3 Strategi Meningkatkan Logistik Laut Dengan Multimoda

0 18

Cargo.id – Multimoda laut mendapatkan perhatian khusus dari kementrian Perhubungan, karena saat ini mereka tengah melakukan pengembangan dengan tiga strategi utama. Startegi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kinerja dan menurunkan biaya yang masih diatas 20 persen.

Staf Ahli Menteri Bidang Logistik Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi ketiga strategi tersebut yakni peningkatan keterpaduan jaringan prasarana, jaringan pelayanan, dan kualitas badan usaha angkutan multimoda (BUAM).

“Peningkatan keterpaduan jaringan melalui pengurangan beban jalan dengan mengembangkan jaringan transportasi multimoda laut sebagai upaya meningkatkan kelancaran arus barang dari pusat produksi menuju logistik nasional maupun, ekspor-impor,” jelasnya dalam diskusi virtual Marine & Logistics Academy (Pelindo III Group), Senin (17/8/2020).

Dia menegaskan saat ini angkutan logistik terlalu mengandalkan angkutan jalan dengan persentase 90,4 persen, sementara laut itu hanya 7 persen, kereta 0,6 persen, penyeberangan 2 persen.

Padahal, secara teori, biaya logistik cenderung lebih murah ketika menggunakan angkutan laut ketimbang moda lainnya. Salah satu alasannya, adanya biaya semu akibat perilaku kelebihan dimensi dan muatan pada angkutan darat.

Pemerintah juga menyiapkan pelabuhan sebagai hub internasional untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada hub internasional di negara lain.

Selain itu, upaya peningkatan keterpaduan jaringan pelayanan melalui peningkatan layanan angkutan barang melalui angkutan kereta api ke pelabuhan dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan angkutan laut yang dilakukan secara terpadu serta melalui penataan jaringan trayek.

“Pemerintah juga berupaya meningkatkan kinerja pelayanan pada pelabuhan strategis yang menangani sebagian besar arus barang seperti Banten, Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak,” urainya.

Adapun peningkatan BUAM yang saat ini masih berjumlah belasan dilakukan melalui pembinaan dengan target mampu bersaing secara internasional, sehingga pasar yang disasar semakin luas.

Transportasi Online Bisa Jadi Solusi Baru Untuk Transportasi Massal

Leave A Reply

Your email address will not be published.