha yang resmi dengan mengunjungi instansi pemerintahan terkait..
  5. Cara selanjutnya agar usaha pengiriman barang semakin dikenal oleh masyarakat adalah, promosikan usaha Anda kepada keluarga, teman, atau setiap orang yang Anda kenal. Anda juga bisa mempromosiakannya melalui ikaln agar usaha yang Anda jalankan semakin dikenal.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuka usaha jasa pengiriman barang, atau menjadi agen pengiriman barang di wilayah Anda. Usaha pengiriman barang akan tetap eksis seiring dengan ramainya bisnis online shop yang sedang tumbuh pesat. Semoga artikel ini bermanfaat.