ALFI Berharap Adanya Penurunan Harga BBM Ditengah Wabah Covid-19

0 34

Kargo News – ALFI atau Asosiaso Logistik dan Forwrder Indonesia, memiliki sebuah harapan adanya penurunan harga BBM Non-subsidi ditengah penuruan harga minya dunia.

Akbar Djohan Sekretaris Jenderal ALFI, mengatakan mereka sangat berharap adanya penurunan BBM Non-subsidi untuk mengurangi beban produksi ditengah pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Harga BBM non-subsidi dapat diturunkan, hal ini juga bisa mendorong biaya mobilitas logistik supaya bisa stabil dalam kondisi pandemi virus corona [Covid-19]. Apalagi pembayaran BBM biasa dilakukan di depan [sebelum pengangkutan logistik dilakukan],” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (24/4/2020).

Baca juga : Pesawat Ngeyel Terbang Di Masa Larangan Mudik, Ijin Rute Bisa Dicabut

Dia menjelaskan dari sisi kontribusi produksi, biaya BBM memiliki porsi antara 20 persen hingga 30 persen dari total biaya logistik. Dengan demikian, jika terjadi penurunan biaya tentu dapat memberikan keringanan produksi.

Selain itu, ALFI memperkirakan aliran distribusi barang pada periode Lebaran 2020 bakal lebih lancar seiring dengan larangan mudik yang diumumkan pemerintah.

Pasalnya, Libur lebaran kali ini juga lebih singkat sehingga aktivitas pasokan bahan kebutuhan pokok ke masyarakat akan lebih diutamakan dibandingkan dengan kebutuhan sekunder.

Tak hanya itu, pada musim lebaran pada tahun ini akan menjadi tantangan berat bagi pelaku logistik karena sudah menjadi kebiasaan pengemudi operator dan petugas lapangan untuk selalu mudik.

Alhasil, adanya kebijakan tidak mudik pada tahun ini mendorong para pelaku usaha harus memastikan keberlangsungan hidup harian dari para pekerja lapangan logistik selama masa lesu ekonomi.

ALFI menyebut selama masa pandemi aktivitas logistik untuk domestik sudah menunjukkan penurunan tetapi relatif lebih stabil dibandingkan dengan kegiatan ekspor dan impor yang akan mengalami penurunan terutama pada beberapa komoditi manufaktur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.