Aktivitas Logistik di Era New Normal Masih Terlihat Menurun

0 11

Cargo.id – Wabah Corona atau covid-19 masih menghantui Indonesia, dan Indonesia sudah menerapkan status new normal agar masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasa. Namun ternyata selama masa new normal aktvitas logistik masih menurun.

Sekretaris Jenderal Indonesian Multimodal Transport Association (IMTA), Kyatmaja Lookman mengatakan, walaupun tetap beroperasi, ada kendala pada sektor logitik yaitu permintaan yang tak kunjung naik. “ Aktivitas ekonominya berhenti, praktis kegiatan logistik jadi turun. Kita ini kan sektor turunan, bukan primer. Kita ada karena ada produksi,” ucap Kyatmaja kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Aktivitas logistik memang belum ada tanda kembali naik, namun keadaan sekarang sudah lebih baik jika dibandingkan dengann saat awal pandemi. Pada awal pandemi, aktivitas logistik menurun sampai 60 persen, sekarang sudah lebih baik.

Baca juga : Untuk Mendukung Kelancaran Logistik, Percepat Pembangunan Tol Jalan Lintas Timur Di Sumatera

“Dulu awal pandemi turun sekitar 60 persen. Karena pelonggaran PSBB, sekarang sudah membaik kira-kira 10 persenan,” kata Kyatmaja. Kyatmaja mengatakan, kondisi saat ini masih belum bisa disamakan dengan kondisi saat sebelum pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan banyak usaha yang masih tutup dan belum normal keadaannya.

Ketika ditanyai mengenai logistik komoditi kesehatan dan kebersihan, memang saat awal pandemi tergolong tinggi. Namun saat ini industri juga sudah mulai menyesuaikan, sehingga permintaannya sudah mulai stabil.

“Kalau vitamin dan obat-obatan memang masih menjadi prioritas di kala vaksin belum ditemukan. Awalnya permintaan terhadap komoditi tersebut memang tinggi, sekarang sudah mulai stabil,” kata dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.