7 Tips Bisnis Ekspedisi

0 45

Jasa pengiriman barang atau yang biasa dikenal dengan jasa ekspedisi akhir-akhir ini memang menjadi bisnis yang booming. Bisnis yang memiliki aktivitas melakukan pengiriman barang ini semakin hari semakin tersohor.

Maraknya bisnis pengiriman barang yang dilakukan ini disebabkan dengan maraknya bisnis jual beli online. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh pengguna bisnis ekspedisi yang bukan hanya orang pribadi tetapi juga instansi ataupun perusahaan.

Besarnya peluang yang ditawarkan oleh bisnis pengiriman barang membuat bisnis ini layak diperhitungkan untuk dijalankan. Dan bagi Anda yang tertarik dengan dunia perbisnisan baik itu jasa atau dagang, bisnis pengiriman barang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jalankan.

Kami memiliki beberapa tips untuk memulai bisnis pengiriman barang agar bisnis pengiriman barang yang Anda lakukan dapat bertahan. Berikut tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis pengiriman, diantaranya sebagai berikut:

Pertama. Tentukan wilayah yang menjadi jangkauan operasional dari bisnis ekspedisi Anda. Jangkauan ini perlu Anda tetapkan diawal sehingga konsumen Anda mengetahui apakah jasa ekspedisi Anda dapat melakukan pengiriman dengan jangkauan nasional atau internasional.

Anda juga perlu menentukan wilayah operasi yang memiliki lokasi strategis seperti dekat dengan pusat kota, sekolah, kantor, kampus, dan sebagainya.

Dengan menentukan daerah operasi yang tepat maka kemungkinan bisnis pengiriman Anda dapat berjalan dengan lancar dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kedua. Tentukan jenis alat transportasi yang akan digunakan dalam pengiriman. Penentuan alat transportasi ini berkaitan dengan jangkauan wilayah operasional Anda. Jika jangkauan operasional Anda besar maka alat transportasi yang akan digunakan juga semakin banyak.

Selain itu penentuan alat transportasi juga berkaitan dengan jalur pengiriman yang akan digunakan. Ada tiga jalur pengiriman yang dapat Anda tetapkan yaitu jalur darat, laut, dan udara.

Ketiga. Tentukan jenis item yang menjadi pengiriman Anda. Biasanya bisnis pengiriman barang melayani pengiriman dengan berbagai macam item, hal ini dilakukan agar konsumen tertarik untuk menggunakan jasa pengiriman Anda.

Penentuan jenis item yang Anda tetapkan perlu disesuaikan dengan alat transportasi yang akan digunakan. Sehingga barang kiriman dapat sampai ke tangan penerima barang dengan aman.

Keempat. Tentukan tarif pengiriman. Dalam memulai bisnis pengiriman barang, Anda perlu menentukan biaya pengiriman sesuai dengan tarif rata-rata, biaya tambahan untuk pengiriman jarak tempuh tertentu, biaya asuransi, dan batas maksimal pengiriman barang.

Sebagai bisnis ekspedisi barang yang baru merintis, Anda dapat menawarkan harga khusus atau diskon sehingga konsumen dapat tertarik untuk melakukan pengiriman dengan bisnis Anda.

Kelima. Berikan pelayanan ramah untuk semua konsumen. Pelayanan ramah dapat Anda lakukan untuk membuat konsumen bertahan melakukan pengiriman barang dengan bisnis Anda.

Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan kepuasan konsumen sehingga konsumen tidak kecewa dengan layanan yang Anda berikan.

Keenam. Lakukan promosi. Melakukan promosi untuk bisnis yang baru berdiri memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar konsumen mengetahui keberadaan dari bisnis pengiriman Anda.

Ketujuh. Buat bisnis pengiriman Anda menjadi bisnis legal yang terdaftar dalam hukum yang berlaku. Hal ini perlu Anda lakukan agar meminimalisir terjadinya masalah hukum dikemudian hari yang kemungkinan dapat terjadi pada bisnis Anda.

Nah, itu tadi 7 Tips Bisnis Ekspedisi dalam memulai bisnis ekspedisi. Tips-tips diatas dapat Anda terapkan apabila Anda berminat untuk membuka bisnis pengiriman barang. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat bagi Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.