Pemerintah DKI Luncurkan Bike Sharing Untuk Masyarakat

0 36

Cargo.id – Syafrin Liputo Kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menyampaikan sebuah hal positif dimana saat ini banyak sekali yang menggunakan bike sharing di Jakarta.

Pemerintah Jakarta sendiri memberikan pengadaan bike sharing bertujuan agar warga Jakarta, semakin banyak yang menggunakan sepeda sebagai transportasi utama setelah kendaraan umum.

“Alhamdulillah peminatnya cukup banyak untuk bike sharing, memang tujuan kita apakah itu bike sharing atau sepeda berbagi tujuannya ingin menjadikan sepeda sebagai alat transportasi di last atau first mile-nya warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari setelah menggunakan transportasi atau angkutan umum masal dalam pergerakannya,” ujar Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/7/2020).

Meski demikian, Syafrin belum dapat menyebutkan berapa banyak peningkatan penggunaan bike sharing tersebut. “Datanya belum,” ucapnya.

Baca juga : Bagaimana Cara Memilih Jasa Pindahan Kantor?

Menurutnya, saat ini ada 200 sepeda yang disiapkan dalam program tersebut. Ke-200 sepeda itu sudah tersebar di 9 titik.

“Ini 200 (sepeda) jadi tahap uji coba sebulan ke depan, 200 sepeda dengan 9 bike station dengan aplikasi Gowes,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, di saat kasus pandemi virus Corona terus bertambah, pengguna sepeda terus bertambah. Menyadari hal ini, Dishub DKI Jakarta bersama Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) dan Gowes Bike Sharing menghadirkan layanan peminjaman sepeda di beberapa titik di Jakarta.

Dilihat di akun Instagram @dishubdkijakarta, layanan ini sudah dapat dicoba mulai hari ini, Jumat (13/7/2020). Disebutkan bahwa layanan ini masih dalam tahap uji coba.

Ada 9 titik peminjaman sepeda dengan total 200 unit sepeda. Layanan ini dapat digunakan dari pukul 6 pagi sampai 6 sore.

“‘Uji Coba Layanan Bike Sharing di DKI Jakarta’ bersama Kadishub @syafrin.liputo @itdpindonesia dan @gowesbikesharing telah dilakukan. Uji coba layanan bike sharing ini sudah bisa di gunakan mulai hari ini, Jumat 03 Juli 2020. Terdapat 9 titik Parkir sepeda Gowes, tersedia 200 unit Sepeda dengan jam operasional 06.00 s.d 18.00 WIB,” tulis keterangan teks unggahan foto uji coba bike sharing tersebut.

Baca juga : Supir Truk Angkutan Logistik Keluhkan Singkatnya Masa Berlaku Rapid Test

Dalam keterangan itu juga disebutkan secara rinci di mana sepeda dapat dipinjam. Sembilan titik lokasi bike sharing sementara ini adalah:

  1. Stasiun MRT Bundaran HI
  2. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Timur
  3. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Barat
  4. Depan Gedung Sinar Mas
  5. Halte Bus Balai Kota sisi Selatan
  6. Stasiun Tanah Abang
  7. Wali Kota Jakarta Pusat/Museum Prasasti
  8. Gedung Dinas Teknis Abdul Muis
  9. Gedung Dinas Teknis Jatibaru

Untuk menggunakan layanan bike sharing diperlukan aplikasi Gowes. Setelah dipasang dan mendaftar, pengguna perlu mengisi saldo pada aplikasi untuk membuka gembok sepeda. Setelah itu, gunakan pemindai kode QR untuk menggunakan sepeda. Apabila sudah selesai digunakan, parkirkan sepeda di zona parkir yang tersedia, lalu kunci gembok secara manual. Jangan lupa memindai kode QR di tempat parkir untuk mengakhiri perjalanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.